Permendiknas RI Nomor 45 dan 46 Tahun 2010 Tentang Kriteria Kelulusan dan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK Tahun Pelajaran 2010/2011

Informasi seputar Ujian Nasional yang akhir-akhir ini membuat penasaran para guru, siswa, dan orang tua/wali murid kini bukan wacana lagi. Memang lahirnya peraturan UN tahun 2010/2011 ini terkesan terjadi adanya tarik ulur berkepanjangan sehingga relatif juga terkesan agak terlambat. Apapun yang telah terjadi dibalik lahirnya peraturan ini, yang terpenting kini bagaimana siswa dan insan pendidik mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sehingga hasil kelulusan dapat optimal dengan tetap memegang teguh kejujuran.

Semoga pilihan pemerintah untuk tetap menyelenggarakan UN tidak salah. Silahkan bagi siapa saja yang berkepentingan dengan informasi seputar Ujian Nasional 2010/2011  download Peraturan beserta Lampirannya di bawah.

  • Permendiknas RI Nomor 46 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK Tahun Pelajaran 2010/2011 DOWNLOAD (Klik kanan –  Save Link As/Simpan Tautan dengan Nama).
  • Lampiran Permendiknas RI Nomor 46 Tahun 2010 Tanggal 31 Desember 2010 – Kisi-Kisi Ujian Nasional 2010/2011 DOWNLOAD (Klik kanan – Save Link As atau Simpan Tautan dengan Nama).
  • Permendiknas RI Nomor 45 Tahun 2010 Tentang Kriteria Kelulusan DOWNLOAD (Klik kanan – Save Link As atau Simpan Tautan dengan Nama).

61 Tanggapan

  1. what a nice posting….!!!
    permit me to download, please…🙂

  2. Apapun regulasi yang dibuat pemerintah tentang UN tdk jadi masalah karena maksudnya pasti baik, tinggal bagaimana kita menyikapinya, pada tataran mikro formal laksanakan program pelajaran tambahan sejak awal, persiapkan anak didik kita dengan baik, tingkatkan koordinasi dengan orang tua, karena berikhtiar itu wajib hukumnya , dengan persiapan yang matang, pelaksanaan bimbingan yang bertanggung jawab dengan melibatkan stakeholder, Insyaallah permasalahan akan dapat diminimalisir, bertawakallah kepada Allah.

    • Kami para guru bisa apa selain melaksanakan dengan sebaik-baiknya peraturan yang sudah ditetapkan. Semoga Tuhan melimpahkan ridlo-Nya kepada kita semua sehingga pelaksanaan dan hasil UN tahun ini tidak berbuah kontroversi.

  3. izin unduh pak, makasih

  4. thank pak.membantu sekali.

  5. Terima kasih pak sharenya

  6. JAdi pengen tau juga seperti apa isinya neh Pak😀

    • Saya jadi gak enak dengan mas Erdien karena belum sempat ngirim beberapa tutorial buatan saya padahal sebenarnya DVD dah masuk amplop and tinggal mampir kantor pos. Sabar ya, Mas.

  7. Izin numpang ikut mendownload pak …

  8. Semoga Dunia Pendidikan Kita Makin Maju Pak .. Amin.

  9. yang dari BNSP belum ada ya pak POS UN 2011

  10. klau uasbn ada tidak pak?

  11. Mudah-mudahan dengan perbaikan penentuan kelulusan ini, penilaian kita terhadap hasil belajar siswa dan kelulusan semakin objektif …salam kenal..terima kasih atas kunjungan dan komennya yang sangat bermanfaat..

  12. Salam kenal pak ^_^ trafiknya emang bagus nih

  13. Mudah2an tidak terjadi seperti jaman EBTANAS nilai raport semester 5 dan 6 bisa jadi 12.

  14. Wah ..kebetulan, saya juga menulis materi yang sama.
    Semoga UN kali ini lebih sukses tanpa ekses!

  15. Saya melihat, nilai ujian nasonal (UN) masih menjadi panglima, Pak. Jadi, menurut saya, tak jauh berbeda esensinya dengan yang kemarin-kemarin. Ya, tapi karena sudah menjadi keputusan pejabat tinggi, yang bawah tinggal mengikuti saja, ya Pak.

    Salam.

  16. matur suwun sanget pak………. informasinya sangat membantu kami…..kami tunggu info selanjutnya….

  17. Esensi dari pendidikan adalah membangun karakter manusia seutuhnya. Artinya pendidikan bukan hanya di sekolah saja. Pendidikan adalah pengalaman bagaimana menjalani hidup sebagaimana manusia yang sesuai dengan fungsinya. Salah besar kalau kita memandang pendidikan hanya ada di sekolah-sekolah. Pandangan yang mengatakan bahwa anak yang tidak lulus UN itu bodoh adalah kekeliruan yang sangat besar. UN hanya satu bagian dari uji kelayakan seorang siswa dalam menempuh pendidikan. So, UN bukan dan seharusnya jangan dijadikan syarat kelulusan. Sesungguhnya, yang berhak memutuskan lulus atau tidaknya siswa adalah sekolah itu sendiri karena mereka lebih tahu sepak terjang siswa tersebut.
    UN menghambat kreativitas guru. Bayangkan, sejak smester 2 para siswa sudah dicekoki brbagai macam soal-soal yang bikin pusing. Hal ini secara tidak langsung berefek pada sisi psikologis siswa. Mereka merasa tertekan. Dan UN mengubah pendidikan yang seharusnya menyenangkan menjadi sesuatu yang ditakuti. Ingat, beberapa tahun yang lalu ada siswa yang nekad bunuh diri karena tidak lulus UN. Sudah separah apakah tekanan psikologis mereka?
    UN juga menimbulkan kecurangan-kecurangan. Tentu masih ingat kejadian para guru digrebek Densus 88 gara-gara merubah jawaban UN siswa. Itu adalah wujud dari tekanan mental yang dialami para guru. Tidak ada yang mau mengerti, mengapa mereka berbuat spt itu. Mereka berbuat pasti ada sebabnya. Ada asap pasti ada api.
    Dan juga, bukan hak kepolisian mengrebek guru, apalagi Densus 88. Masya Allah…, memangnya guru dianggap teroris??? Itu urusan dewan kehormatan pendidikan.
    Maaf, Pak Mursyid. Bukan maksud apa-apa, hanya sekedar mengemukakan argumen. Kok saya baca komen-komen diatas ga ada yang menantang, cuma “oke”, “bagus”, “dll…”. Kalau ada yang sensitif di cut aja komen saya pak.

    Terima Kasih.

    • Komen yg ini gak ada yang perlu di-cut. Berpendapat boleh saja. Sebagai warga negara biasa sayapun gak akan bilang bahwa saya pro UN. Tapi sebagai guru saya bisa apakah selain melaksanakan yang sudah jadi aturan.
      Kadang memang terasa aneh juga, ujian SMP/SMA saja kok pakai dijaga polisi, tapi ujian S2 adem ayem saja, ya?

  18. Informasi yang sedang saya cari-cari, Alhamdulilah ketemu di sini. Terima kasih Pak, semoga sukses selalu, pendidikan kita semakin maju. Amin.

  19. numpang download yaa…. makasaih banyak….

  20. mksh ya pak u/ info un nya………..

  21. nice share pak…thanks😀

  22. Mkch telah posting hal yg bmanfaat bagi dunia pendidikan. Nunut donlot ya pak..

  23. hm… tentang UN ya… makasih pak infonya. numpang promosi acara writerpreneurship ya pak🙂 http://sadidadalila.wordpress.com/2011/01/01/teman-ikutan-yuk-d/

  24. pemula ga berani komentar apa-apa
    “cuma ijin membaca saja pak”
    =========

    Salam kenal Pak … Saya bLoger pemula. senang rasanya kalo bapak perboleh saya menjadi web sahabat bapak….

    (web bapak sudah saya addlink loh pak)

  25. numpang ijin download, thanks

  26. thanks so much for the permen

  27. semoga permendiknas bermanfaat bagi peserta ujian nasional dan termakasih atas informasi tentang permendiknas no 45 dan 46

  28. semga permendiknas bermaanfaat bagi kita semua dan terimakasih atas informasinya……ya…… semoga semua peserta ujian smp n15 lulus dengan puas………………………

  29. aq akan giat belajar dan semoga aq lulus dengan rata-rata 9,9 amiennnnnnn🙂

  30. saya baru berkunjung dan masih agak gaptek.
    bapak mapel apa ya..?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: