Membuat Media Presentasi Pembelajaran Lebih Dinamis Menggunakan Trigger

Selama memandu teman-teman guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK selama ini, hal yang paling menyolok saya temukan adalah kurangnya para guru menguasai tools/fasilitas aplikasi program presentasi (PowerPoint), meskipun beberapa dari teman-teman guru tersebut telah sering menggunakannya sebagai software andalan dalam membuat alat bantu mengajar. Sejauh ini, kebanyakan media presentasi hanya menampilkan deretan tulisan dengan animasi berlebihan yang kadang justru  mengaburkan materi inti yang sesungguhnya. Singkat cerita, computer dan projector yang hampir setiap sekolah telah miliki masih hanya difungsikan tidak lebih dari sekedar menggantikan papan tulis. Sayang, kan?

Perhatikan screenshot sample media di atas. Melihat tampilannya mungkin anda tidak akan menduga kalau media tersebut saya buat dengan powerpoint. Jika bagian kotak kosong diklik akan tampil nama dari bagian yang dimaksud. Hal itu saya buat dengan memanfaatkan fasilitas trigger yang disediakan PowerPoint.

Melengkapi fasilitas Hyperlink-nya, Trigger pada PowerPoint dapat membuat multimedia pembelajaran yang kita buat lebih dinamis, interaktif, dan menarik. Dengan trigger ini pulalah kita dapat membuat kuis yang lebih hidup. Apa itu trigger? Trigger dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘pemicu’. Pada PowerPoint, trigger merupakan obyek yang berfungsi semacam click-button (tombol klik) untuk mengendalikan kapan custom animation mulai berjalan/berhenti. Sebagai latihan dasar, jika anda mau melakukannya, ikuti langkah-langkah INI. Lebih jauh, jika anda tertarik, anda dapat mengunduh template/contoh media yang telah saya buat di SINI.

Untuk ini saya telah membuat tutorial-movie Membuat Media Pembelajaran dengan PowerPoint 2003 maupun 2007 yang telah saya paket dengan Flash. Sayang, tutorial ini tidak mungkin saya upload di internet, karena file-nya besar. Khusus teman-teman guru di Kab. Pekalongan yang berminat memiliki tutorial tersebut, silahkan menghubungi pak Muhtarom (matematika) dan atau pak Hadi Parwoto (IPA). Silahkan di-copy dan digandakan sebanyak-banyaknya untuk disebarluaskan pada teman-teman lain yang serius ingin mengembangkan multimedia pembelajaran.

87 Tanggapan

  1. saya belum pernah nyoba trigger pak, nanti akan saya pelajari file ubduhan dari sini.. makasih pak

  2. Kunjungan pagi pak, sambil baca baca dulu

  3. wah keren,,mkasih infonya pak,,
    Oia, mau tanya pak.. Gmna cara buat presentasi pembelajaran digabung sekalian sama soal latihan pake flash y?

    • Flash pada powerpoint umumnya hanya digunakan untuk animasi yang kompleks. Kalau dah lancar Flash kenapa pakai powerpoint? Tapi pertanyaan njenengan ini akan saya jadikan materi posting berikutnya. Tunggu saja ya, Mas!

  4. Saya sangat tertarik dengan media pembelajaran ini.
    Mohon bantuannya untuk dikirim ke alamat sekolah saya. Sertakan ongkos kirim dan Akun Bank kalau perlu agar usaha anda tidak siasia yang sangat saya kagumi ini.
    Alamat:
    Fredy
    Jl. Ligar Tawqwa No.2
    Komp.Bukit Ligar Bandung
    Bandung
    Indonesia

  5. nah ini yang saya tunggu. postingan yang amat bermanfaat pak

  6. Hebat memang Pak, Insya Allah saya mau main ke Karangdadap habis ulangan, semoga Bapak ada waktu

  7. saya pernah sekilas tahu bahwa ada aplikasi yang bisa convert file poerpoint ke flash.. gimana tu pak..? aplikatif ndak ya…?

    • Memang ada, tapi saya gak begitu responsive thd itu. Kalau saya buat media dg ppoint ya finishing-nya *pps. Saya sendiri sebenarnya sejak 5 th ylll dah sangat jarang pakai powerpoint. Hampir semua media saya saya buat dengan flash. Saya buat contoh dan tutorial powerpoint karena permintaan lapangan masih segitu sekaligus membuktikan bahwa dengan powerpoint pun kita dapat membuat media mengajar dengan baik.

  8. Perlu belajar berapa lama ya baru bisa,

  9. Kalau menggunakan PP Microsoft agak lebih mudheng dari menggunakan flash. Setelah tahu flash sedikit, kayaknya lebih powerfull menggunakan flash dibandingkan PP. Ada pendapat mas?

  10. sy pun sependapat dg pa aldy…flash outputnya lbh smooth…tp effort yg sdh pa mursyid lakukan sy patut acungi jempol ::the best::

    • Setelah mengenal flash saya juga dah super jarang pakai powerpoint, Mas. Sy buat contoh ppt itu untuk kepentingan teman2 yang masih belajar membuat media presentasi. Kalau langsung belajar Flash, lha malah pada takut nanti.

  11. Siip pak, kalau begini murid nya jadi semangat untuk belajar, belajar dan belajar lagi😆
    Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

  12. Proses belajar mengajar akan jadi sangat menyenangkan. Guru dapat menerangkan pelajaran dengan cara yang mudah dipahami, siswa dapat menerima dengan baik dan cepat mengerti. Penting sekali bagi para guru untuk bisa menyajikan materi pelajaran secara lebih menarik.

    Salut, Pak.🙂. Siswa-siswanya pasti enjoy saat pelajaran berlangsung ya..

  13. keren pak.. saya sudah pernah membuatnya. emang lama dan cukup sulit sih. tapi hasilnya, wow… orang tidak menyangka kalau itu hasil dari ppt.🙂

  14. kami gurdacil Pinrang baru belajar powerpoint pak , wah pak mursyid tambah jago nih presentasinya

  15. Pak, kalau semua guru sekreatif Bapak
    hebatlah pendidikan Indonesia

    Salam salut Pak

  16. Salam, kunjungan perdana.
    Power point… Pelajaran berharga neh… Makasih pelajarannya Pak..

  17. Triger di PP 2003 ada nggak pak?

  18. Maaf Saya banyak tanya ya..Pak ? Di pasaran banyak sekali software – software yang dapat digunakan untuk membuat multimedia pembelajaran selain flash, misalnya saja director. Tetapi mengapa Bapak lebih suka flash ya..????

    • Director kan juga juga product-nya Macromedia. Authorware juga. Ujung-ujungnya untuk animasi dibikinnya ya di Flash, Mas. Saya lebih suka full Flash, meski nggarapnya cukup rumit.

  19. wah semakin maju ya, apa ini ada bantuan dari pemerintah pak?

    • Sekarang memang sedang ada proyek pemerintah, kebeneran saya sering diminta menjadi nara sumber untuk ngompori para guru agar lebih akrab dengan internet dan multimedia.

  20. Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.
    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabay

  21. very nice, Berbagi itu memang sangat baik! i like it
    “sependapat : Setidaknya guru memang harus terus berinovasi agar mengajar tidak membosankan.

  22. Wah kalo saya yang mau tutorialnya, gimana cara mendapatkannya neh Pak😀

  23. Pak, saya mau tutorial yang tlah Bapak buat. Boleh? Gimana cara mendapatkannya?

  24. Semoga guru-guru ditempat kami bisa sekreatif pak mursyid. Salam inovasi..🙂

  25. dengan inovasi Pak Mursyid, kita wujudkan Pekalongan Kota BATIK (Bersama Aplikasikan Teknologi Informasi & Komunikasi) khususnya di bid pendidikan formal…Pak, omong2 saya kangen jalan2 ke Pekalongan lagi, banyak memori di sana he he he

  26. Kalo saya Murid nya pasti akan lebih terpacu tuk lebih semangat nih, jika model pembelajarannya kayak gitu.

  27. Ada ilmu baru nih, akan saya coba pak. Kebetulan saya juga belum pernah pake trigger meski selama ini saya selalu memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran.

  28. kalo semua guru cara pembelajarannya seperti ini,, ga ada lagi alasan malas untuk para murid,, semua jadi betah disekolah, berdiskusi dengan guru2nya..

  29. Kalau sy mau tutorialnya bisa ga Kang Guru, bisa ga dikirim via email?
    Terima kasih telah berbagi

  30. Siiplah … perlu dipelajari, untuk menambah wawasan dan ketrampilan membuat media pembelajaran.
    Salam dari Solo

  31. Iya pak. Saya tidak menyangka kalau gambar diatas dibuat dengan menggunakan power point. Selama ini, saya juga jika membuat sesuatu dalam power point sebatas yang standar saja, yaitu ada tulisan dan animasi2 gitu. Ternyata setelah membaca tulisan diatas, masih banyak yang saya pelajari mengenainya.

  32. belajar seperti ini memang perlu waktu dan teknis khusus ya ..
    BTW, terimaksih file gambarnya sudah disimpan.

  33. selalu menemukan gagasan kreatif disini
    salam sukses..

    sedj

  34. Alhamdulillah PPT sangat membantu saya dalam bertugas..biasanya saya menyiapkan sendiri semua presentasi saya..untuk triger sy belum pernah memakai..terima kasih sharenya..akan saya coba🙂

  35. salut deh ama pak guru satu ini🙂

  36. sy saja tidak terlalu mengusai 100% powerpoint😦

    hehehe
    masih hrs nginget2 lagi.. dan nyari2 informasi di google dulu kadang2
    or nanya2 ke temen

    hehehehe

  37. Assalaamu’alaikum sahabat guru, Pak M.Mursyid.

    Hadir untuk mengucapkan Selamat menyambut Maal Hijrah 1432.
    Semoga kehadiran tahun baru Islam akan mengorak langkah penghijrahan yang lebih bermanfaat untuk kejayaan hidup di masa depan.

    Salam keindahan Awal Muharram.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  38. Teknik presentasi masa kini semakin canggih saja ya, Pak🙂
    Saya saja nggak paham power point😀

  39. Teknologi sekarang makin canggih, rugi bila tak dimanfaatkan…

    salut buat bapak🙂 , kalau saya sering menggunakan smart map dari PP, mirip juga tuh🙂

    kunjungan balik nih, salam

  40. link blog bapak sudah terpasang di blog saya

  41. Mompreneur Class di “Kado buat Ibu”…

    I found your entry interesting thus I’ve added a Trackback to it on my weblog :)…

  42. mangtab. maaf baru bisa berkunjung balik.

  43. pak.. bisa tidak minta modul cara pembuatannya lengkap.. bagaimana cara membuat nya dari awal hingga selesai..

    • Maaf saya tidak waktu untuk membuat modul super lengkap lengkap yang secara step by step memandu dalam pembuatan media yang utuh dari awal hingga selesai. Utk membuat modul yang lengkap seperti itu tebalnya bisa satu buku, Mbak. Kalau tutorial dalam bentuk demo movie saya telah buat dalam beberapa versi. Sayang file-nya terlalu besar untuk di-upload.

  44. saya salut dengan ilmu desain grafis njenengan pak. anda banyak mengilhami karya saya. saya baru membangun blog untuk bisa share dengan teman2 di dunia maya. salam kenal dari SMP 2 Demak…

  45. oya pak bisa kasih tahu cara belajar desain yang beik dan cepat, apakah sekedar feeling, bakat atau ada yang lain. thanks pak

    • Sebenarnya, yg namanya desain tu ada ilmunya tersendiri, makanya di PT ada jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual), tp saya sendiri juga hanya ngawur mengikuti perasaan dan yang paling penting banyak surfing di internet utk melihat-lihat desain website dan game online.
      Saya pernah menulis artikel tentang peran DKV dlm pembuatan media pembelajaran. Silahkan klik di SINI utk membacanya.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: