E-Pembelajaran

Halaman ini khusus disediakan guna memfasilitasi siswa SMP sederajat pada umumnya dan khususnya siswa SMPN 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan dalam kerangka pendalaman materi pembelajaran bahasa Inggris secara online yang saya sajikan dalam bentuk Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash (buatan sendiri) sebagai tindak lanjut pembelajaran reguler di ruang kelas.

Demi kecepatan akses dan kenyamanan anda dalam berselancar di halaman e-pembelajaran saya silahkan klik di SINI untuk menuju blog personal resmi saya. Sebagian besar media  yang ada di blog ini telah saya sempurnakan dan saya boyong ke blog personal resmi saya tersebut.

ENGLISH GENRES


SEPUTAR UJIAN NASIONAL


LAIN-LAIN

=

BAHAN BELAJAR MANDIRI ONLINE

Klik screenshot untuk belajar.

VOCABULARY ENRICHMENT – PARTS OF THE BODY

=

LISTENING EXERCISE (REPORT)

=

DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive Text is a kind of text with a purpose to give information. The context of this kind of text is the description of particular thing, animal, person, or others, for instance: our pets or a person we know well. (Descriptive Text adalah teks  dengan tujuan untuk memberi informasi. Konteks teks jenis ini adalah diskripsi dari beNda, binatang, orang, atau lainnya yang bersifat khusus. Misalnya: binatang piaraan kita atau orang yang kita kenal dengan baik.) Klik screenshot di bawah untuk melanjutkan belajar.

Theory Reading Practice Writing Practice 1
Writing Practice 2 Writing Practice 3 Listening Praktice
Reading Test Writing Test Listening Test

Online test via proprof.com, click HERE.

=

NARRATIVE TEXT

Narratives merupakan cerita problematik yang di dalamnya mengandung konflik/krisis yang kemudian diakhiri dengan resolusi. Teks naratif biasanya bersifat imajiner, tetapi terkadang bisa juga faktual (kejadian sesungguhnya). Jenis-jenis cerita yang termasuk naratif antara lain: cerita dongeng (fairy stories), cerita misteri, fiksi ilmiah (science fiction), roman, horor, dan lain-lain.

Lanjutkan belajar …

=

PROCEDURE TEXT

Anda baru saja membeli printer, misalnya. Anda ingin segera bisa mengoperasikannya. Pastilah printer anda disertai dengan buku petunjuk pengoperasiannya. Buku semacam ini biasa disebut buku manual. Buku manual berisi serangkaian petunjuk.

Anda pernah juga membaca buku resep masakan, kan? Buku resep makanan berisi bahan dan petunjuk/langkah-langkah. Buku manual dan resep masakan adalah contoh nyata teks prosedur (procedure text).

Jadi, Procedure Text adalah teks yang menjelaskan tentang cara melakukan/menghasilkan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.

Lanjutkan belajar …

=

REPORT TEXT

Report adalah satu jenis teks yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai ciri-ciri umum dari benda umum. Berbeda dengan teks deskriptif yang menggambarkan sesuatu yang bersifat khusus.

Ketika kita membicarakan seperti apakah masjid, kita menggunakan teks report. Ketika kita membicarakan seperti apakah Istiqlal, kita menggunakan teks deskriptif.

Ketika kita membicarakan seperti apakah rumah, kita menggunakan teks report. Ketika kita membicarakan seperti apakah rumah Dini, kita menggunakan teks deskriptif.

Lanjutkan belajar …

=

RECOUNT TEXT

Teks Recount adalah jenis teks yang memiliki tujuan untuk menceritakan peristiwa/kejadian yang berlangsung pada waktu lampau.

Recount sering di gunakan pada jurnal, diary, sejarah, surat pribadi, biografi, pengalaman, dsb.

Lanjutkan belajar …

=

SHORT FUNCTIONAL TEXT

=

LEARNING MULTIMEDIA (Multimedia Belajar)

===============================================================

STUDENT ASSIGNMENT (Tugas Siswa)

===============================================================

Khusus untuk siswa saya, seluruh modul/materi belajar beserta multimedia pembelajaran pendukungnya dapat anda copy dari beberapa komputer di laboratorium komputer sekolah.

32 Tanggapan

  1. sip.. selamat ya pak atas dibukanya new page khusus untuk siswanya..

  2. Pak maaf apakah bapak punya buku atau sumber tutorial membuat interactive pembelajaran seperti yang bapak buat, kalu ada dimana alamatnya pak..
    terima kasih
    mari kita majukan pendidikan di indonesia

    • Kalau buku ya banyak ta. Di toko buku besar banyak dijual buku seputar Flash, yang biasanya disertai dengan bonus CD. Dari situlah sy banyak belajar.

  3. Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.

    Terimakasih dan mohon maaf jika ada salah2 kata dlm penyampaian iklan blog ini🙂

  4. Luaarrr Biasa Pak Musrsyid…. senang bisa berkenalan dengan bapak. semoga bisa kopi darat di bptik nggeh pak.

  5. Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.
    +1

    • Kita memiliki harapan yang sama, Pak. Andai 50% saja guru Indonesia telah akrab dengan internet dan memanfaatkannya untuk kepentingan pengembangan keprofesiannya, mungkin Indonesia akan semakin diperhitungkan di dunia global.
      Lha mana url blog njenengan???

      • betul sekali pak.
        hanya banyak guru beranggapan tidak penting memiliki sebuah blog.
        pada hal mereka dapat menjadikan blog sebagai media untuk belajar menulis.
        kalau di sekolah kita mengenal dengan majalah dinding, mungkin ini bisa dijadikan majalah “dinding online”. dan kelebihannya bisa berbagi dengan teman lain.

  6. thanks banget pa mursyid…materi anda sangat membantu….dan menarik…ruar biasa

  7. Apakah untuk pengaplikasian media pembelajaran harus On line terus? misal untuk “Media Pelatihan Ujian Nasional (Bahasa Inggris)”. karena ditempat kami koneksi sinyal internet sangat lemah, karena itu apakah bisa didownload dan disimpan agar bisa digunakan ketika dikelas?

    • Tidak harus online. Silahkan menuju ke halaman DOWNLOAD untuk mengunduh media2 tersebut. Kalau ada yang salah atau kurang sreg dengan media2 tersebut mohon segera dikonfirmasi melalui blog ini untuk kemudian saya lakukan perbaikan.

  8. I Like this page.
    Terima kasih Pak M Mursyid PW. Saya banyak belajar dari halaman ini.

  9. Alhamdulillah. Mudah-mudahan semua ini menjadi investasi akhirat anda. Amien….

  10. thank you atas informasi dan ilmunya… smoga pendidikan di Indonesia lebih maju dengan adanya orang yang pedulu dan mau berbagi ilmu seperti Bapak… amien.

  11. Pak mohon ijin download. Maaf pak saya fans baru

  12. bagus karyanya…. Kebetulan saya juga mau mengangkat skripsi tentang multimedia untuk pembelajaran, tapi mata pelajarannya matematika … minta izin download buat referensi saya.. trims

  13. Pak… sy tertarik dg web njenengan… sy mahasiswa FKIP Pend. Bahasa Inggris smstr 8 yg sdg mnyusun skripsi… kebetulan judul skripsi sy berkenaan dg keefektifan internet untuk meningkatkan kemampuan menulis descriptive text pd siswa kelas VIII… Apakah diperbolehkan sy memakai blog bpk ini utk treatmentnya???

  14. Assalamualaikum pak mursyid.
    adakah tutorial untuk membuat elearning seperti yang bapak contohkan diatas? kebetulan saya ingin mengajukan tema skripsi ttg elearning virtual lab yang ada di kampus saya. terima kasih pak,ditunggu balasannya🙂

  15. Ass. wr.wb.slm kenal pa mursyid.saya senang bisa berkunjung ke blog anda.saya orang baru tp suka dg konten anda.sangat kena dg tugas saya sbgai guru smp di jakarta.smg sehat sllu dan trus berkarya.amin

  16. i am a village teacher,but i want to be agood teacher.mohon izin menggunakan contain blog anda untuk pembelajaran disekolah saya,pak mursyid.

  17. media Bapak sangat membantu saya yang mengajar di sekolah pinggiran dan desa pak, salam kenal. Selamat tahun baru 2013 pak Mur..

  18. Assalamualaikum pak……… senang menemukan tulisan Bapak. Saya ingin belajar banyak TIK> Bantu saya bila tnya ya pak

Komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: