Membuat Kuis Interaktif pada Multimedia Pembelajaran Berbasis Flash

Multimedia pembelajaran kini mulai dikembangkan oleh guru (meski baru sebagian kecil) sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2009, Bab II, Pasal 3 yang menyatakan ‘Guru harus menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Guru harus kompeten dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dan mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.

Multimedia pembelajaran yang utuh terdiri dari beberapa komponen diantanya: Tujuan, Materi, Simulasi/Latihan Soal, dan diakhiri dengan Tes/Evaluasi/Uji Kompetensi/Kuis untuk mengetahui sejauh mana materi pembelajaran berhasil dikuasai. Khusus mengenai pembuatan evaluasi/kuis ini saya sering ditanyai teman guru perihal bagaimana caranya membuat kuis yang dapat menampilkan nilai/skor beserta umpan baliknya/keterangan setelah skor tertentu diperoleh. Untuk itulah pada kesempatan ini dengan sedikit pengetahuan yang saya punya saya ingin berbagi bagaimana cara membuat kuis dengan Flash mulai dari yang SANGAT sederhana dulu (pilihan ganda, tanpa animasi, yang penting konsep menampilkan skor dikuasai dulu) seperti contoh di bawah ini yang saya buat dengan Flash 8.


Untuk mengunduh contoh tersebut, klik di SINI (swf), SourceCode-nya di SINI (Fla), dan langkah-langkah membuatnya di  SINI (doc). Silahkan bagi yang mau mempelajari, mengembangkan, dan memodifikasi.

Variasi kuis dengan Flash yang lebih kompleks akan saya bahas pada kesempatan lain.

Semoga bermanfaat.

Salam kreatif!

147 Tanggapan

  1. mantap pak 🙂

  2. Waw, ketemu karo master flash ini, boleh nggak ijin nyedot pak?

  3. Oot, kalau boleh usul, link blog saya ini pak, silakan dicek link blog pak Mursid di tempatku.

  4. Ma’af pak, kok slug judul posting ini kayaknya perlu dibetulin pak biar mudah keindeks ama mbah Gugel. Nggak sama to ama judul posting aslinya, padahal bagus sekali lho.

  5. Adik saya seorang guru sd. akan saya rekomendasikan blog anda kepadanya.

  6. Ini membantu sekali untuk pembelajaran

  7. salah satu problem yang sering dikeluhkan oleh rekan-rekan guru adalah minimnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar, selain itu belum semua guru memiliki peluang untuk belajar multimedia. Bahkan ada guru yang tidak tahu mengoperasikan komputer.

    Andai 50% saja guru-guru seperti mas Mursid, saya yakin anak didik negeri tidak terlalu keteteran dalam menghadapi ujian.

    • Hari gini kalau masih ada guru yang tdk bisa mengoperasikan komputer memang ya keterlaluan ya, Mas. Yah… semoga saja sy dapat berperan lebih utk dapat mempengaruhi rekan2 guru yg masih gaptek tersebut.

      • lho di tempatku lebih 60 persen gak bisa

        • Masa’, Pak?

          • Saya juga salut dengan para guru yang sudah GoBlog seperti pak Mursyid dan pak Budies, jadi bisa membuka cakrawala cara pembelajaran bagi peserta didik. Btw, pak Aldy problem ku saat pak mursyid bikin postingan baru cuma satu. Masalah koneksi. Jadiya aku gak bisa melihat flash nya 😦
            Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

          • Benar Pak … Alhamdulillah dalam minggu-minggu terakhir ini sudah semakin berkurang prosentasenya.

  8. Salut deh
    Salut

    Semangat selalu! 🙂

  9. tambah manteb dan semangat nih para murid kalau pak gurunya kreatif kayak Mas Mursyid
    Salam Persahabatan…

    • Hemh …! Harusnya demikian ya, Pak. Tapi mengandalkan guru saja masih jauh dari cukup. Peran orang tua dan masyarakat juga sangat signifikan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa.

  10. wah……….,dapat ilmu baru nih dari pak Guru,makasih ya pak atas Infonya.

  11. Terimakasih shareY gan..,salam kenal

  12. diperlukan kreativitas dan memaksimalkan perkembangan teknologi untuk memudahkan proses pembelajaran…. salut Pak.. 🙂

  13. Ijin ke tkp Pak,,semoga saya dapat yan g dimaksud..thanks share

  14. Terimakasih banyak untuk ilmunya pak .. bisa di coba juga nih …
    maaf baru bisa berkunjung …
    Selamat siang.

  15. saya izin untuk mendownload yah pak ….

  16. Menarik mas…proses pembelajaran menjadi lebih hidup, aktif dan fresh…

  17. Wah..jaman multimedia kini para guru dituntut kreatif, dan sudah ditunjukkan disini. Terimakasi..
    Salam kreatif dari Kendari.. 8)

  18. Hm….

    Saya ni heran sama si Bapak Guru, kok bisa aja nemuin metode2 yg bikin saya ingin balik sekolah, he h eh

  19. Enak ya berkawan dengan pak guru, selalu dapat ilmu baru..thanks sharingnya ya pak…

  20. siiip ,najan diriku gak berbakat ku kan coba,coba,ncoba sampai bisa…..

  21. Heeee saya sudah menjawab dan hasilnya 100, heee senengnya bisa jawab benar semua, meski sempat ragu letak gunung merbabu, tapi tebakan jitu juga jawab jawa tengah heee, bagus banget

  22. Walau masih bingung untuk memulainya, karena waktu login kok saya masih salah…
    ah, tak apalah akan saya coba lagi.

    Pak guru, saya izin mengunduh dulu ya…

  23. waduh, tadi dunlut, tak tinggal malah mati lampu pak, coba tak ulangi lagi.. pak kalau peserta tesnya masuk database gimana, sehinngga yang melakukan remidi kelihatan nilainya lebih baik dari sebelumnya

    • Wah … lha kuwi, Pak. Ngakalane Script nganti dha mbrodhol rambute lum ada hasil. Kalau ingin masuk database kuisnya pake excel bisa, pak., asal telaten.

  24. dengan multimedia ini kuis pun jadi menyenangkan

  25. wah, bapak pinter juga pake yang flash2 begitu yah, saya belum bisa pak, hehehe 🙂

  26. Saya dah mencobanya, keren Pak!
    Perlu disebarluaskan nih buat paraguru yang saya kenal 😀

  27. Pak Mursyid, semoga setiap konsep pembelajaran kooperatif bisa diterapkan oleh semua guru.

  28. jadi ingin belajar Flash nih…

    btw, makin banyak guru yg ngeblog dan bagus-bagus sekali isinya. Selamat mas

    • Kita memang sedang mengampanyekan blog di kalangan guru, Mas. Sudah saatnya guru ikut andil dalam menciptakan internet sehat.yanginformatif dan edukatif. Mohon dukungan moralnya saja dari semua narablog.

  29. asik tuh pa cara pembelajaran ya

  30. Inovasi yang tiada henti untuk pendidikan yang lebih baik.
    Terima kasih atas infonya.

  31. […] Sjafri, Pak NH 18, Pakdhe Cholic, Pak Aldy, Pak Riri, Pak Hartanto, Pak Kyaine, MT, Pak Mursyid, Pak Vizon, WKF, Akhdian, dan masih banyak lagi para ayah-ayah yang […]

  32. info yg mantaff mas..ijin baca2 dulu ahh

  33. Wah… saya pengensekali bisa membuat seperti itu.. makasih pak mursyid. sangat bermanfaat sekali

  34. Hebat tuh Pak!
    Kalau ada program & subsidi seperti itu di sekolah saya…

  35. dulu pernah ada game kuis milioner pake flash
    jangan-jangan bikinan pak mursyid yak..
    hehehe…. keren pak guru…
    kreatif… tetap semangat..

    sedj

  36. Langsung sy donlot Pak… mau nyoba.. 🙂
    Terima kasih banyak

  37. Salam kenal..

  38. salam sobat
    sangat kreatif sekali.
    membuat kuis interaktif seperti ini, yang belum pernah saya jumpai mas,
    kepingin mencoba juga
    trims sudah berbagi

  39. wow sangat kreatif sekali nih Pak Guru kita, selangkah lebih maju. coba kalau di sosialisasikan ke semua sekolahan dan diterapkan dengan sistem tersebut pasti lebih asyik lagi dan lebih praktis
    trims atas infonya, sukses selalu n tetap semangat

  40. Wah, keren… Ijin download dulu ya?

  41. Makasih atas infonya.

  42. p cabar mas
    salam dalam persahabatan bloger

  43. wah sekarang pembelajaran semakin canggih dah menarik buat yg belajar.. sukses bung

  44. kalo gitu belajar bisa lebih mudah di mengerti dan menarik juga ya bung.. jadi mudah dipahami

  45. bagus pak..kalo yang ini aku dah bisa pak, yang masih bingung adalah pembuatan intro sebelum masuk materi yg sebenarnya…rumit bgt tp hasil memuaskan…ada masukkan pak biar yg melihatnya tertarik untuk belajar?matur suwun

    • Itulah seninya bergelut dengan flash. Intro memang memang penting. Intro harus mampu membangkitkan ENIGMA (penasaran ingin tahu selanjutnya) kata para pakar. Namun harus diingat jangan memaksa pengguna untuk menonton intro yang kita buat, maka intro disarankan jangan terlalu panjang, kalaupun terpaksa harus agak panjang musti di beri button ‘skip’ (lewati).
      Selamat berkarya.

  46. wahh ada .fla nya.. jadi bisa liat code nya,,
    ijin unduh ya pak..

  47. wahh bisa untuk tugas kuliah nih mas..
    saya coba ijin download ya mas

  48. m as, aku tertarik. ijin donload ya. setalah aku coba swf nya, ternyata sangat menarik. jadi pengen tau .fla nya. makasi ya

  49. terimakasih bapak atas kunjungannya, dan semakin membuat tahu tentang hal yang sudah dikenal ..dari posting diatas

    salam hangat dari balikpapan ^_^

  50. mantab info dan tipnya OM..
    ijin download semuanya ya…dikampus saya juga ada pelajaran yang tugas dan ujiannya via online, tapi tidak pilihan ganda.

    salam adem ayem selalu

  51. terpujilah para guru di seluruh dunia…

  52. Terima kasih pak, pagi ini saya belajar bersama dengan dua siswa terbaik saya.

    Semoga membawa barokah. Amin.

  53. wah keren sob….
    meskipun saya bukan anak MM, ..tapi saya coba deh untuk mempelajarinya…

  54. bagus banget mas mursyid….. sangat cucuk untuk anak saya yang masih sd

  55. terima kasih atas infonya pak…..

    salam………..

    dari : BLOGGER BAWAH JEMBATAN

  56. saya lagi belajar flash juga pak
    izin download cara membuatnya ya pak

  57. Pak, mbok kasih tau cara buat quiz drag and drop kaya punya njenengan yang I love you Dady. Bagus banget

  58. semoga sukses dengan programnya pak guru

  59. setelah Denuzz mencoba kuis flash di atas … Denuzz sangat senang sekali dan yakin, apabila sedari kecil saja anak-anak di Indonesia diberikan pelajaran dengan cara mengajar yang menyenangkan seperti sekarang ini, pasti Indonesia akan lebih berjaya di masa depan …
    karena belajar yang menyenangkan akan merangsang anak-anak untuk lebih banyak belajar … Denuzz yakin itu …
    salut untuk pak guru yang punya nih blog …

    semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

  60. This is the wonderful thing i spend long time to find

    it.

  61. sy coba unduh pak… ntah kapan ada kesempatan belajar flash.
    Tapi untuk buat kuis, ada kuis creaotr yang bisa di pakai dgn output flash. sy gunakan di web saya, http://www.saifulghozi.com mungkin ada gunanya.
    maturnuhun..

    • Ya aku juga punya Quiz Creator. Tapi kan tidak bisa di-customize sesuka kita. Kalo pake Flash, mau dikasih tulisan apapun, gambar apapun, bahkan sampai muka gue sendiri pun, bisa.

  62. sukron, pak atas tutorialnya

  63. Salam Kenal pak mursyid, senang ada tutorial yang menarik di blog bapak. Saya juga Punya tutorial Media ajar dengan power point + quiz creator pak mohon di add di blog bapak.
    Salam kenal dari sragen.

    Klik untuk mengakses tutorial%20pembuatan%20media%20ajar%202010%20for%20office%202007-XP.pdf

    Klik untuk mengakses tutorial%20pembuatan%20media%20ajar%202010%20for%20office%202003.pdf

  64. Pengen coba akh

  65. Sip… dapat tambahan ilmu nih. Thanks dan berbagi ya pak Musyid.

  66. bapak…..saya bangga dengan bapak….terima kasih pak…isi postingnya bermanfaat sekali

  67. Gimana kalu jawaban dalam kuiz tersimpan di database/file ( exell, acces atau yang lain )
    Trimss.

    • Tuh ma jauh banget, Mas. Sy belum nyoba sampai sejauh itu. Untuk sampai ke database diperlukan gabungan pemrograman dengan PHP dan My Sql. Mumet. Utk media pembelajaran gak perlu sampai sejauh itu.

  68. sangat bermanfaat sekali tutorial ini pak, saya begitu terbantu dalam mengerjakan tugas besar saya..
    terima kasih banyak 🙂

  69. Pak, biar objek/gambar ikut membesar/mengcil menyesuaikan ukuran jendela pada flash giman caranya ya? Makasih sebelumya. Salam kenal

  70. Pak, bisa tutorial pakai video pak, lebih mudah dimnegerti, makasih pak>

  71. wah…bloge mantap pak…mohon izin ngunduh ya pak,barokallah
    silakan mampir ke blog saya yg msih sdrhana

  72. Sampai sejauh ini yang saya jumpai di lapangan, adanya keinginan dari para siswa yang ingin tercatat dalam sejarah penggunaan kuiz interaktif ini adalah ranking, nama, kelas, waktu tercatat terus setiap program ini dibuka oleh siapapun, baru akan terhapus apabila ada siswa lainnya yang memperoleh skor lebih tinggi lagi. gitu aja pak!

  73. wah ternyata simple ya pak…trimsh …

  74. duh, saya semakin mrasa tertinggal nih … pingin pinter spt bapak, salut…

Komentar ditutup.