Membuat Identitas ‘Author’ dengan Mengustomisasi Menu Klik Kanan pada Flash Movie

Bongkar rahasia. Beberapa (tidak semua) multimedia pembelajaran buatan saya, termasuk yang dapat anda download di blog ini, pada bagian tertentu sebenarnya saya sisipi kode tersembunyi (dalam movieclip kosong). Kode itu berisi identitas saya yang akan terbaca saat anda melakukan klik kanan saat menjalankan media tersebut. Identitas tersembunyi tersebut kadang saya taruh di awal, tengah, atau akhir saja. Juga tidak jarang saya taruh mulai awal hingga akhir. Maka anda harus jeli jika hendak membongkar dan melakukan editing.

Inilah salah satu tampilan menu klik kanan yang telah saya modifikasi dan saya beri identitas saya yang jika terkoneksi internet dan diklik akan membuka blog ecek-ecek saya ini, tunggu proses buffering beberapa saat …

Bandingkan, di bawah ini adalah tampilan menu klik kanan secara default .

Untuk memodifikasi tampilan menu klik kanan tersebut, cukup berikan actionscript tertentu pada dokumen flash anda di awal frame utama (bisa juga diletakkan pada frame dalam suatu movieclip). Penasaran dengan actionscript-nya? Download saja contoh fla-nya di SINI (hanya 60 kb) dan lakukan sedikit edit.

NB: Actionscript tersebut hanya berlaku jika anda menggunakan ActionScript 2.0 pada Flash MX 2004 (Flash 7) atau di atasnya.

Semoga bermanfaat. Salam kreatif…!

33 Tanggapan

  1. mantab pak… tutorialnya kemarin saya prktikan.. suwun pak

  2. berarti bisa untuk memperkenalkan kepada bapak ibu guru yang memakai multimedia bikinan kita. makasih sharrenya Pak

  3. Tujune aku durung tau copy paste Pak…😀

  4. saya dulu pernah unduh punya pak animhadi, we… ladhalah kok di tengah-tengah muncul nama beliau.. untung saya sampaikan bahwa ini hasil unduhan

  5. Kreatif sekali!
    Saya sudah coba klik kanannya…duh, canggih banget😀

  6. keren pak,semoga saya bisa memperaktekannya.
    terima kasih pak ilmunya.

  7. bagus juga pak,, walau aku gak ngerti .. heheh

    salam sukses 🙂

  8. hii salam kenal iya dari vira ..🙂
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 … ^_^ good luck iya…..

  9. ilmu yang bermanfaat pak guru

  10. Pak Mursyid memang kreatif banget. Terima kasih ilmunya, Pak.

  11. Turut manggut2, Pak…
    Semoga terus berkarya dan membagi-baginya ke orang lain ya, Pak😀

  12. makin keren aja pak,,,,
    buat tambahan pengetahuan dulu aja buat saya ya pak, belum bisa mraktekin langsung soalnya..😀

  13. Assalaamu’alaikum wr.wb, sahabat guru, Pak MM.ursyid..

    Alhamdulillah, bisa kemari membalas kunjungan di lebaran yang lalu. Maaf kalau telat mas. Harap kehadiran di pertengahan Syawal ini bisa menjernihkan silaturahminya. Semoga ibadah di ramadhan yang lalu akan diganjari Allah semuanya.

    Sangat mengkagumkan atas usaha multimedia yang terhasil. Mungkin mudah bagi Pak Mursyid yang sudah mahir tentangnya berbanding saya yang harus memahami secara perlahan2. Semoga usahanya memberi manfaat buat semua. Sayang sekali saya sudah coba klik kanan, tapi tidak bisa. Ada apa masalahnya ya ? Akan dicoba lagi.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  14. Wow… bisa untuk promosi gratis kalau banyak yang ngunduh

  15. Wah kalo pak M.Mursyid ada dikota saya , pasti saya akan kursus private dg bapak, seandainya semua guru sekreatif Bapak….o ya pak, maaf link blog bapak, ana pasang di blog ana, bila berkenan link blog darussalam jg bisa dipasang disini, matur nuwun sadurunge

  16. Silaturahmi pak Mursyid…
    Wah, thanks atas postingan di atas.

  17. Salam, Tutorialnya praktis dan membantu sangat.
    terimaksih.
    saya punya permasalahan, bagaimana menempatkan posisi/koordinat movieclip external di stage (actionscript set property nya bagaimana?) actionscript 2.0 (flash 8)

  18. pak mursyid nie fila
    pak saya sebagai calon guru sangat terkesan dengan ide2 yang bapak buat, . kalau ada waktu bisa bapak mengajari saya agar menjadi guru yang kreatif seperti bapak,, terima kasih sebelumnya

Komentar ditutup.

