Membuat Feedback dan Skor pada Kuis Berbasis Flash

Sengaja pada beberapa postingan saya akhir-akhir ini saya membahas seputar pembuatan multimedia pembelajaran. Saya hanya bermaksud berbagi sedikit pengetahuan yang saya tahu.  Siapa tahu dari yang sedikit itu akan bermanfaat bagi teman-teman guru di Jawa Tengah (yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Pembuatan MPI) khususnya dan siapa saja yang tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT.

Menjawab beberapa pertanyaan yang saya terima baik melalui SMS, email, dan komentar di blog ini perihal bagaimana membuat kuis dengan Flash yang dilengkapi dengan umpan balik (feedback) beserta skornya, maka kali inipun saya post lagi serangkaian video tutorial yang semoga akan bisa membantu.

Mengingat adanya batasan durasi upload di youtube, maka tutorial ini saya pecah menjadi 5 bagian. Silahkan bagi yang berminat, ikuti tutorial ini secara urut mulai dari Part 1. Source code (FLA) dari kuis yang saya peragakan dapat diunduh di SINI.

88 Tanggapan

  1. Hebat, Pak Guru tidak pernah berhenti berbagi. Jadi ingat sosok guru yg di pilem laskar pelangi, tentang manfaat berbagi. Sukses buat blog ini;

  2. Poko’e urusan flash Pak Mursyid wis jagone..

  3. Kepengen dari dulu bisa flash, ternyata hasrat itu tak pernah mampu terwujud dalam kenyataan. Kendalanya barangkali masalah ketekunan ya Pak. Mungkin saya jauh seperti yang njenengan sekarang bisa, saya tidak tekun dan tak sabaran untuk bisa menguasai detail/langkah-langkah penguasaan flash. Jadinya ketinggalan terus

  4. Matur nuwun ilmunya Pak.
    Smg semangat berbagi dan ilmunya menular ke saya. Kl feedback n skor pd kuis tp lwt powerpoint bisa tdk? ngapunten, sy blm bs flash sm sekali.

  5. pertanyaan sy tdk jd Pak Mursy, sdh nemu filenya. he..he..he. Matur nuwun ilmunya njih. Smg tdk kapok memberi ilmu pd sy…
    Salam kenal dr solo

  6. Saya berkunjung dengan wajah baru Pak Guru 😦

  7. gini nih kalo master TI jadi guru,,
    bawa’annya TI semua..
    Thumb Up buat Pak guru mursyid

  8. Keren tutorialnya ya Pak 🙂

    Terima kasih

  9. makin mantap aja tutorial dan berbagi untuk teman sejawatnya Pak..

  10. Inovasi pembelajaran semacam ini bagus banget pak. Anak2 murid akan semakin dipermudah karena materi pembelajrannya semakin memenuhi standar pendidikan yang hampir sama dgn luar negeri

  11. Adopsi software flash di ubuntu apa ya namanya 😕 karena aku gak ngerti blas karena di ubuntu ku gak ada software seperti itu.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  12. thanks banget infonya

  13. Keren Pak,makasih banget

  14. I Like It 😛

  15. Semoga dapat terus berkarya ya, Pak…
    Insya Allah dapat semakin bermanfaat bagi guru yang lain

  16. Infonya ga bermanfaat bagi guru saja kok pak…jg buat yang lain…, sukses selalu buat Bapak…

  17. Sukses terus ya pak guru ….

  18. Salam kenal pak…

    kesan pertama: aku ke blog ini mantaf tenan, dan aku suka kalimat di atas, yaitu : “Tak ada cerita orang menjadi miskin karena suka berbagi”, top sangat lah…!! 🙂

    Kesan kedua: Isi blognya mantaf abis… aku coba belajar flash lima tahun yg lalu, tapi krn kerjaan yg penuh, jadi ga bisa nyalurin hobby… hmm… pamit follow dan numpang baca-baca artikelnya ya pak.., trims… 🙂

  19. wah pake flash ya pak…keren banget…
    saya belajar flash..ampe sekarang ga bisa-bisa….

    saluut pak….sukses deh 🙂

  20. Maturnuwun, Pak Mursyid. Aku sudah pelajari script nya. Sekarang tinggal sedikit memodfikasi aja.
    Thanks a lot….

  21. mengagumkan, thanks sharingnya ingin segera coba

  22. Hohohohoho… makin sakti aja pak guru ini… 😀 Kalo flash saya ndak ngerti pak, taunya cuma PS.. 🙂

  23. wah hebat euy..
    jaman sekarang memang dunia pendidikan perlu berbasis ICT biar makin mudah dan mantabs..

    pak guru juara lah pokoknya.. 🙂

  24. saya salut sama pak Mursyid…seorang bapak guru yg kreatif demi anak didiknya, dan tak segan berbagi dengan sahabat2 lainnya…(jujur pak, saya nggak memuji)…

    saya ikutan menyimak ya pak, siapa tahu nanti ketularan kreatif juga…hehe

  25. wah keren nih pak guru…

    inovatif.. two thumbs up 😛

  26. Kayaknya boleh juga tuch, pengen nyoba ahh..

    tengkiuhh yach mass atas sharingnya,,

    maaph telat mampirnya.. :mrgreen:

  27. numpang menymak dulu pak yah. lama ga kemarii salam jumpa lagii..

  28. wah kebetulan banget nih pak semester ini saya baru ambil matkul flash. makasih pak tutorialnya 😀 mantap!

  29. keren sekali ilmunya pak
    semangat berbaginya juga
    semoga sukses pak guru 🙂

  30. Wah….hebat ya, Pak…
    saya banyak belajar tentang multimedia disini…

    O ya, Mas…
    jika berkenan, saya ingin bertukar link dengan, Mas..
    linknya blog, Mas sudah mejeng diblog saya…

    Salam…

  31. Bermanfaat sekali pak.. khususnya bagi yang mau ikutan lomba.. Semoga sukses selalu pak. 😀

  32. komputerbutut hari ini hadir pak…

    maap sudah lama membolos…
    jngn di straaap ya pak ^___^

  33. Walking malem mass..

  34. waaaooooowwwwww manteeeeppp bozzzzzzzzzz…………..ilmunya sangat bermanfaat bgt nich

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  35. mantap bos

  36. Terima kasih tutorialnya! Pendidikan jaya, Indonesia jaya!

  37. terima kasih pak atas tutorial yang bapak beri lewat blog, dan kebetulan aku dapet tugas membuat kuis dengan menggunakan media flash.

  38. waw, pak mursyid hebat… 😀

  39. saatnya ikut lomba media pembelajaran pak. Infonya di blog saya.

  40. terima kasih pak guru ilmunya bermanfaat

  41. wah dah lama anne gak mampir bloknya om mursyd
    pa kabar om??

  42. hemm bisa buat materi soal nih infonya bagus pak… salam kenal dari Jakarta..

  43. pak tolong tanda baca perti ( { ; dibacakan dalam tutor soalnya di tutorial (di actionnya) bpk gak jelas tandanya apa, dimaklumi ya pak, atau tolong sy kalo boleh dikirimi contoh scripnya action dan lg tutornya kecepetan pak bg sy, thanks banyak, sukses slalu pak

  44. assalamu’alaikum wr.wb.
    hebat bener pak….
    Aku sangat ingin belajar program flash lebih jauh. selama ini baru bisa yang dasar aja belum menguasai keseluruhan fungsi komponent, behavior, dan scriptingnya. Sungguh sangat berbahagia bila ada yang berkenan membantu saya belajar menguasai flash mx lebih jauh.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  45. ya Allah……………berikanlah, kami manfaat dengan tulisan ini, dan berkahilah orang yang membuat kami paham, untuk mencerdaskan umat manusia. makasih banyak pa

  46. assalamualaikum
    pak mursyid minta izinnya untuk mengcopy file sound nya ya? lucu suaranya wkt action salah hehe

  47. pak mau nanya, waktu mw mencoba mengerjakan soal lagi (klik tombol ulangi) pada layar awal (kuis) kok muncul nilai skor ya? gak seperti tampilan pada waktu mencoba pertama kali? mhn bantuannya trmksh

Komentar ditutup.