Peraturan Bersama (Mendiknas, Menpanrb, Mendagri, Menkeu, dan Menag) Tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS

Fakta di lapangan memang menunjukkan bahwa di sekolah-sekolah tertentu terdapat kelebihan guru kelas/guru mata pelajaran tertentu sementara di sekolah-sekolah tertentu lainnya kekurangan. Fakta ini diperkuat oleh kenyataan banyaknya guru bersertifikasi yang terpaksa harus mengajar di sekolah lain guna memenuhi jumlah jam mengajar minimal (24 jam).

Beberapa waktu yang lalu hanya sayup-sayup terdengar bahwa pemerintah pusat sedang dalam proses menyusun peraturan guna mengatasi masalah tersebut, dan kini peraturan tersebut (yang melibatkan 5 kementerian) sudah diterbitkan dan akan mulai diberlakukan pada 2 Januari 2012 yang akan datang. Dengan demikian pemerintah daerah kini telah memiliki pijakan hukum untuk segera melakukan persiapan sehingga ketika action harus dilakukan tidak terkesan asal-asalan.

Mengingat peraturan ini bertautan dengan rotasi/mutasi yang tentu sangat rawan kolusi, maka yang paling penting ditegaskan adalah bahwa pengimplementasian peraturan ini musti benar-benar murni dalam kerangka peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.

Bagi yang mau download peraturan ini, silahkan klik saja di SINI.

4 Tanggapan

  1. semoga memberikan yang terbaik untuk dunia pendidikan kita

  2. dengan peraturan yang makin rapi semoga semakin memeratakan tenaga guru di seluruh tanah air

  3. Semoga pemerataan guru yang berkeadilan dan pendataan guru yang akurat dapat terwujudkan dengan baik. .

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: