Membuat Background Musik ‘Play Across Slides’ di Powerpoint 2007

Tulisan ini saya post guna menjawab pertanyaan dari beberapa teman yang saya terima melalui email dan SMS yang menanyakan bagaiamana cara membuat agar background musik terus berjalan (loop) pada saat presentasi dengan powerpoint 2007, maksudnya musik terus berjalan saat berganti-ganti slide.

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini perlu saya tegaskan bahwa kita harus berhati-hati dalam menentukan apakah kita perlu atau tidak menyertakan suatu musik sebagai background pada media presentasi kita. Jangan sampai musik tersebut justru akan mengganggu jalannya presentasi. Kalau memang dianggap perlu, kita harus jeli dalam memilih jenis musik tersebut. Kita juga harus memastikan bahwa volume musik tidak terlalu tinggi (samar-samar saja).

Langkah Membuat Membuat Background Musik

  • Klik menu Insert – Sound – Sound from File (pilih salah satu musik yang ada di komputer) – OK. Pada kotak dialog ‘How do you want …?’, pilih ‘Automatically’.

  • Klik icon sound (gambar speaker kuning), pastikan Sound Tool Options seperti gambar di bawah ini.

  • Selesai

42 Tanggapan

  1. Makasih Ilmunya Pak Guru🙂

  2. info yang bermanfaat…
    thanks Pak Guru..

  3. Wah bisa langsung saya praktekkan entar pak guru……….hehehehe

  4. jadi tidak hanya flash aja yg bisa disisipi sound
    ………. SIIP postingan yg menggugah saya tuk smangat otak-atik powerpoint lagi

  5. mampir pak Mursyid.. dah kangen ora nruput kopi disini

  6. Sound-nya harus yang *.wav kan, Pak?

  7. trims tipsnya. lha kalo misal ada 15 slide tapi kita pake hanya 1 file musik saja prosesnya bgm? apa sama?

  8. Betul pak, kita harus selektif dalam menggunakan back sound, dari pada malah memecah konsentrasi dalam mencermati materi …

  9. Pak.kalau musiknya macam2 bisa?…salam dari pak guru di Medan…

    • Mohon ijin Pak Mursyid, saya jadi tergelitik untuk langsung praktik. Alhamdulillah sukses, bisa untuk beberapa lagu juga tapi kita buat dulu playlist-nya di winamp baru di-insert di ppt. Coba deh, Pak Guru Igunkc🙂

      • Kalau menggunakan playlist winamp, bisa muncul masalah ketika presentasinya menggunakan komputer lain yang tidak terisnstall winamp, Mas, misal dalam event lomba. Dalam lomba, komputer yang digunakan ya komputer yang disediakan panitia, tidak boleh dengan komputer sendiri. Untuk ngatasi masalah ini ya kalau kita menghendaki beberapa lagu/musik menjadi backsound, kita harus rangkai dulu lagu2 tersebut dengan software sound editor semacam cool edit pro. Dan jangan lupa mengikutsertakan file musiknya ketika akan dipaket ke cd atau dikopi ke flashdisk.

  10. Bener-bener, maksudnya baik, kadang mengganggun, dan saya menggunakan sound pada sesi penutup saja biasanya kang Guru

    • Ya, Mas. Khusus untuk presentasi, back sound musik sebaiknya pada awal dan akhir saja. Tetapi kini guru juga banyak mengembangkan media pembelajaran mandiri untuk siswanya dengan powerpoint ini. Untuk media pembelajaran mandiri, back sound musik kadang diperlukan, tapi ya harus hati2, jangan sampai justru malah mengganggu.

  11. maap pak guru… ane jarang masuk kelas… lagi sibuk kontes truss kemaren :D~

    (skrang sibuk Ofline ^____^)

    sukses truss pak

  12. Pak Guru, Ini cocok untuk presentasi, motivasi yang memerlukan alunan suara seperti Quantum iklhlas. Tapi sayang suara itu belum bisa saya kopi ke komputer, hanya di CD.

  13. wah, saya harus mengangguk2 terkesima setiap masuk sini.
    selalu ada yang baru dan pastinya bermanfaat.
    best regard,
    salam hangat, bangauputih ^_^

  14. Terima kasih ilmunya. Saya akan mempraktekannya.

  15. sip deh pak🙂

  16. jadi tambah lagi ilmunya ini …
    media pembelajarannya ok semua … sudah sy download semua… n very usefulllllllllllll

    pingin juga ngedownload ilmunya Pak Murshid tapi caranya yang gampang ndak ada .. hehehe…

    Terimakasih Sekalai Pak Mursyid

  17. asslamu’alaikum pak guru….
    aku pimjam ya, ……akan kubaca membuat

  18. Nah… di kampus saya… kalo bikin presentasi pake suara macam gini, dibilang “gak guna” sama dosen penguji…:mrgreen:
    “Itu berlebihan. Simpel aja, yang penting materinya, substansinya.” Gitu kata sang dosen.😀

    • Bener and sepakat banget ma si dosen, utk presentasi memang umumnya gak perlu pake background suara. Tapi perlu diketahui bhw powerpoint kini sering juga digunakan utk mengemas media pembelajaran mandiri buat siswa belajar di rumah. Utk media pembelajaran mandiri spt itu kalau pinter ngelolanya background musik bisa membuat belajar mengasyikkan, mas.

  19. Alhamdulillah ilmu yang bermanfaat , Salam kenal Saya dari Sorong Papua Barat

  20. Alhamdulillah ilmu yang bermanfaat , Salam kenal Saya dari Sorong Papua Barat

  21. om aku mau tanya
    kalo misal kita safe langsung jadi slide shownya itu sudah di sisipkan lagu

    tapi posisinya di share ko lagu nya ga bisa yaaa apa memang harus jadi satu paket sama lagunya yaa

Komentar ditutup.

