A Song for the Children – Media Presentasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Untuk selingan, semacam Ice Breaker, dalam mengajar bahasa Inggris kadang saya menggunakan lagu sebagai media pembelajaran. Setidaknya saya sudah berusaha untuk membuat suasana belajar siswa menyenangkan dengan memanfaatkan sarana TIK yang tersedia.

Kali ini lagu yang saya gunakan adalah sebuah lagu lama ‘A Song for the Children’ yang dipopulerkan oleh Oscar Harris di tahun 80-an, sekalian untuk bernostalgia. Selain bernuansa ceria, tema lagu ini juga sangat pas dengan  usia siswa SMP. Berikut previev dari media tersebut. (Tunggu beberapa saat)

Media pembelajaran ini dapat juga diunduh di SINI. Semoga bermanfaat. Untuk mengunduh beberapa media pembelajaran saya yang lain silahkan menuju halaman Download Blog ini.

38 Tanggapan

  1. Iya, pak. Lagunya yang lagu Inggris asli. Bukan lagu indonesia tapi di-inggriskan. Soalnya di LKS bikinan KKG B.Inggrs Kab Pkl banyak lagu yg kaya itu.

  2. Selamat hari minggu, selamat berlibur pekan bersama keluarga tercinta …
    wah saya ingat sekali dengan lagu itu pak …
    loadingnya cukup lama juga yah pak .. sambil menunggu loading .. sambil BW ke blog sahabat yang lain …

  3. Song for the children itu favorit saya ketika saya masih muda,
    Ijin unduh untuk bernostalgia🙂

  4. iya om, dulu waktu saya sekolah di sma juga gitu. suruh nyanyi bahasa inggris padahal nyanyi pop indo aja gak bisa kok malah suruh nyanyi inggris

    • Saya gak pernah nyuruh siswa nyayi scr individual, dan menyanyi ini bukan untuk dinilai nyanyinya, melainkan belajar b inggris melalui liriknya. Siswa umumnya senang, buktinya tanpa saya suruh2pun mulut mereka menirukan nyanyiannya sendiri.

  5. Kenangan Hehe…, saya suka lagu Wali yang Cari Jodoh itu dalam bahasa inggris😀 Minggu ini main ke bandung😀

  6. Enak sekali lagunya pak. Ntar saya kasih ke rekan guru bahasa inggris

  7. Ada tugas untuk mengartikan lagu itu gak pak? hehe…
    Salam kenal pak Mursyid. Kunjungan pertama…

  8. sekedar berangan-angan nih pak Guru…sebelum angan-angan itu di larang…
    _________________________________________
    ketika membaca artikel ini,angan saya kembali hidup.dulu saya pernah usul ke komite sekolah..bagaimana jika sisa dana iuran wali murid di belikan proyektor dan netbook,jadi untuk proses belajar mengajar bisa lebih efektif dan IT bukan barang langka bagi siswa…
    cukup besar sisa dana iurannya pak,sekitar 87juta..

    estimasi saya,dengan uang segitu sudah bisa mendapat 6 proyektor dan 6 netbook,tapi sepertinya sang kepala sekolah kurang berkenan dengan usulan saya,malah lebih memprioritaskan renovasi toilet dan membuat 3 toilet lagi dan 1 toilet di ruang kepala sekolah..capek deh kalau ketemu kepsek tukang beol,di ruangannya saja minta toilet,koq kayak di hotel…

    dan memang akhirnya membeli juga komputer,tapi yang di beli malah komputer jadul,pentium 3,udah gitu bilangnya komputer baru dan teknologi terbaru..lha..2011 mana ada pentium 3 new?..mark up yang jelas kentara,kalau yang di bilangin orang umur 90tahun mungkin percaya kalau itu komputer baru dengan teknolgi terbaru…

    pernah saya utarakan untuk sekedar mencoba komputer yang katanya baru,padahal pentium 3,eh malah di jawab ‘masih dalam proses maintenance’..komputer baru koq masih minta maintenance,dasar kepsek koruptor,ketika saya tanya berapa harganya,i1unit kena 6 juta…wah sableng tuh kepsek…

    setelah saya investigasi di mana komputer itu di dapat,walah,ternyata suplier komputer yg di maksud adalah tikang servis printer dan komputer bekas,bukan suplier komputer yang kredibel,betul-betul sableng nih kepsek..dan ternyata komputer harga per unit cuman 1,2jt..gila,banyak banget korupsinya tuh kepsek..

    dan akibat kevokalan saya terhadap kebijakan sekolah yang cenderung korup,berimbas pada anak,anak saya seperti di kucilkan dari lingkup sekolah,dasar kepsek gebleg…

    jika saja Indonesia mempunyai 1000 kepsek yang model kayak gini,model koruptor,di jamin Indonesia akan tetap tertinggal dan selamanya akan menjadi negara berkembang saja…

    • Miris banget membaca komen panjenengan ini. Terus terang saya ikut gemessss….! Hem…h. Kepala sekolah model kaya gitu saya setuju banget kalau segera dieliminasi sebelum semakin menjadi-jadi.
      Perlu njenengan ketahui, Sekolah saya juga masih jauh dari kategori ideal dalam hal perlengkapan IT. Tetapi kalau hanya laptop dan projector, sebelum sekolah-sekolah besar pada punya, dulu saya minta diprioritaskan dan alhamdulillah kabul. Kebetulan waktu itu kepala sekolah saya minded juga dengan teknologi. Yang kini memprihatinkan komputer untuk praktek siswa yang kini hanya beberapa saja yang bisa dioperasikan karena dah dimakan usia.
      Yang penting, tetap semangat, Pak. Dan semoga segera memperoleh kepala sekolah pengganti yang lebih memiliki hati nurani dan peduli serta tanggap akan teknologi.
      Salam…!

      • saya mungkin lebih sadis lagi
        bayangin…saya harus beli proyektor, laptop sendiri, bahkan saya sesekali membawa genset ketika mati lampu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan siswa… sekaranng sudah ada lab komputer…ada yang cerita KS telah mengambil uang untuk lab kom 12juta…saya gak ngerti… tapi biarlah

  9. thanks bos

  10. Kang, ada lanjutan kisah Dasrun disini
    http://sedjatee.wordpress.com/2011/01/31/dasrun-lunasi-atau-pergi/
    silakan dicermati
    salam sukses..

    sedj

  11. Selamat malam pak …
    lagunya oke sekali pak .. wah malam ini loadingnya cepat pak tidak seperti malam kemaren ….

  12. Saya jadi ingat waktu sekolah dan kursus dulu. Lagu-lagu berbahasa inggris dipelajari artinya dan tentu saja pelafalannya🙂
    Sukses terus ya, Pak🙂

  13. saya rasa inovasi sangat perlu pak dalam pembelajaran agar anak tidak jenuh namun ada rasa senang saat mengikuti kegiatan. Membangun suasana merupakan hal pokok agar materi bisa masuk dan terekam dalam waktu lama

  14. Belajar sekaligus relaksasi dan meningkatkan semangat, mengapa tidak.

  15. Pak, website jurnal fortuna tiap kali di klik yang muncul selalu : THIS ACCOUNT HAS BEEN SUSPENDED.
    Something wrong…??

  16. ini sangat membantu saya pak sebagai guru bhs inggris oh iya yang the end of the world sudah saya pergunakan kemarin meski masih pakai media sederhana belum pake proyektor

  17. sangat peduli dengan pendidikan, ini nih yg mesti dicontoh.. ^^

  18. salam kenal saja dr aq nice your post

  19. Ikut donlot Pak😀

  20. Sudah sy donlot & berhasil, terima kasih pak

Komentar ditutup.

