Tips Mengelola Menu Multimedia Presentasi Pembelajaran

Guru masa kini dituntut menguasai teknologi informasi dan komunikasi guna mendukung proses pembelajaran sekaligus merupakan wujud pengembangan profesi berkelanjutan. Sebagai salah satu bentuk implementasi atas tuntutan tersebut adalah dengan mengembangkan media presentasi pembelajaran berbasis ICT. Yang menjadi masalah adalah masih terlalu sedikit guru yang telah berkesempatan untuk mengikuti pelatihan sehingga kebanyakan guru yang telah berusaha memanfaatkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah belum mampu menyusun/mengembangkan multimedia pembelajaran sebagaimana mestinya baik dalam hal interface design (desain tata letak antar muka), tata alur dan alir, maupun kelengkapan menu.

Pada tulisan ini, akan saya bahas apa dan bagaimana mestinya mengelola menu pada multimedia presentasi pembelajaran yang kita buat lengkap dengan contohnya yang dapat di-download. Multimedia pembelajaran idealnya menyediakan menu sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi, identifikasi media (judul dan sasaran) sebagai tampilan awal, yang kemudian diikuti oleh apersepsi sebagai pengantar menuju menu (sajian) utama.

Merujuk pada RPP, multimedia presentasi pembelajaran yang utuh harusnya terdiri dari menu yang meliputi:

  • Tujuan Pembelajaran~Menu Tujuan Pembelajaran terdiri dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Tujuan Pembelajaran itu sendiri. Menu Tujuan Pembelajaran ini sangat penting ditampilkan karena siswa berhak mengetahui apa tujuan mereka mempelajari materi tertentu.
  • Materi Pembelajaran~Menu Materi Pembelajaran berisi tentang sajian materi pokok. Di sinilah seorang guru harus pandai-pandai mengeksplorasi materi dengan menggunakan animasi/video, image, juga audio. Animasi/video, image, juga audio yang dimaksud adalah yang berkenaan dengan penjelasan materi dan bukan sekedar merupakan aksesoris. Jangan sampai terjadi  Animasi/video, image, juga audio justru malah akan mengaburkan materi inti yang sebenarnya. Guru juga harus tetap menjaga agar interaksi antara siswa dengan guru dan temannya tetap terjadi mengingat konsep pembelajaran masa kini mesti sudah tidak lagi menerapkan metode pembelajaran linear dan menggantikannya dengan model pembelajaran interaktif kooperatif. Perlu digarisbawahi bahwa multimedia presentasi pembelajaran adalah sekedar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, bukan menggantikan peran guru.
  • Simulasi/Latihan Soal~Ketersediaan menu Simulasi/Latihan Soal sangat penting untuk mengecek sejauh mana siswa telah menguasai materi yang dipelajari. Simulasi/Latihan soal mesti dirancang semenarik mungkin. Kalau bisa sediakan juga feedback yang konstruktif.
  • Tes/Evaluasi/Uji Kompetensi~Menu ini terdiri dari pertanyaan/soal untuk mengukur sajauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Maka soal/pertanyaan yang dibuat harus merujuk pada tujuan pembelajaran. Pada multimedia presentasi pembelajaran sebenarnya tidak perlu dengan menyajikan kuis yang dapat menghasilkan skor. Namun jika mampu membuat evaluasi yang dapat menampilakan skor atau nilai tidak ada jeleknya juga. Evaluasi yang menuntut dapat menampilkan skor adalah evaluasi pada multimedia pembelajaran mandiri.
  • Glosarium/Daftar Istilah~Menu ini berisi daftar kata/istilah penting yang perlu disangatkan dalam sajian materi.
  • Referensi~Menu Referensi berisi daftar referensi. Menyediakan menu referensi sangat penting dalam rangka untuk menghargai karya orang lain. Penulisan daftar referensi sebaiknya juga mengikuti aturan yang ada. Jika beberapa referensi diambil/diunduh dari situs di internet, sebaiknya juga di-link ke alamat situs tersebut.

Demikian sedikit tips yang dapat saya bagi. Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak sekedar berteori. Sayapun dalam membuat media pembelajaran selalu menyediakan menu seperti yang saya urai di atas. Beberapa media yang saya upload di blog ini memang tidak selengkap itu karena memang media yang saya sediakan untuk diunduh tersebut adalah versi yang sudah sangat saya sederhanakan agar ukuran file-nya bisa sekecil mungkin sehingga mudah di-upload maupun di-download.

Bagi anda yang penasaran dan membutuhkan, silahkan download template menu media yang saya buat dengan Adobe Flash CS3 di SINI, Powerpoint 2007 di SINI.

=========================================================================

Tulisan saya yang lain seputar TIK/ICT dan Multimedia Pembelajaran

79 Tanggapan

  1. wah keren banget power pointnya. Boleh saya jiplak pak? (langsung meminta tanpa aling-aling inspirasi)

  2. Keren karyanya nih Pak!

  3. Saya share di FB ah Pak😀

  4. Benar memang,Pak, masih banyak guru yang kurang memiliki akses untuk pelatihan IT sebagai media pembelajaran siswa di sekolah.

    Salam.

    • Terus terang dan sama sekali tidak bermaksud sombong, saya diikutkan pelatihan justru setelah orang mengenal saya suka berkarya dengan IT. Sebagian besar ilmu saya peroleh dari sharing dengan sesama teman sehobi dan belajar secara mandiri.

  5. pas masuk link donlot, bingung pak , yang mana harus saya pilih, soale internetnya lemot pak

    • Klik kanan saja pada screenshot di bawah, pilih Save Link As atw. Simpan Tautan dengan Nama (Kalau pakai Mozilla). Kalau pakai IE, klik kanan – Save Target As…

  6. Pak, ijin mau nge-save yang power point…
    Soalnya di kampus sering banget Denuzz presentasi ini itu lah…😀
    Makasih ya, Pak…

    Salam sayang BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  7. Power point yang bagus Pak..dan mohon izin untuk kopas.
    Salam..

  8. Langsung ke TKP …. Pak Guru

  9. makin mantap aja ilmu yang dibagikan nih Pak,,
    murid2 juga semakin mudah mencernanya tentunya,,
    sukses Pak,,

  10. Selamat Hari Sabtu … Selamat Berakhir Pekan Bersama Keluarga Tercinta …
    Izin untuk mendownloadnya pak …

  11. Sudah saya download pak .. terimakasih banyak ..
    saya mau mencoba juga nih pak .. menerapkan kepada peserta didik … biasanya membuat hanya menggunakan powerpoint. belum pernah menggunakan aplikasi lain seperti flash CS3.
    terimakasih pak …

  12. Saya mencoba download koq gak bisa ya❓ sudah klik kanan dan save link as tapi file nya koq cuma 2.5kb. Setelah dibuka blank😆 maklum aku gak ngerti masalah beginian.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  13. Dengan memanfaatkan IT akan sangat membantu para siswa dalam merengkuh impian pendidikan, ya Pak.

    Salam kekerabatan.

  14. Ass. Mas Mursyid Salam Kenal dari saya, smoga kita dapat saling berbagi. Wass

  15. Wow…cool template…Pak..

  16. Wah bagus banget pak karyanya, tapi mau meniru utk flasnya kok gak bisa ya pak, caranya bagaimana?

  17. padahal saya udan meng install adobe flash

  18. Keren Pak
    Terus berbagi untuk perbaikan pendidikan di negeri ini

  19. Dengan guru yang maju pasti menghasilkan anak didik yang maju pula, sukses Kang…saya suka banget

  20. Benar memang,Pak, masih banyak guru yang kurang memiliki akses untuk pelatihan IT …

  21. wah keren pak powerpointnya cocok nih buat saya yang pelajar

  22. Ijin mengunduh ya pak..

  23. tips yang bermanfaat…
    thanks pencerahannya
    salam sukses..

    sedj

  24. keren pak, semoga guru2 lainnya jg bisa mengikuti

  25. lmayan nih ada project adobe flashnya😀

  26. Pendidikan yang memanfaatkan IT sebagai media untuk pembejaranan, kiranya menjadikan para siswa semakin tercerahkan.

  27. Sekarang lebih banyak fasilitas y ang dapat digunakan untuk mempermudah pembelajaran. Semoga siswanya semakin cerdas🙂
    OOT: Bila Sahabat memiliki pengalaman berkesan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, silakan ikuti Kontes Aku Ingin Sehat, hanya di Try2bcoolnsmart.

  28. perpaduan sempurna antara flash dan power point… salam sukses…

  29. Hebat Pak. Saya jadi pengen balik lagi ke sekolah. Iri melihat majunya dunia pendidikan sekarang😀

  30. jadi tertarik buat power point, terinspirasi nih. Terima kasih Pak.

  31. banyak juga rupanya karya p mursyid, memudahkan saya memilh2 tutorialnya…

  32. waaaaaahhhh informasinya komplit bgt sobat……………………

  33. allow sobat…….. infonya komplit n sangat bermanfaat nich sob

  34. waaa.waaa.waaaduh kreen bangett

  35. Perlu ada keinginan bersama antara personal guru, sekolah, dan dinas untuk mewujudkan guru mengajar berbasis ICT,. apalagi mau memulai dari diri kita sudah lumayan. Makasih semua

    • Yang paling penting keinginan dari diri sendiri dulu, Pak. Itu modal utamanya. Eman-eman banget kalau laptop/komputer hanya dijadikan sebagai pengganti mesin ketik.

  36. lebih menarik presentasi disertai dengan media maksutnya multi media

  37. mantaaaap Gan…!!
    Panjengan adalah orang pertama saya kenal di IT bidang pendidikan kab. Pekalongan.
    Mari kita bangun pendidikan kab. berbasis ICT…
    ajak-ajak saya kalau ada acara/ proyek… hehehe
    kunjungi jg blog saya!
    salam

    • Saya sudah main ke blog njenengan. OK juga blognya, tapi mau kasih kementar gak bisa karena fasiltas untuk itu panjenengan matikan. Lanjutkan, Pak. Mari kita ramaikan dunia maya dengan hal2 positif.
      Salam untuk teman2 di Doro 1.

  38. Wah…kok ga bisa di-extract, Pak? tulisane “No archive found” ???????

  39. waduh, saya harus banyak belajar dari bapak🙂

Komentar ditutup.

