Integrative CALL: Sebuah Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris Masa Kini

Di era teknologi informasi dan komunikasi ini komputer telah banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa dimana komputer berperan sebagai alat bantu belajar disebut CALL (Computer Assisted Language Learning). Pertanyaannya, “Sudahkah para guru dan pembelajar bahasa Inggris di Indonesia memanfaatkan peluang ini dengan baik?”

CALL pada perjalanannya telah mengalami 3 fase perkembangan:

  • Behavioristic CALL, berkembang di tahun 50 hingga 70-an, mendasarkan diri pada teori behavioristic. CALL pada masa ini lebih menekankan pada repetitive  language drills dimana komputer berperan sebagai  alat penyampai materi belajar.
  • Communicative CALL, yang berkembang di tahun 80-an, mendasarkan diri pada pendekatan komunikatif (Communicative Approach). CALL pada masa ini memfungsikan komputer sebagai tutor, stimulus, dan tool dengan maksud lebih menekankan pada pembelajar untuk menggunakan atau memahami bahasa.
  • Integrative CALL, yang kini tengah berkembang, mendasarkan diri pada pembelajaran bahasa secara terintegrasi dengan menggunakan pendekatan berbasi tugas atau proyek (Task-or-Project-Based Approach) dengan maksud untuk mengintegrasikan berbagai aspek proses pembelajaran bahasa. Integrative CALL memanfaatkan komputer multimedia dan internet.

Teknologi multimedia dengan CD-ROM mampu menampilkan aneka media seperti teks, grafik, audio, animasi, dan video. Akan tetapi perangkat lunak multimedia pembalajaran bahasa meski telah dirancang seinteraktif mungkin tetap tidak mampu menjamin interakitifitas yang sesungguhnya. Karena bahasa adalah alat komunikasi antar manusia. Beruntunglah kini tersedia komunikasi elektronik dan internet, sehingga Integrative CALL dapat menjadi lebih integratif berkenaan dengan skills (keterampilan), meaningfulness (kebermaknaan), dan komunikasi otentik.

Perlu dipertegas, internet bagi guru bahasa (apalagi bahasa Inggris) sangat menyokong pengimplementasian ‘Integrative CALL’. Contoh kecil: Saya (guru bahasa Inggris) ketika menyampaikan materi Procedure Text  pernah menugaskan siswa untuk mencari resep masakan berbahasa Inggris otentik di internet setelah sebelumnya saya ajar dan diskusikan teori dan beberapa contohnya dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang telah saya rancang sedemikian rupa. Untuk mereduksi penyalahgunaan internet oleh siswa, saya arahkan untuk mengunjungi beberapa alternative URL  (alamat) yang  saya rekomendasikan dan dikerjakan di sekolah seusai pelajaran.  Tugas yang saya berikan beserta hasil pekerjaan siswa dapat dilihat di SINI.

Implementasi Integrative CALL juga dapat dilakukan dengan bergabung dalam English Learning Forum yang banyak tersedia di internet, atau sangat memungkinkan untuk membuat forum sendiri (Cyber Learning Forum) dengan memanfaatkan Blog atau Jejaring sosial yang ada seperti Yahoo Messenger, Twitter, FB, Friendster, dan lain sebagainya yang memungkinkan guru dengan siswa dapat berinteraksi secara nyata dengan sebenarnya dalam rangka berlatih/praktek menggunakan bahasa Inggris yang tengah dipelajari baik secara lisan maupun tulis.

Semoga tulisan singkat ini dapat menginspirasi teman-teman guru Bahasa Inggris khususnya dan siapa saja yang sekiranya respek dan menaruh perhatian terhadap pembelajaran bahasa pada umumnya.

Rujukan: http://www.ict4lt.org/en/warschauer.htm

73 Tanggapan

  1. Dengan INternet, beljar apapun jadi lebih kreatif dan lebih banyak medianya

  2. Saya sekarang mulai belajar b.Inggris lagi.
    Karena ditUntUt dapat mengajar matematika dalam b.Inggris.
    Saran saja, bagaimana jika share aplikasi atau ebook tentang belajar b.Inggris

  3. info yang bagus pak…

  4. Dengan adanya ini saya jadi meningkatkan minat untuk belajar Bahasa Inggris…baru kursus nich heee,,,dimaklumi yach

  5. Terima kasih ilmunya ….

  6. manteb pak. makin canggih aja nie smoga terus maju pendidikan di indonesia,.

  7. menarik sekali ya Pak
    semakin maju dan mempermudah proses belajar
    beda dengan jaman saya sekolah dulu🙂
    terima kasih posting sangat bermanfaat

    • Zaman telah berubah, Bu. Kita semua harus tanggap dan jangan sampai menjadi korban kecanggihan teknologi, tetapi harus cerdas untuk dapat memanfaatkannya demi peningkatan kualitas hidup.

  8. sangat mencerahkan

  9. asal belajar sambil bermain sangat efektif pak mursyid, sayapun lebih suka metode yang seperti itu😀

  10. Dengan cara pembelajaran ini mudah-mudahan semakin gampang belajar bahasa Inggris..

  11. tambahan ilmu baru tentang pembelajaran.. terima kasih pak atas sharing ilmunya..

  12. iya pak..jangan anak didik aja yang harus pinter bahasa inggris, guru-gurunya juga biar g gaptek xixi

  13. WAH ini pastinya sangat membantu sekali bagi kawan-kawan guru yang mengajar bhs.Inggris pak …
    saya kasih tau pak Akhta dulu …

    Selamat siang pak.

  14. sebuah ide yang sangat bagus dalam mengembangkan dunia pendidikan negeri …
    semoga jejak bapak bisa ditiru dan dekembangkan oleh rekan guru lainnya …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  15. bahasa inggris lancar, dunia semakin terlihat luas sama anak didik ya pak..

  16. wahh wahh baru tau lia ini pak..
    seandainya ada di zaman lia kecil….

    semoga bisa diimplementasikan disemua daerah ^_^

  17. memang kemajuan teknologi semakin mempermudah dalam proses pembelajaran, kalau tidak mengikuti perkembangan maka akan semakin tertinggal dari negara lain…🙂

  18. wah, bagus banget dan wajib dibaca para guru bahasa inggris nih…😆

  19. jaman seperti sekarang ini memang semua serba mudah dan terpenuhi fasilitas belajar mengajar…
    jaman saya sekolah serba manual hehehehe….
    Pakabar pak Mursyid?

    salam, ^_^

  20. wah, satu lagi info menarik dan bermanfaat dari bapak🙂

  21. yang harus terus diupayakan ialah, selain ketersediaan program, juga ketersediaan alat-alatnya, agar kegiatannya bisa berjalan secara mulus…. teruskanlah, pak😉

  22. Persistensi dalam semangat mengajar dan mempertahankan mutu ajaran dan konsistensi dalam menjamin kelangsungan program – nah kedua ini semoga bisa terus diperjuangkan.. pada akhirnya generus Indonesia bisa bersaing dan berdiri sama sejajar atau unggul dalam forum internasional seperti pada PBB terhadap anak bangsa lain.

    Ayolah Pak, ini tanggung jawab kita semua.. semoga program CALL dan peningkatan mutu pendidikan di tanah air bukan hanya menjadi wacana saja. salam hangat dari Kuwait.

  23. Salut, Pak. Alternatif pendekatan pembelajaran yang sangat membantu siswa didik untuk menguasai tak hanya materi, tapi juga memepercepat kompetensi keterampilan praktis yang relevan dengan kehidupan nyata di masayarakat.
    Salam kekerabatan.

  24. Jika proses pembelajaran ingin berjalan lebih efektif dan efisien, maka penguasaan guru tentang teknologi komputer, khususnya internet,saat ini tampaknya tidak bisa dihindari lagi,

  25. Teknologi kini memang makin mempermudah proses belajar. Tinggal kita pandai memanfaatkannya dan paraguru membimbing siswanya dengan baik.

  26. Info yg bagus, kebetulan di tempatku bekerja, karyawan dh garda depan dituntut bisa bahasa inggris

    • Bahasa Inggris mutlak harus dikuasai jika ingin dapat berkomunikasi lintas bangsa dan menggali lebih banyak informasi global. mempelajari bahasa bukan berarti harus kehilangan/mengesampingkan budaya sendiri.

  27. Moga bisa semakin mempermudah belajar bahasa🙂

  28. Salam kenal Pak
    saya baru menemukan blog Bapak, walaupun Pak Saroni sudah sering cerita.
    dari jumadi smp 1bojong

    • Sugeng pepanggihan, Pak Jumadi. Seneng sekali panjenengan sampun kersa mampir wonten ing griya maya kula.
      Salam kagem rencang2 guru wonten ing SMPN 1 Bojong.

  29. Assalamu’alaikum….

    maaf baru sempat mampir, apa kabar?

  30. This is the wonderful thing i spend long time to find it..,.,.

  31. ini bisa jadi pembelajaran anak jaman sekarang mbak
    termasuk saya..
    hehhehhe….

  32. informasi yang bagus mbak….

  33. saya juga lagi belajar meningkatkan kemampuan bahasa inggris khususnya skor TOEFL. Ada saran nda pak? Website untuk meningkatkan skor TOEFL

  34. ya belajar bahasa inggris harus diajarkan darikecil….,

  35. mangtafff
    salah satu keunggulan teknologi

  36. i see what you did there

  37. Susah, Pak. Mereka selalu bilang, “Alah…aku wes tuwo arep nggo opo? Kowe wae sing isih nom.”

    • Kita memang tdk bisa memaksa meski sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Setidaknya yang relative masih muda harus menggelora semangatnya.

  38. Nyong setuju pak guru.!!!

    Ah, andai semua guru memiliki inisiatif seperti njenengan. Tentu ndak ada guru yang malah asyik main game atau facebook-an sendiri. Xixixixi…

    Jan ngawur bangetin, mbok.!!!

  39. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds
    also…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: