Dilema

Dalam menjalani hidup kita selalu dihadapkan pada kenyataan dimana kita harus menentukan pilihan. Namun pada saat, kasus, dan pertimbangan tertentu tidak jarang kita berada pada posisi tidak bisa menawar terhadap pilihan yang orang lain telah tentukan. Bahkan ketika pilihan itu positif sekalipun kadang berpotensi menimbulkan terjadinya konflik pribadi dalam diri sehingga ketidaknyamananlah yang akhirnya mengemuka. Kenyataan mengenai hal ini banyak terjadi di tempat di mana kita bekerja, seperti  yang kini sedang mendera saya.

Bisa saya katakan bahwa bulan Juli dan Agustus 2010 ini adalah bulan dimana saya harus secara ekstra mengeluarkan tenaga dan pikiran berkenaan dengan pekerjaan saya sebagai guru. Di satu sisi saya harus bersyukur karena kemampuan saya di bidang aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang sebenarnya masih sangat sedikit itupun telah membuat saya dipercaya oleh atasan menjadi nara sumber local di beberapa kegiatan pelatihan guru, dan Alhamdulillah disetiap kegiatan tersebut selalu memperoleh sambutan sangat positif. Namun bersamaan dengan itu, bulan ini (Agustus 2010, mulai tanggal 23) setelah mengikuti kegiatan TOT guru pemandu selama 9 hari  pun saya masih terjadwal harus mengikuti kegiatan pelatihan ‘Produksi Multimedia Pembelajaran Interaktif’ selama satu minggu di tingkat provinsi (Tepatnya di Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Jawa Tengah). Ini berarti saya kembali harus meninggalkan anak-istri dalam mengisi hari-hari di bulan Ramadhan yang suci ini. Ini berarti pula saya harus kembali tidak dapat melaksanakan tugas saya di sekolah, untungnya kegiatan belajar mengajar di sekolah di bulan Ramadhan ini, di sekolah saya (kalau boleh saya katakan) merupakan hari kurang/tidak efektif belajar karena diisi dengan kegiatan Ulangan Harian Bersama yang kemudian disusul dengan kegiatan Pesantren Ramadhan.

Bagaimanapun juga, frekuensi meninggalkan anak-istri tak urung menimbulkan ketidaknyamanan, meninggalkan tempat kerja apa lagi. Berkenaan dengan anak-istri; mudah diatasi, tetapi berkenaan dengan tempat kerja yang didalamnya terdapat banyak personal yang heterogen terkadang makan hati.

Hidup memang selalu tidak terbebas dari pernik-pernik kecil permasalahan. Justru dengan permasalahan itulah kita dapat belajar menjadi lebih dewasa dalam berpikir dan berperilaku dalam menjalani hidup.

Ya Allah, aku mohon ridho-Mu.

76 Tanggapan

  1. Semoga Allah selalu meridhoi langkah anda,🙂
    Doa dari istri dan anak juga InsyaAllah akan memberi kekuatan pada anda pak guru, salam takzim…

  2. jalani aja pak dengan ikhlas
    Allah selalu bersama kita🙂

    met berakhir peka ya pak…

  3. Semangat terus Pak…
    Meski kadang banyak diiri teman2.
    Kalau sering pelatihan kadang juga setelah pulang harus ngejar materi pelajaran ke anak2 yang kita tinggalkan.
    Selamat!

    • Thanks atas supportnya, Pak. Kebetulan bulan ini saya baru beberapa hari plg dari pelatihan dan kini harus berangkat lagi. Lelah juga sebenarnya.

  4. Congratulation… I know what u feel but I think u should enjoy this chance/role by confidence n positive thinking that u are needed/trusted by gov to share ur competences. n for ur friends/school u still have much time to pay by arranging good time management n giving them more attention to replace …do ur best…good luck

  5. Pergi-pergi memang bikin rugi. Tetapi pergi-pergi untuk bekal berbagi, layak kita dukung dan kita hargai.

  6. Maju terus Mas, kalau bicara ilmu tidak pernah akan cukup untuk dibagi, karena digunakan sendiripun kadang kala kurang. Tetapi dengan membagi ilmu, setahu saya bukannya berkurang, malah bertambah. Saatnya menjadi “guru digital”.

  7. Kesempatan jarang datang dua kali, jadi manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.
    Selamat berkarya…

  8. nikmati saja selagi diberi kepercayaan sama orang -orang di sekitar. setiap yang kita lakukan tentu ada resikonya

  9. senantiasa berdoa sebelum melakukan sesuatu agar apa yang kita kerjakan mendapat ridho darinya. Amien…

  10. memikul tanggung jawab memang selalu berat, tapi melaksanakan amanah yang telah diberikan akan terasa ringan kalo disertai dengan penuh ikhlas
    terus semangat pak….🙂

  11. Realita seperti itu emang jamak ada dimana-mana gak peduli di lingkungan pendidik yang notabene selalu mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak didiknya. Tapi selalu saja ada rasa lain di hari mereka, untuk itu mendingan kita perlihatkan pretasi kita kalau kita dipilih memang gak salah. Karena kita memang lebih baik dari mereka.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  12. lama tak kesini
    pcabar,mas
    m,enyenangkan selalu dapat sesuatu dr postingn ini
    salam hangat dari blue

  13. kegiatan yang mencerahkan seperti ini perlu terus diikuti, pak mursyid, apalagi ini kegiatan yang sangat bermanfaat bagi rekan2 sejawat agar melek teknologi. selamat mengikuti pelatihan, pak, semoga lancar dan sukses.

  14. terpilihnya bapa itu sebuah amanah..semoga bisa mengembannya dan menjalankan dengan sebaik-baiknya..
    salam🙂

  15. saya sering ngiri dengan kemampuan pak mursyid dalam animasi, seandainya saya di wilayah tempat bapak bekerja, pasti saya akan daftar jadi peserta.
    semangat terus pak, apapun risikonya itu adalah sebuah konsekuensi. tak pernah rugi karena berbagi

  16. Syukur Alhamdulillah, itulah yang seharusnya ucapan yang pantas untuk semua ini Pak. Insya Allah, kegiatan yang Bapak ikuti merupakan hal terbaik dan akan banyak memberikan manfaat. Semangat….ini juga merupakan berkah Ramadhan.

  17. Memang kadang jadi dilema pak. Ada saja pihak2 yang sepertinya suka mempertanyakan padahal apa yang dilakukan adalah sebuat tugas (DL). Tapi tetap semangat pak karena banyak orang2 yang masih membutuhkan bimbingan bapak di bidang teknologi.

  18. selama apa yang kita lakukan positif dan tidak merugikan pihak sekolah saya rasa tidak apa2 pak, wajar memang jika ada satu atau dua yang nyeletuk begitu..
    tetap sabar ya pak, semoga dilancarkan segala urusan🙂

  19. ~ Terima kasih Pak Mursid telah menyempatkan diri berkunjung ke blog saya yang masih sebuah wacana. Adapun puisi ini murni lukisan alam dan bermaksud membangun sisi religiusitas. Setidaknya itu maksud saya.
    ~ Wah selamat yah Pak Mursid semoga semakin sukses. “Pergi di Jalan Kebaikan” tentu akan merentang harapan. Amin, salam hangat untuk keluarga.

  20. Diniati ibadah insya Allah bisa lancar semua pak guru😀

  21. bila emang kita yang terpilih, lakukan semuanya dengan penuh tanggung jawab.:)

  22. Tetap semangat jangan menyerah,…karena menjadi orang yang terpilih itu adalah hikmah dari Tuhan untuk dapat dipertanggung jawabkan secara moral dan spiritual sukses selalu

  23. Terus Semangat ,,, semangat dan semangat pak …. Jangan Menyerah seperti kata D`masive, selama yang dilakukan adalah hal positif dan demi kebaikan orang banyak … teruskan, lanjutkan dan tuntaskan pak …
    kalau ada yang nyeletuk seperti itu … hanya ke irian saja …
    iri tanda tak mampu …

    Saya salah satu penggemar Bapak …
    Bapak = Guru Hebat.
    Semangat pak yah ..

  24. salam kenal dari dalang barito timur pak,
    semua kalau dijalani dengan rasa keiklasan akan menjadi anugrah yang sangat besar pak, semakit pohon itu tinggi semakin kencang pula anginya

  25. semangat pak…..

    Forza Milan..

  26. keren gan. . semangat jalani hidup!!
    salam kenal. . .

    mari berbagi>>>🙂

  27. Hmm… ternyata iri-irian bisa terjadi dimana saja ya…

  28. Begitulah “resiko” bagi orang yang memiliki kelebihan, selalu terbuka kesemptan untuk berkembang walau harus berkorban lebih dibanding orang kebanyakan.

    Tatapan ataupun komentar yang membuat tidak nyaman, juga selalu mengiringi setiap ada kesempatan untuk maju. Dan lebih parah, salah sangka : seakan-akan kelebihan tersebut akan selalu menghasilkan materi lebih dibanding mereka yang biasa-biasa saja.
    Padahal bisa jadi, rupiah tidak berjalan seiring sejalan.

    Itulah cobaan untuk Pak Mursyid. Namun jika Pak Mursyid dapat menjalaninya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, Pak Mursyid akan mendapatkan “bayaran” yang tidak dapat dinilai dengan lembaran rupiah.

    Jangan putus asa, semua itu adalah proses!
    Maju terus…..lebih banyak pihak yang menantikan dan merindukan segala kelebihan yang Pak Mursyid kuasai.

    maju terus pantang mundur!!!!!!

  29. Jangan menyerah, jangan mengeluh, …..itu kata lagu Pak,…jadi orang pintar itu ya resikonya kayak gitu. Kecuali kalau sombong baru gak dipakai. selamat berjuang sobat, semoga sukses selalu.
    Makanya aku tadi ke rumah kok sepi.

  30. Untuk menjalankan tugas mulia, bagaimana pun kondisinya akan selalu ada jalan. Selain keluarga Bapak sendiri, SObat-Sobat di jagat maya pun pasti mendukung dengan doa. Semoga semuanya berjalan dengan baik, lancar, dan sukses, amin!

  31. Rupanya Bapak perlu motivasi juga dari teman-teman nich… Maju terus pantang mundur rawe-rawe rantas malang-malang putung.

  32. adanya pernak-pernik itu bisa dijadikan motivasi, bahwa kita memang pantas menjadi bintang terpilih.🙂

  33. semangat trus mas…pantang menyerah..hehe

  34. petani jabon mampir nich..
    salam smuanya….

  35. menjadi orang terpilih adalah sebuah berkah
    semoga keistimewaan itu memberi buah yang positif..
    tetap semangat Pak Guru..
    salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  36. Sama-sama menunaikan tugas negara seharusnya tetap didukung oleh berbagai pihak. Sebab, semuanya itu akan bermuara pada kualitas pendidikan untuk generasi penerus bangsa ini. Benar kata Bapak, bahwa tugas itu tentu lebih berat ketimbang tugas yang biasa bapak lakukan. Tetap semangat, Pak. Tuhan pasti menyertai.
    Salam kekerabatan.

  37. serba salah ya pak
    tetep semangat aja deh pak🙂

  38. Assalaamu’alaikum sahabat guruku Pak Mursyid.

    Alhamdulillah, yang memilihnya adalah Allah. Yang menentukan pilihan itu juga Allah Pak Mursyid. Mudahan redha menerimanya walau hati ingin menolaknya.

    Mudahan khidmat bakti sahabat akan diredhai Allah dan keluarganya juga dilimpahi rezeki yang melimpah. Itulah pengorbanan pendidikan namanya. Mudahan jasamu akan dikenang kemudian hari.

    Selamat berpuasa dan salam mesra dari saya.😀

  39. semangat pak…….. anggap saja anugrah terindah……😀

  40. Tetap semangat pak, kalau kita tetap berada pada jalur yang benar insya Allah tidak akan terjadi apa2. Namanya tugas ya harus kita laksanakan.

  41. saat menjadi orang terpilih… serasa menjadi sosok baru dengan segala beban n tugas baru yang terasa asing… tapi emang dari situlah proses pembelajaran baru dimulai

  42. hidup selalu penuh dengan pilihan dan berbagai problema yang harus dihadapai. menjadi seorang yg dipercaya memiliki kewajiban untuk menjalankan amanah dengan tidak meninggalkan kewajiban pokok sebagai seorang suami, ayah dan orang tua. semoga semua membawa berkah mas, amin
    Sukses slalu!

  43. ada harga yang harus dibayar, ada pengorbanan yang mesti ditunaikan

  44. sulit juga ya…harus pergi di bulan ramadhan😀 smoga urusannya cepet beres ya kang
    kayanya yg kaya gitu (suka mencibir) orang lain dapet kerjaan ada dimana2 deh kang, disini juga ada…biarkanlah…😀

  45. Sabar pak…🙂 semoga bulan depan ndak ada pekerjaan yang mengharuskan meninggalkan keluarga dan sekolah.. kasihan mereka.. xixixixi

  46. yang penting membawa berkah pak…

  47. segala sesuatu ada baik buruknya,…

  48. halooo kawan blogger ^_^
    apa kabar??
    hohoho… pelangi datang mengunjungi blog kamuu ^^

    yuukk, mampir ke blog pelangiii…
    jangan lupa baca artikel yang satu ini ya, dan komentari ^_^

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/

    soalnya pelangi lagi ikutan lomba ^^
    mohon doanya yaaa =)

    salam
    pelangiituaku

  49. Salam semangat selalu Pak
    Berbahagia menjadi Anda🙂

  50. Halo pak, lama saya tidak kemari… profesi seorang guru adalah mulia karena memberikan ilmu yang berguna. Menjadi orang terpilih adalah kebanggaan sekaligus cobaan buat kita (begitu kata Spiderman)

  51. orang terpilih biasanya memikul amanah..
    kalo urusannya seperti ini yah yg penting di niatin ibadah
    apakabar pak Mursyid?

    salam, ^_^

  52. kunjungan silaturrahmi dan salam kenal

  53. Keluarga memang punya hak untuk kita perhatikan, dan di sinilah kadang kita menghadapi dilema. Semoga dimudahkan Allah jalannya pak.

  54. Hidup adalah perjuangan pak guru. Lha perjuangan sendiri selalu membawa ekses positif dan negatif… Yang jelas yang njenengan perjuangankan dalam kerangka yang positif koq…

    Tetap semangat semoga menjadi amal ibadah panjenengan.

  55. Assalaamu’alaikum sahabat Guru

    Kembali menyapa di siang hari untuk bertanya khabar dan memaklumi bahawa blog sahabat sudah saya linkkan di blog baharu saya.

    Semoga bahgia bersama keluarga di penghujung pekan ini.
    selamat berpuasa dan salam mesra dari Sarawak.

  56. Allah Maha Tahu, Pak. Dan bukankah setiap orang akan mendapatkan hasil usaha sesuai dengan niatnya masing-masing (innamal a’malu binniat)? Untuk sebuah niat baik, semoga IA akan memberi balasan yang baik pula. Untuk hal baik lainnya, karena selalu ada skala prioritas dan tingkat kepentingannya, semoga IA juga berikan kebaikan.

  57. Semoga tetap semangat ya Pak, dan ALLAH memudahkan urusan Bapak. Hidup ini memang penuh pilihan dan tantangan, semoga setiap apa yg dipilih adalah memang yang terbaik menurutNYA…

  58. Semoga semantiasa diberikan petunjuk dalam setiap langkah yg dipilih

  59. Insya Allah jika niat kita murni mencari rezeki untuk keluarga maka Allah akan membukakan pintu rezeki lebih lebar lagi. Aminn…

  60. hidup menawarkan banyak pilihan ^^

  61. setiap pilihan pasti ada dampak + dan – nya. Pilihlah yang banyak dampak + dari pada – nya.

  62. Hem….,nice post here

  63. jangan menoleh ke belakang mas, teruskan langkahmu. jika semuanya dimulai dengan niat yang baik pasti alloh akan bersama kita. semangat!!!!!

  64. teruslah kibarkan semangat perjuangan, dan berpijalkah pada kesabaran..moga kesuksesan kan selalu menyertaimu.
    salam kenal

  65. Nikmatilah hidup ini, hidup cuman sekali, jangan sia2kan hidupmu dengan hal2 yang tidak berguna

  66. Hidup adalah sebuah pilihan,,,! jalani hidup ini dengan hal2 yang positif

  67. kunjungan perdana, salam kenal, alangkah indahnya bila kita bisa bertukar link🙂
    dengan http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/
    kalau bersedia saya sangat berterima kasih

  68. semoga berhasil…..

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: