Info Tes Ulang Bagi Guru Bersertifikasi

Sebanyak 1.020 ribu guru bersertifikasi akan di tes ulang guna meningkatkan kualitas dan kompetensi mengajar.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud, Syawal Gultom di Jakarta, Rabu (30/5). Menurut Syawal tes ulang dilakukan sebagai konsekuensi dari peningkatan kualitas mengajar setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi dari pemerintah.

“Melalui tes ulang ini kami akan mendapatkan pemetaan kompetensi para guru kita, apakah kualitas mereka akan meningkat atau tidak.Bagi yang tidak lulus tes kami akan adakan pembinaan,” ungkap Syawal Gultom.

Namun ia buru buru menegaskan bahwa tes ulang yang akan digelar tahun ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA). Pada UKA, guru mengikuti tes uji berjuang mendapatkan kursi pelatihan dan sertifikasi. Sedangkan pada tes ulangan untuk mengevaluasi materi ajar dan pedagogisnya.

Adapun bentuk ujian tes ulang akan dilakukan secara online dan offline. Sistem ujian online ,soal dibuat secara acak melalui komputerdan hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir.

Sedangkan bagi daerah yang belum memiliki fasilitas komputer atau internet ujian akan dilakukann secara tertulis. Menyinggung belum cairnya dana sertifikasi guru di daerah pada triwulan kedua tahun ini, Syawal menegaskan pihaknya telah menyerahkan sepenuhnya pada direktorat terkait. Dan direktorat tersebut melalui bendahara negara telah mentransfer dana sertifikasi ke dinas pendidikan daerah masing masing.

“Jadi masalahnya sekarang ada pada sistem pencairan pada dinas pendidikan daerah setempat, saya dapat kabar mereka yang telat karena masih melakukan verifikasi ulang ,”ujarnya.

Syawal berharap agar seluruh dinas pendidikan daerah segera mencairkan dalam waktu dekat agar para guru dapat menggunakana dana tersebut untuk kepentingan kesejahteraan mereka.

Sumber: Media Indonesia

10 Tanggapan

  1. Perkiraan waktunya, kapan Pak pelaksanaan Tes Ulang tersebut? Terima kasih.

  2. ya wajar saja, pemerinah tentunya nggak mau mengeluarkan anggaran dengan sia-sia. Jadi kita tunggu aja pelaksanaannya yuk…

  3. Salam Kenal Ya Untuk Semuanya..🙂

  4. Bersama Gorengan dan camilan ane nobatkan agan ini sebagai Penulis.. Heheheh.. Mau?? Mau??😛

  5. semoga ndak jadi aja……

  6. mudah2an tes ulang sertifikasi dilakukan dengan jujur,bukan disebabkan kesenjangan sosial para non guru gara2 ada ada tunjangan sertifikasi guru, profesi guru skrang banyak diperbincangkan publik..
    hahaha….
    cemburu nih yee😀

  7. Sebaiknyan untuk tes ulang guru ,yang sdh sertifikasi tdk perlu online cukup lewat dinas pendidikan setempat aja

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: