Menggunakan Action Script Loadmovie_Level dan Loadmovie_Target pada Flash

Membuat media pembelajaran berbasis Flash yang utuh kadang terlalu rumit jika hanya dikemas dalam satu file. Menyiasati masalah seperti ini anda bisa mengemas multimedia pembelajaran yang anda buat terdiri dari beberapa file (swf) yang saling bertautan dengan Action Script loadmovie_level atau loadmovie_target. Hal ini juga relatif akan mempermudah dalam melakukan peng-edit-an.

Bagi teman-teman yang masih mengalami kesulitan mengenai bagaimana cara memanggil file swf lain, silahkan ikuti tutorial sangat sederhana ini.

File yang saya tutorialkan dapat anda download di SINI. Semoga bermanfaat.

48 Tanggapan

  1. tambah satu lagi ilmu tentang flash….
    langsung minta izin download Pak…

  2. Ngisi absen pak guru,,,,hehehe gimana kabarnya,,,,,?

  3. Saya juga mau ngisi absen biar nggak kalah sama Mas Arief Bayu hehe..

    Selalu berbagi ilmu, itu yang jempolan dari blognya Pak Guru. Salam hangat..

  4. Terima kasih infonya dan kemurahan Bapak untuk berbagi ilmu.
    Salam kekerabatan.

  5. Wah… jadi inget waktu sekolah nih, Pak Guru…
    kebetulan saya dulu sekolah jurusan IT..he..he..

    Terimakasih banyak atas ilmunya.. ^_

  6. Flash lagi. Wah, Pak kapan bisa belajar rutin ya. Dulu hanya beberapa jam. Hasilnya mengirap semua

  7. Ngisi absen sekalian unduh pa🙂

    makasih

  8. haduh aku ga ngerti masalah FLASH cuma suka aja liatnya seru!!

  9. makasih pak.. semoga menjadi berkah… lgsg download ^^

  10. Wew… dulu saya pernah mecobanya pak, tapi gak berhasil…
    file yang mau di load kan harus dalam 1 folder kan? tak tetep gk berhasil, padahal scriptnya udah sesuai aturan loh… hihi…🙂

    • Kalau bener2 sesuai aturan mestinya berhasil. File yang di-load bisa juga di taruh di folder tersendiri, tentunya ada tambahan scriptnya.

  11. Terimakasih banyak atas ilmu flashnya, Sir…
    kalau boleh request, posting cara bikin banner keren pake flash dong Sir..

    Thanks..😀

  12. trimakasih banget boz…. q jd + pntr nh….
    heeheeehee….

  13. Biasanya saya cuma pake UI component aja, yaitu loader atau scroll pane. Namun ada problem yg masih mengganjal, yaitu sound yang ada pada swf tidak keluar saat di-load pada movie utama. Suara akan keluar jika file sound dimasukkan ke library movie utama. Namun jika sudah di publish ke exe, maka ada delay antara sound narasi dan movie. Movie masih jalan namun sound narasinya sudah selesai. Barangkali Pak Mursyid punya solusi.
    Satu lagi, kenapa menu carousel (seperti pada LOAD MEDIA yang punya njenengan itu, yg laptop berputar) tidak boleh diikutkan lomba? Kebetulan sudah bisa aku modifikasi sendiri. Padahal kalo diikutkan ‘kan keren, Pak. Toh nanti sumbernya bisa dicantumkan dlm menu referensi, jd ga melanggar hak cipta. Meskipun saya cuma tingkat SD, namun juga pingin tampil exceptional.

    • Kalau terjadi sound terlambat, itu mgkn sound atau swf-nya terlalu besar size-nya atau bisa jadi karena ada animasi tween yg jg terlalu besar ukurannya sehingga mempengaruhi loading.
      Masalah menu carousel, kalau hanya dimodifikasi lalu diikutkan lomba justru bisa jadi bumerang karena orisinalitasnya jadi kurang. Lain halnya kalau hasil buatan sendiri dan scriptnya saja yang diadopsi, itupun usahakan faham betul action scriptnya kalau2 ditanyakan oleh yuri.

  14. saya mau download pak tutorial ini tapi kok cuma 2kb yaa.???

  15. Untuk hal2 seperti ini saya tak menguasai pak, tapi untuk pengetahuan boleh juga tuh informasinya.

  16. domain yang gak berani saya jamah iki.. takut makin gak mudheng.. saya izin nyimak aja deh mas🙂

  17. Pernah coba memakai flash sebagai media untuk presentasi, tapi wah kok susah ya …..

  18. Marhaban Ya.. Ramadhan… Kami keluarga Besar MI Islamiyah Alwathaniyah mengucapkan mohon maaf apabila terdapat salah dan khilaf dalam penyambutan di blog kami. Selamat menunaikan Ibadah Puasa.. Semoga kita semakin sehat dan selalu mendapat berkah.. Amin…

    Maaf udah lama banget tidak berkunjung..🙂

  19. Pak, mau tanya. Saya download dari situs Flashmo.com yang berisi template web yg dibuat dg flash CS3. Bagus-bagus banget, animasinya keren. Namun kebanyakan menggunakan action script 3.0, saya jd kesulitan mengeditnya karena ternyata AS 3.0 berbeda jauh dengan AS 2.0. Apakah njenengan sudah mulai bermigrasi ke AS 3.0 ? Kalau njenengan sudah menguasai, saya ingin belajar AS 3.0 pak, barangkali mau berbagi.
    Terimakasih sebelumnya…..

  20. salam kenal Pak, blog yang bagus, kunjung balik ya di http://www.blog.ardansirodjuddin.com, matur nuwun

  21. Saya dan kekuarga di Kuningan menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Maaf lahir-batin

  22. Permisi mundut Video Tutorial Flash, matur nuwun

  23. Halo bg Mursyid, numpang tanya gimana caranya ngelink selain ke swf pada flash 8 misalnya mau ngelink ke teks word atau dalam format yang lain.

Komentar ditutup.

