Membuat Kuis/Latihan Soal Interaktif dengan Flash

Pada posting sebelumnya saya terbitkan Video Tutorial Membuat Kuis/Latihan Soal Interaktif dengan Powerpoint 2007, kini giliran  Tutorial Membuat Kuis/Latihan Soal Interaktif dengan Flash. Tutorial Flash ini memang masih pada tahapan membangun logika dan sangat dasar dengan harapan agar mudah diikuti oleh teman-teman pada level pemula. File tutorial ini saya pecah menjadi 3 bagian. Silahkan bagi yang berminat ikuti mulai Part 1.

Sourcecode (FLA) yang saya peragakan pada tutorial ini dapat diunduh di SINI.

98 Tanggapan

  1. Nama program/aplikasinya apa pak? Boleh minta sofwernya? Hehe..
    Trimakasih pak..

    • Lha tuh pd judul postingan sudah sy sebut gitu kok, pak. Softwarenya, minta sj pd p yasir.

  2. […] Baca Detail : Tutorial Membuat Kuis/Latihan Soal Interaktif dengan Flash 8 « M … […]

  3. Saya ingin tahu cara bikin soal interaktif yang bisa menampilkan feedback sekaligus skor akhir. Saya sdh coba macem-macem script, tapi masih gagal…
    Barangkali Pak Mursyid punya solusi…

    • Ya gampang banget ta ya, pak yasir. Tinggal nambahi script score pd pilihan benar and sedikit edit yg lain. Nanti pd posting berikutnya akan sy bhs itu.

  4. Saya numpang baca2 aja pak Guru,,
    Salam hangat, maaf lama gak mampir kesini.

  5. Wow hebat Pak. Saya mkin pensaran menunggu hasil karya Bapak yang utuh ketika semuanya digabungkan🙂

    Salam Sukses Pak Guru🙂

  6. Melalui tutorial ini, semoga kegiatan belajar mengajar lebih mantap….Terimakasih.
    BTW…mohon maaf baru sempat BW lagi kemari.
    Salam hangat dari Kndari.

  7. Bapak selalu berbagi hal-hal yang dapat memperbaiki proses pembelajaran bagi peserta didik, jika benar-benar diaplikasikan oleh banyak guru. Terima kasih, Pak.
    Salam kekerabatan.

  8. woh keren selamat berbagi

  9. hhe aku enggak punya sofwarenya pak🙂 mau download tapi kok internet lemot hha

  10. dua teman blogger yg kreatif berprofesi guruyg sy kenal keduanya dari huruf M.
    Yang satu bernama M Mursyid, yg lain bernama Marsudiyanto…Senangnya bisa berinteraksi dengan keduanya🙂

  11. ini dl saya punya bukunya pak di flash 8..
    tp malah blm pernah praktekan

  12. Mau tanya lagi, Pak. Cara memasukkan file swf ke posting gimana? Kok di add media tidak support?

    • WordPress gratisan memang gak ada fasilitas utk upload swf.
      Kalau mau nempel swf, upload file swfnya di google site, copy download link location-nya, sign-up di gigya.com, pada dasboard gigya, pilih wildfire-wrapper setup, paste-kan url file swfnya (pastikan ukuran swfnya tidak melebihi ruang pada lembar postingan), update, get this, pilih mau di share di WP, dan selanjutnya dan akhirnya pilih post. Kalau berhasil, di blog akan ada postingan baru yg berisi swf tsb, selanjutnya tinggal edit saja.

  13. Keren pak,, tapi sejak saya pindah ke linux jadi gak bisa lagi main macromedia flash,,😀
    sayang banget..

  14. Mantap Pak, Saya suka cara penyampaian informasi seperti ini. Pak Mursyid, merekam video di atas (sebelum dimasukan ke youtube) pakai apa ya? Thanks Pak

  15. pa.. saya suka dech cara penyampaiannya.. mudah dimengerti.. nah yang saya tanyain nich pa”..maaf agak ga nyambung sama postingannya…kan pake camtasia ea pa…sblm dimasukan ke youtube… kapan2 ajarin ea pa caranya gimana… hehe sapa tau saya pengen buat postingan tutorial dengan cara penyampaian seperti bapak… thanks pa… salam hangattt:)

  16. masuk kesini sambil berpikir
    alangkah menyenangkan menjadi muridnya pak Mursyid
    pasti menyenangkan belajarnya
    salam hangat

  17. Subhanallah..
    Semakin bertambah tutorial yang dibuat pak Mursyid🙂
    Semoga bisa dicontoh oleh guru-guru yang lain🙂

  18. kalau inetnya lelet, nggak bisa download tutorialnya pak Guru.🙂
    saya selalu berpikir, murid2 yang bapak ajar sangat beruntung. memiliki guru seperti bapak.
    best regard,
    bangauputih ^_^

  19. Cuma bisa ikutan mbacanya pak, tanpa berniat membuat kuis latihan ini. Biarlah sampean saja yang membuat😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  20. tadi komen di blog saya yah pak. Bisa kok, komen di rumah baru, insyaAllah. 🙂
    balik lagi yah…….

  21. nginstall makro media dulu ah. biar bisa ngelaksanain tutor ini.🙂

  22. menone belajar flash ga bisa2 hehehehehehehehe…

    salam persahabatan dr MENONE

  23. dah lama apa cabar
    salam hangat dari blue

  24. wah ..ilmu yang sangat berguna sekali, terima kasih informasinya. Terima kasih juga kunjungan dan komennya, karena saya akan sering kesini linknya sudah saya pasang di blog saya

  25. Terima kasih ilmunya Pak, dan terima kasih atas kunjungan dan komennya di blog saya, linknya sudah terpasang diblog saya karena saya akan sering mampir diblog yang banyak ilmu milik bapak ini

  26. Mantap pak tutorialnya.. maaf baru sempat berkunjung..😀

  27. kalo urusannya power point & flash di dunia blogger sekarang identik dengan https://mmursyidpw.wordpress.com/. Terima kasih pak atas ilmunya

  28. lama ga mampir kesini pak! Bagus pak tutorialnya

  29. Nice share ajalah,,, mantab nich infonya

  30. Terim kasih tutorialnya pak… videonya sy donlot dulu… biar lancar + bisa dipelajari diwaktu sengang.
    Salam hangat

  31. pak kalo bikinnya pake swishmax bisa ga?
    pake flash rada berat pak…
    kalo ada waktu mohon dibuatkan tutorial dengan swishmax pak.

    terimakasih

  32. Kunjungan siang Pak.. apa kabar nya

  33. coba lihat dulu deh pak, di tkp…

  34. dari dulu sy pingin banget bisa program flash pak, cuman belum punya softwearnya.
    ………………………………..
    mohon maaf, mohon doa dan bantuannya
    http://bchree.wordpress.com/2011/03/09/mohon-do%E2%80%99a-dan-bantuannya/
    terima kasih

  35. maap pak.. sudah lama tidak berkunjung…

    lagi banyak tugas yang menanti…
    ^____^

    (makin banyak aja muridnya pak…)

  36. saya ikut menyimak sebagai murid Pak..

  37. izin nyimak dulu pak…! kayak keren nich

  38. saya mau coba pak tapi gak punya komputer. lain kali pak ya? kalo udah punya komputer

  39. aslm. kenalkan, saya samsul dari kota malang, saya senang belajar flash dan dikaitkan dengan pembelajaran interaktif walaupun saya bukan guru seperti bapak, tapi saya cukup peduli dengan pendidikan indonesia. semoga pendidikan indonesia semakin maju dengan inovasi2 pembelajaran seperti yang bapak terapkan. mohon dikunjungi blog saya yang juga masih belajaran membuatnya serta di beri masukan untuk produk flash pembelajaran interaktif yang sudah saya buat. terima kasih
    samsul
    http://interaktifpembelajaran.wordpress.com

  40. wiiiiiiuh, bagus benar nich. saya mau coba gunakan cara seperti ini untuk memacu semangat belajar anak saya, anak saya baru kelas 2 SD lagi seneng-senengnya bermain game mungkin denagn cara ini anak saya mau dan giat belajar, karena dengan cara ini seperti belajar sambil bermain game……
    terima kasih pak, atas tutornya

  41. mengispirasi…mantap
    salam kenal

  42. Ass. Bapak> Semoga Allah Selalu memberikan Kesehatan Kepada Bapak dan Keluarga.
    Bapak, saya sudah selesai mengikuti tutorial ini dan berhasil sampai dengan layer 6 benar salah. Tapi ketika pada tahap action, saya sudah ikuti langkah-langkah yg bapak berikan dengan menulis : pilihan1.onPress. bla….bla…bla.., tetapi ketika saya coba cek, dengan menekan ctrl + enter yang keluar error sampai dengan 14 item. mohon penjelsan dan bantuannya pak, karena saya sedang mempelajari pengembangan media pembelajaran interkatif ini. makasih pak.

    • Hati2 dalam penulisan Actionscript-nya. Yang jelas kesalahan ada pada Actionscript. Coba download fla yg saya sertakan, lalu bandingkan dengan buatan panjenengan. Atau kirimkan fla njenengan ke saya via email, baru saya akan tahu persis dimana letak kesalahannya.

      • Makasih Bapak, saya akan kirim Actionscripnya ke Email Bapak, Mohon Bantuannya pak karena video tutorial yang bapak persembahkan sangat membantu sekali, mudah-mudah dapat saya amalkan untuk guru-guru yang ada Bangka Selatan Bangka Belitung Pak.

      • Makseh Banyak atas petunjuknya.

      • Ass, Bapak. Setelah Baca fla bapak, error nggak lagi pak, tapi waktu saya ctrl+enter tanda centang benar dan tanda silang enggaj muncul, gimana pak mahon bantuannya pak.

  43. ebook tentang tutorial flash ada gak pak?
    soalx kalau video saya g bisa lihat karena saya pakai modem usb yg jaringannya hanya sampai 2 bar aja

  44. assalamualaikum pak guru. kalo boleh tau gimana sih cara download software mediflash? thanks

  45. salam kenal dari tarakan.
    tutorialnya bagus. saya sangat tertarik, ….
    tanya pak : dapatkah soal diketik (entry) sendiri oleh guru/ siswa, kemudian feedback (jawaban salah / benar muncul) kemudian.
    makasih …. ditunggu tutorial berikutnya

  46. ilmu memang layak dibagi … menjadi santapan yang membutuhkan. terus berkarya pak…

  47. Blog sumber inspirasi, memotivasi dan berbagi… Thanks a lot. Keep on blogging.

  48. Terima kasih pak atas tutorialnya, namun saya ada pertanyaan, gimana kalo kita membuat soal evaluasi yang pada frame akhirnya (akhir soal) ada tombol submit, nah kalo dibuat ke submit, score akhirnya dikirim kemana? contoh kirim ke email, nah disitu saya tidak tahu bagaimana membuat scriptnya pak
    atau submitnya dikirim ke “My document” secara offline, itu gimana pak

    Salam
    Frans

  49. wah mantap pa toturialnya,

    untuk menentukan hasil akhirnya bagaimana ya?

Komentar ditutup.

