We are the World – Media Presentasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Masih jelas di ingatan kita ketika seorang Michael Jackson yang masih muda berhasil merangkul seluruh artis penyanyi senior Amerika dalam misi kemanusiaannya “USA for Africa” melalui sebuah lagu – We are the World. Hingga kini lagu inipun kadang masih kita dengar sebagai musik latar yang digunakan oleh pengelola media komunikasi elektronik dalam memberitakan suasana duka lara akibat bencana. Sedemikian inspiratifnya lagu tersebut sehingga saya mengangkatnya sebagai salah satu koleksi media bagi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris melalui sebuah lagu.

Sebagai gambaran singkat bagaimana media tersebut saya implementasikan, pertama siswa saya ajak mendiskusikan (tanya jawab) kosa kata kunci dari lirik lagunya, baru kemudian saya perdengarkan musiknya secara utuh sambil menayangkan lirik lagu di mana beberapa katanya saya hilangkan.

Bagi yang tertarik dengan media pembelajaran yang saya kemas dengan Adobe Flash ini, silahkan mengunduhnya di SINI (*rar 7.3 Mb).

40 Tanggapan

  1. Wah, jadi ingat skripsi, saya juga membuat media pembelajaran tetapi matematika, nanti saya share jika sudah jadi..

  2. Belajar sambil bernyanyi memang mengasyikkan🙂

  3. wah… jadi tambah i,mu nich… belajar sama om mursyid… makasi’

  4. waduh.. ane paling takut belajar mtk ma Bahasa inggris… masalahnya ane cadel.. ^__^ klo baca sering di ledekin temen- ^___^

  5. Terima kasih atas sharenya

  6. wah.. mantap ini.. bisa gk ya diterapkan untuk anak setingkat sd.. but ijin unduh dulu pak buat koleksi..😀

    • Untuk SD nampaknya ya keberaten, Pak. Mungkin yang cocok ‘A Song for the Children’ yang juga dapat diunduh di halaman Download blog ini.
      O Ya, Media ‘We are the World’ yang ini masih ada beberpa yg perlu diperbaiki, terutama pada kosakata di hal awal. Insya Allah nanti malam versi yang fixed dapat sy upload.

  7. ijin download pak….
    semoga media pembelajarannya mendapatkan balasan dari Nya… dan dicatat sebagai amal jariyahh..
    (walah… kayak nyari sumbangan saja)

  8. 🙂 wah, ini namanya belajar yang menyenangkan.

    its a very nice song.. dan saya hapal persis.

    salam kenal pak.

  9. pengen diajarin bahasa inggris juga… coba download deh…

  10. saya sering donlot tapi jarang kepakai pak, soale temen guru bahasa inggris yang tak donlotkan gak pernah buka, akhirnya hanya mengucapkan terima kasih saja lah untuk bapak yang selalu kreatif membuat media pembelajaran

    • Setidaknya saya telah berusaha berbagi, Pak. Saya juga tidak selalu menggunakan media TIK dalam mengajar. TIK bukan segala-galanya, tetapi sungguh sayang kalau di zaman teknologi secanggih ini guru tidak bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk memudahkan pekerjaannya. Kini sudah cukup banyak guru yang ngalor ngidul nenteng laptop, tapi kebanyakan masih sebatas untuk keperluan pekerjaan administrasi, belum sampai memanfaatkannya untuk berinovasi. Itupun sudah mending, karena sebagian besar guru kita masih gaptek sama sekali.

  11. Ketika teman guru Bahasa Inggris di sekolah saya memanfaatkan lagu itu untuk pembelajaran di kelas, memang sungguh menarik minat anak-anak, Pak. Anak-anak turut menyanyi dan terlihat begitu menghayati.
    Salam kekerabatan.

    • Barusan, tadi pagi, saya juga menggunakan media tersebut. Kejadiannya mirip seperti yang Bapak katakan di atas. Tanpa saya komando saja anak2 jadi ikut bernyanyi sendiri. Bukankah ini menandakan bahwa mereka suka?

  12. Saya juga guru, berurusan dengan anak 1-4 tahun. Ada belajar nyanyinya juga di sekolah. Tapi saya pribadi suka nyanyi, saya betulin pronounciation dari nyanyiin lagu. We are the world dan Heronya Mariah Carey adalah termasuk favorit yang saya hapalkan. Ma kasih nih, tulisannya inspiratif…

  13. untuk belajar listening, beberapa lagu yg diminta temanku yg seorg guru, ‘beautiful girl’ dari jose mari chan, sama rick price hmmm, apa judulnya? saya lupa🙄

  14. kunjungan ke dua pak…
    ane murit yang rajin nee ^___^

    (kayana bapak lagi sibuk … murit udah ga sabar mau belajar lagi )

  15. berunglah yang sudah bisa bahasa inggris…
    bisa untuk motivasi mata pelajaran yang lain . terimakasih pak
    salam rahayu …..

  16. Terimakasih Pak telah berbagi mantap

  17. Saya simak dahulu Pak

  18. Selamat siang, ada award buat blog ini silakan ambil di
    http://adecheeruna.wordpress.com/2011/02/13/1366/

    Trim’s.

  19. Membaca tulisan ini saya jadi ingat jaman sekolah. waktu itu masing2 murid disuruh menghapalkan rumus kimia. Dan kita menggunakan metode singkatan untuk memudahkan. Begitu juga saat menghafal 25 nama2 Nabi, saya pake metode lagu. jadi, kedua puluh lima nama tersebut saya ucapkan lewat nada. Hasilnya, top cer.. Metode2 seperti inilah yang mempermudah kita mempelajari bahasa inggris; Ohya, selamat berhari minggu ya pak guru;

  20. Subhanallah…….dulu saya pernah belajar flash dikit…tapi ndak diterusin…..semoga semakin berkah Pakdhe

  21. hehehe bener pak selain dr lagu saya sering belajar pake film yang berbahasa inggris hehee
    makasih pak.. sekarang mah siswa lebih enak diajara kaya begini drpada cuma tatap muka bikin ngantuk hihi

  22. yups emang belajar bhs inggris biar cpet bisa pertama kita hrus suka nyanyi & ke 2 ska filmnya yg berbahas inggris, pzti dch lama2 bisa,,,

  23. Thanks pak, salam kenal dari saya

  24. Pak…, salam kenal. Saya sangat menyukai dan sangat mengagumi blog Bapak.
    Kalau boleh tahu, apakah di blog Bapak ini menyediakan Adobe CS3 untuk dapat diinstall?

Komentar ditutup.

