Membuat Simulasi ‘Drag and Drop’ dengan Flash

Mengabulkan permintaan beberapa teman guru yang berminat mengembangkan multimedia pembelajaran, berikut ini saya post sebuah video tutorial sangat sederhana tentang bagaimana membuat kuis/simulasi ‘Drag and Drop’ dengan Flash. Membuat simulasi Drag and Drop sesungguhnya memang termasuk tingkatan pekerjaan yang cukup complicated, maka sebaiknya sebelum  anda membuat simulasi jenis ini anda sudah menguasai dulu pembuatan kuis pilihan ganda dan uraian yang relatif lebih sederhana. Itulah alasan saya mengapa baru sekarang tutorial ini saya share menyusul beberapa tutorial yang sudah saya post sebelumnya.

Source Code (fla) yang saya tutorialkan dapat anda download di SINI. Silahkan dibongkar dan dimodifikasi.

Untuk mengikuti tutorial yang lain silahkan menuju halaman Tutorial blog ini.

44 Tanggapan

  1. Makasih bos informasinya ya..

  2. geleng2 karena ga mudeng pak..😀

    dulu pernah belajar flas scara otodidak, ya lumayanlah untuk tahap perkenalan sih sedikit paham. Tapi sayangnya abis itu berhenti ga berlanjur, jadinya lupa semuanya deh pak..

  3. Sebenernya saya ingin belajar pak, tapi tutorial kuis kemarin aja saya gak berhasil buat. hihi…
    Kalo ada waktu saya coba lagi ah..🙂

  4. nampaknya bagus nih, bleh ikutan duduk pak, saya mau ikutan bljar ah.. bleh y..

  5. Pak Mursyid selain pintar juga baik hati berbagi ke semua orang…

  6. Bingung Pak..
    Basicnya harus belajar apa dulu nih Pak?

  7. komentar anonymous diatas di gosok aja pak.. he..he
    karena terburu2 download dan penasaran karena ini yang ku tunggu2… jadi lupa pasang email dan url blog
    siip pak nambah ilmu lagi dan tak lupa izin download tentunya

  8. Pernah belajar flash beberapa tahun yang lalu, tapi karena gak dipake ya lupa semua….

  9. ayo yang mau membuat simulasi drag and drop, bagus nih tutornya

  10. download tutorialnya ahh.. hehehe.. lagi seneng download apa aja nih pak.. mumpung akses lagi ok..🙂

  11. wah mantab gan….
    kapan2 coba ahh…
    kunjung2 balik yee…:D

  12. tutorialnya mantab pak, lebih banyak tutorial lagi dibagikan untuk latihan blogger. hehe, biar gak gaptek ntar.

  13. Halo, Pak Mursyid kalo ada source code teks berjalan tak tunggu. salam hangat dari madura …!

    • pak mursyid : bagus tutorialnya

      pak Anonymous dari madura:
      maaf mas…. baru dengar kalaw ada source code teks berjalan kenapa gak dibuat teks nya jadi movie clip terus dijananin… lebih simple tanpa harus pakai action scripth lihat disini :

      pustaka flash – efek marque

  14. wah bisa belajar banyak nih sama pak mursyid, trimakasih ilmunya🙂

  15. Salut bener saya sama postingan ini, mau saya unduh videonya belum berhasil, ijin unduh untuk kemudian hari.

    salam

  16. wah info bagus ini, nambah nambah ilmu🙂

  17. Script-nya kok rumit banget Pak? Ada yang lebih ringkas ?

  18. Assalamu’alaikum mas, p kbr e, mdh2an sllu sehat, mas sy mau tanya, bisa nggak flash memanggi program di luar flash tp masih satu folder dg kerjaan flash kita, misalnya file exe yang lain, sy coba pake script = get Url hasilnya kadang mau kadang enggak…, gmn mas solusinya… ? trims atas pencerahannya.. Taufik Fajar(Lampung)

  19. …hehe klo sy belum coba utak atik flash…tulisan Mas Mursyid membuatku jadi ingin belajar flash nih..nice post…thanks for sharing

  20. Terimakasih banyak pak atas tutorialnya,.
    Semoga menjadi pahala ilmu yang tidak akan pernah putus”,. Amien 😀

  21. thanks tutorialnya,,,
    saya mau tanya kalau mau bikin animasi kaya buku yang bisa di drag / tarik bagaimana caranya ya ??
    Tolong ya, di tunggu kl bisa caranya di kirim email ke ezingreaf@gmail.com

    Thank ya …..

  22. wah makin jauh aja pak ketertinggalan saya, semoga ada kesempatan mencoba tutorialnya..,
    kalo boleh tau, belajar flash dasar apa meski melalui pelatihan? sberapa sulitkah dipelajari otodidaknya.? makasih pak.. met puasa Ramadln.. wasalam

    • Pertama dulu meguru pada teman, kemudian banyak latihan and beli buku-buku seputar flash. Kalau otodidak murni nampaknya terlalu sulit. Sebaiknya utk belajar flash, cari teman yang dah mending bisa diajak sharing.

Komentar ditutup.

