Halaman ini khusus disediakan guna memfasilitasi siswa SMP sederajat pada umumnya dan khususnya siswa SMPN 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan dalam kerangka pendalaman materi pembelajaran bahasa Inggris secara online yang saya sajikan dalam bentuk Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash (buatan sendiri) sebagai tindak lanjut pembelajaran reguler di ruang kelas.
Demi kecepatan akses dan kenyamanan anda dalam berselancar di halaman e-pembelajaran saya silahkan klik di SINI untuk menuju blog personal resmi saya. Sebagian besar media yang ada di blog ini telah saya sempurnakan dan saya boyong ke blog personal resmi saya tersebut.
ENGLISH GENRES
- About Narrative Text
- Narrative Exercise 1
- Narrative Exercise 2
- Narrative Exercise 3
- Narrative Exercise 4
- Narrative Reading Test
- About Descriptive Text
- Descriptive Exercise 1
- Descriptive Exercise 2
- Descriptive Exercise 3
- Descriptive Exercise 4
- Descriptive Exercise 5
- Descriptive Listening Test
- Descriptive Reading Test
- Descriptive Writing Test
- About Report Text
- Report Exercise 1
- Report Exercise 2
- Report Exercise 3
- About Procedure Text
- Procedure Exercise 1
- Procedure Exercise 2
- About Recount Text
- Recount Exercise 1
- Recount Reading Test
–
SEPUTAR UJIAN NASIONAL
- UN Bahasa Inggris SMP/MTs 2012 Pket A86
- Media Tryout UN Bahasa Inggris
- Latihan ‘Short Functional Text’ Part 1
- Kuis ‘Short Functioanl Text’ Part 1
- Latihan ‘Short Functional Text’ Part 2
- Kuis ‘Short Functioanl Text’ Part 2
- Latihan ‘Narrative’ Reading
- Kuis ‘Narrative’ Reading
- Latihan ‘Report’ Reading
- Latihan ‘Report’ Writing
–
LAIN-LAIN
=
BAHAN BELAJAR MANDIRI ONLINE
Klik screenshot untuk belajar.
VOCABULARY ENRICHMENT – PARTS OF THE BODY
LISTENING EXERCISE (REPORT)
=
DESCRIPTIVE TEXT
Descriptive Text is a kind of text with a purpose to give information. The context of this kind of text is the description of particular thing, animal, person, or others, for instance: our pets or a person we know well. (Descriptive Text adalah teks dengan tujuan untuk memberi informasi. Konteks teks jenis ini adalah diskripsi dari beNda, binatang, orang, atau lainnya yang bersifat khusus. Misalnya: binatang piaraan kita atau orang yang kita kenal dengan baik.) Klik screenshot di bawah untuk melanjutkan belajar.
Theory | Reading Practice | Writing Practice 1 |
Writing Practice 2 | Writing Practice 3 | Listening Praktice |
Reading Test | Writing Test | Listening Test |
Online test via proprof.com, click HERE.
=
NARRATIVE TEXT
Narratives merupakan cerita problematik yang di dalamnya mengandung konflik/krisis yang kemudian diakhiri dengan resolusi. Teks naratif biasanya bersifat imajiner, tetapi terkadang bisa juga faktual (kejadian sesungguhnya). Jenis-jenis cerita yang termasuk naratif antara lain: cerita dongeng (fairy stories), cerita misteri, fiksi ilmiah (science fiction), roman, horor, dan lain-lain.
=
PROCEDURE TEXT
Anda baru saja membeli printer, misalnya. Anda ingin segera bisa mengoperasikannya. Pastilah printer anda disertai dengan buku petunjuk pengoperasiannya. Buku semacam ini biasa disebut buku manual. Buku manual berisi serangkaian petunjuk.
Anda pernah juga membaca buku resep masakan, kan? Buku resep makanan berisi bahan dan petunjuk/langkah-langkah. Buku manual dan resep masakan adalah contoh nyata teks prosedur (procedure text).
Jadi, Procedure Text adalah teks yang menjelaskan tentang cara melakukan/menghasilkan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.
=
REPORT TEXT
Report adalah satu jenis teks yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai ciri-ciri umum dari benda umum. Berbeda dengan teks deskriptif yang menggambarkan sesuatu yang bersifat khusus.
Ketika kita membicarakan seperti apakah masjid, kita menggunakan teks report. Ketika kita membicarakan seperti apakah Istiqlal, kita menggunakan teks deskriptif.
Ketika kita membicarakan seperti apakah rumah, kita menggunakan teks report. Ketika kita membicarakan seperti apakah rumah Dini, kita menggunakan teks deskriptif.
=
RECOUNT TEXT
Teks Recount adalah jenis teks yang memiliki tujuan untuk menceritakan peristiwa/kejadian yang berlangsung pada waktu lampau.
Recount sering di gunakan pada jurnal, diary, sejarah, surat pribadi, biografi, pengalaman, dsb.
Lanjutkan belajar …
=
SHORT FUNCTIONAL TEXT
=
LEARNING MULTIMEDIA (Multimedia Belajar)
- Pelatihan UN – Melengkapi Paragraf Rumpang
- Descriptive Text – Listening
- Descriptive Text – Reading
- Short Functional Text Quiz Part 1
- Short Functional Text Quiz Part 2
- Learning Descriptive Text
- Media Pelatihan Ujian Nasional
===============================================================
STUDENT ASSIGNMENT (Tugas Siswa)
===============================================================
Khusus untuk siswa saya, seluruh modul/materi belajar beserta multimedia pembelajaran pendukungnya dapat anda copy dari beberapa komputer di laboratorium komputer sekolah.
sip.. selamat ya pak atas dibukanya new page khusus untuk siswanya..
Thanks for your appreciation, sir.
Pak maaf apakah bapak punya buku atau sumber tutorial membuat interactive pembelajaran seperti yang bapak buat, kalu ada dimana alamatnya pak..
terima kasih
mari kita majukan pendidikan di indonesia
Kalau buku ya banyak ta. Di toko buku besar banyak dijual buku seputar Flash, yang biasanya disertai dengan bonus CD. Dari situlah sy banyak belajar.
Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.
Terimakasih dan mohon maaf jika ada salah2 kata dlm penyampaian iklan blog ini 🙂
Wa‘alaikum slm wr.wb, Pak.
Memang sdh saatnya guru akrab dengan TIK.
Sy sdh kunjungi blog panjenengan, OK punya!
Luaarrr Biasa Pak Musrsyid…. senang bisa berkenalan dengan bapak. semoga bisa kopi darat di bptik nggeh pak.
Thanks telah berkenan mampir, Bu.
Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.
+1
Kita memiliki harapan yang sama, Pak. Andai 50% saja guru Indonesia telah akrab dengan internet dan memanfaatkannya untuk kepentingan pengembangan keprofesiannya, mungkin Indonesia akan semakin diperhitungkan di dunia global.
Lha mana url blog njenengan???
betul sekali pak.
hanya banyak guru beranggapan tidak penting memiliki sebuah blog.
pada hal mereka dapat menjadikan blog sebagai media untuk belajar menulis.
kalau di sekolah kita mengenal dengan majalah dinding, mungkin ini bisa dijadikan majalah “dinding online”. dan kelebihannya bisa berbagi dengan teman lain.
thanks banget pa mursyid…materi anda sangat membantu….dan menarik…ruar biasa
Makasih juga telah berkenan singgah di sini.
Apakah untuk pengaplikasian media pembelajaran harus On line terus? misal untuk “Media Pelatihan Ujian Nasional (Bahasa Inggris)”. karena ditempat kami koneksi sinyal internet sangat lemah, karena itu apakah bisa didownload dan disimpan agar bisa digunakan ketika dikelas?
Tidak harus online. Silahkan menuju ke halaman DOWNLOAD untuk mengunduh media2 tersebut. Kalau ada yang salah atau kurang sreg dengan media2 tersebut mohon segera dikonfirmasi melalui blog ini untuk kemudian saya lakukan perbaikan.
I Like this page.
Terima kasih Pak M Mursyid PW. Saya banyak belajar dari halaman ini.
Thank you juga telah berkenan singgah di sini, Pak.
Alhamdulillah. Mudah-mudahan semua ini menjadi investasi akhirat anda. Amien….
Amiiin…!
thank you atas informasi dan ilmunya… smoga pendidikan di Indonesia lebih maju dengan adanya orang yang pedulu dan mau berbagi ilmu seperti Bapak… amien.
Pak mohon ijin download. Maaf pak saya fans baru
bagus karyanya…. Kebetulan saya juga mau mengangkat skripsi tentang multimedia untuk pembelajaran, tapi mata pelajarannya matematika … minta izin download buat referensi saya.. trims
Pak… sy tertarik dg web njenengan… sy mahasiswa FKIP Pend. Bahasa Inggris smstr 8 yg sdg mnyusun skripsi… kebetulan judul skripsi sy berkenaan dg keefektifan internet untuk meningkatkan kemampuan menulis descriptive text pd siswa kelas VIII… Apakah diperbolehkan sy memakai blog bpk ini utk treatmentnya???
Silahkan, Mbak.
Silahkan juga menuju blog saya satunya (http://mmursyidpw.com), akses medianya lebih cepat.
Assalamualaikum pak mursyid.
adakah tutorial untuk membuat elearning seperti yang bapak contohkan diatas? kebetulan saya ingin mengajukan tema skripsi ttg elearning virtual lab yang ada di kampus saya. terima kasih pak,ditunggu balasannya 🙂
Silahkan menuju halaman tutorial blog ini. Di sana sy sdh buat beberapa tutorial.
Ass. wr.wb.slm kenal pa mursyid.saya senang bisa berkunjung ke blog anda.saya orang baru tp suka dg konten anda.sangat kena dg tugas saya sbgai guru smp di jakarta.smg sehat sllu dan trus berkarya.amin
i am a village teacher,but i want to be agood teacher.mohon izin menggunakan contain blog anda untuk pembelajaran disekolah saya,pak mursyid.
Silahkan. Sy juga ngajar di sekolah ndesa kok, Pak.
Sebaiknya njenengan buka blog sy yg ini saja http://mmursyidpw.com
media Bapak sangat membantu saya yang mengajar di sekolah pinggiran dan desa pak, salam kenal. Selamat tahun baru 2013 pak Mur..
Salam kenal and met tahun baru juga, pak.
Assalamualaikum pak……… senang menemukan tulisan Bapak. Saya ingin belajar banyak TIK> Bantu saya bila tnya ya pak
really helpfull