Hati-Hati dengan Virus yang Satu Ini

Ceritanya begini, habis shalat Iedul Adha, sambil sarapan saya buka akun FB. Tiba2 ada teman yang ngirim pesan lewat Chat, pesannya berupa sebuah link/tautan. Karena penasaran saya klik saja tautan itu dan alhasil setelah itu setiap kali saya nulis komen di Blog, setelah saya ‘send’, komen saya tersebut berubah menjadi persis seperti pesan yang saya terima melalui Chat di FB tersebut. Gila…! Hebatnya, virus yang satu ini mampu lolos dari Akismet dan plugin anti-spam blog saya dan antivirus yang selalu updated di laptop.

Pesan virus tersebut seperti ini:

gt rofl lol hm http://www.ablecan.co.uk/files/d13.php?id0s1w1h3-Photo20.JPG

Jika anda menerima pesan melaui FB/Email atau komen di blog seperti di atas, jangan sekali-sekali anda klik tautan tersebut (langsung saja anda delete) dan jangan salahkan si pengirim pesan atau si komentator blog, karena kemungkinan besar dia sendiri tidak menyadari/tidak tahu bahwa dia secara tidak sengaja telah menebar virus merugikan.

Demikian, semoga menjadi perhatian dan bermanfaat.

22 Tanggapan

  1. itu berawal dari akun yg kena phising ya pak, saya udah banyak sekali dapet chit chat link tersebut dari teman2 pesbuk saya. namun alhamdulillah, karena saya pake linux os jadi ga berasa apa2🙂

  2. Kalau yang seperti itu biasanya jelas berbahaya, maka ya sudah diabaikan saja😀

  3. Saya sudah pernah ngeklik link seperti itu Pak. Tapi karena saya nggak begitu hoby FB, jadinya ya nggak berpengaruh. Lama2 tau2 FB saya normal lagi

    • Saya juga relatif jarang buka fb kok, Pak, paling sekedar approve permintaan menjadi teman, hanya pagi tadi sy lagi sial kali. Utk komen skrg dah normal, tapi ada keanehan di pc waktu booting awal.

  4. wah thnks ya pa guru bwt infonya,,,,

  5. Biasanya akun si pengirim itu telah di-hack.😦

  6. saya salah satu korban nih…terus cara mengatasinya gimana dibiarin aja ato gimana??? thanks bantuannya

  7. Oh jadi ini yang terjadi pada Djangan Pakies… Beliau juga mengalami spt itu, Pak. Jadi, solusinya dengan scan system ya Pak?
    Makasih sharingnya..🙂

  8. jadi kudu hati2 kalau dapat link yg tak jelas ya, Pak. Gak boleh sembarangan di-klik..🙂

  9. Assalamu’alaikum Pak,
    salam silaturrahim. Saya tadi diundang mbak Reni ke sini. Kasusnya sama Pak, saya dapat pesan dari teman, karena penasaran saya klik, ternyata yang muncul bahasa dos yang ternyta itu virus robot.

  10. makasih infonya yaa..mesti hati2 nih…jgn asal klik

  11. makasih pak atas infonya….

    memang akhir2 ini banyak link2 gak jelas yang dateng dari fitur chat…..

  12. saya juga dapet link2 yang gak jelas, karena yang ngirim temen saya kita mau nunjukin apa, tapi ternyata begitu di bka, secra otomatis nge post ke contack temen2 yang lain.. langsung saya post chat confirmasi bahwa itu virus… akhirnya 2 hari kemudian PC sya windowsnya corup.. akhrnya terpaksa dech di instal ulang…….. huhhhhhhhhhhhhhfffffffffff kesel bangel rasanya….

Komentar ditutup.

