Lomba Pembuatan CD Interaktif (Multimedia) LPMP Jateng 2010

LOMBA GURU BERPRESTASIDI BIDANG PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, DAN SMK/MAK TAHUN 2010

Rasional

Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuat alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.

Bentuk-bentuk stimuIus bisa dipergunakan sebagai media diantaranya adalah hubungan atau interaksi manusia, realita gambar bergerak atau tidak, tulisan dan suara yang direkam. Kelima bentuk stimulus ini akan membantu pembelajar mempelajari bahasa asing. Namun demikian tidaklah mudah mendapatkan kelima bentuk itu dalam satu waktu atau tempat.

Teknologi komputer adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran bahasa asing akan lebih optimal. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Pengajar adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program komputer sedangkan pemrogram komputer tidak menguasai metode pembelajaran.

Jalan keluarnya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer dengan menggunakan piranti lunak yang mudah dipelajari sehingga dengan demikian para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya.

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu, media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.

Multimedia pembelajaran mandiri bagi siswa adalah bahan belajar multimedia yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi (contoh: Powerpoint, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Foxpro, dll) dan atau bahasa pemrograman (contoh: Visual Basic, Clipper, dll) dan kesemuanya dikompilasi dalam satu paket aplikasi.

Persyaratan Karya

  • Mencantumkan kurikulum yang digunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta petunjuk penggunaan program.
  • Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
  • Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.
  • Hasil karya dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dalam bentuk 2 sajian, yaitu print out  petunjuk pengunaan dan CD (3 keping CD copy).
  • Karya original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
  • Bila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/ bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
  • Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk presentasi dan menjadi hak milik LPMP Jawa Tengah.
  • Karya yang dibuat sesuai dengan mapel yang diajarkan dan jenjang sekolah dibuktikan dengan surat pernyataan mengajar dari sekolah  berdasarkan         mapel dan  jenjang        mengajar.

Desain CD Interaktif

  • Judul
  • Tujuan Pembelajaran
  • Apersepsi
  • Uraian yang komunikatif
  • Contoh, analogi atau ilustrasi, serta simulasi yang relevan dan kontekstual
  • Latihan, tes, dan umpan balik korektif secara kreatif.
  • Relevansi dan konsistensi antara latihan/tes dan materi dengan tujuan pembelajaran
  • Interaktivitas
  • Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan multimedia pembelajaran
  • Mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya.
  • Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan.

Pendaftaran

  • Mengisi formulir yang sudah disiapkan di Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) LPMP Jawa Tengah atau melalui website: http://www.lpmpjateng.go.id
  • Persyaratan karya disertakan dalam amplop ukuran folio, ditujukan kepada PANITIA LOMBA GURU BERPRESTASI DI BIDANG PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK (RUANG INFORMASI TEKNOLOGI ) LPMP JAWA TENGAH.
  • Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos ke panitia lomba paling akhir 11 Agustus 2010 (Cap Pos)
  • Pendaftaran tidak dipungut biaya.

Kegiatan Lomba

175 peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba akan dipanggil ke LPMP Jawa Tengah untuk mempresentasikan bahan ajarnya pada tanggal 26 s/d 27 Agustus 2010.

  • Bila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.
  • Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan
  • Biaya akomodasi dan konsumsi selama di LPMP Jawa Tengah ditanggung oleh panitia.
  • Ketentuan dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Peserta

  • Guru  JENJANG TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dan sederajat se Jawa Tengah
    • Lomba bersifat perorangan.

HADIAH LOMBA

JENJANG:

1.  TK/RA/SD/MI :

Juara I    :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara II   :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara III  :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

2. SMP/MTS :

Juara I    :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara II   :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara III  :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

2. SMA/MA/SMK/MAK :

Juara I    :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara II  :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Juara III :              NETBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + UANG PEMBINAAN

Sekretariat Lomba

RUANG INFORMASI TEKNOLOGI (IT)

LPMP JAWA TENGAH

Jl. Kyai Mojo Srondol Kulon  Semarang 50263

Telp. (024) 7474192  Fax. (024) 7479261

Email: // lpmp-jateng@lpmpjateng.go.id

Contact Person

  1. Mulyanto : 081 225 12 002
  2. Putut J. Wibowo : 085 626 677 15
  3. Abi : 081 6666 776

Sumber Info

=======================================================

Ayo Bapak/Ibu guru di Jawa Tengah, siapkan diri anda untuk mengikuti ajang bergengsi di bidang pengembangan multimedia pembelajaran ini untuk menguji nyali. Dijamin anda akan memperoleh pengalaman sangat berharga karena anda akan dapat berjumpa dan beramah-tamah dengan guru-guru kreatif yang tidak pelit berbagi ilmu dan karya di sana.

Sekedar mengingatkan, jika anda ingin memperoleh kesempatan dipanggil panitia lomba untuk mempresentasikan karya media anda, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan karya anda bukan merupakan plagiat/tiruan/jiplakan dari media-media yang pernah ada. (Media harus orisinil buatan sendiri)
  • Menu wajib yang tidak boleh ditinggalkan meliputi: Sasaran, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Simulasi/Latihan, Uji Kompetensi/Tes, Daftar Istilah, Daftar Referensi, dan jangan lupa sertai dengan Trouble Shooter (Help).
  • Gunakan navigasi yang lazim dan konsisten.
  • Sertai dengan dokumentasi yang lengkap (Petunjuk instalasi, petunjuk pengoperasian, petunjuk jika terjadi masalah/trouble shooting).
  • Hati-hati dalam penganimasian. Jangan sampai adanya animasi justru malah mengaburkan materi inti.

Ada baiknya anda baca juga artikel saya yang INI dan INI.

Khusus untuk teman-teman guru di Kab. Pekalongan, jika ingin sharing seputar pembuatan media interaktif, tidak perlu ewuh-pekewuh silahkan langsung temui saya. I’m always prepared to help you. 100% free.

Formulir pendaftaran di SINI.

Selamat berkarya dan salam kreatif!

58 Tanggapan

  1. waduh pak, seandainya aku tinggal dan berdomisili di jateng, pasti aku ikutan (meski gak berharap menang)😆
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

  2. info lomba lengkap dengan penjelasan dan tips2nya, maturnuwun pakmursyid.

  3. pak sampean juara yang tahun berapa? ini ada teman sya pingin belajar sama sampean..lha tanya sama saya gak bisa jawab je

  4. wah semoga menang pak🙂

  5. Saya ikut mendoakan semoga menang pak, terus berbagi ilmu di dunia blog

  6. Kalau orang Jawa Tengah, tapi tidak berdomisili di jawa Tengah, bagaimana bung?

    • Peserta adalah guru yang mengajar di sekolah di wilayah propinsi Jawa Tengah. Meski domisili, misal, di Ngawi (Jatim) tapi ngajar di Sragen, ya boleh ikut.

  7. Kapan terakhir penyerahan CD ke LPMP, Pak?
    Trims.

  8. semoga sukses pak dgn lombanya

  9. semoga sukses acaranya pak, dan banyak yang partisipasinya

  10. CD interaktif itu maksudnya kaya gimana sih pak?
    *duhh aku koq gaptek gini sih?*

  11. ini lomba yang sangat bagus
    bermanfaat sekaligus memberikan motivasi kepada para guru
    sudah saatnya sistem pembelajaran di kelas menggunakan multimedia

    semoga sukses acaranya
    saya salut🙂

  12. tolong koreksi punyaku yang baru di posting

  13. Wah bagus sekali pak, memang sudah saatnya multimedia dijadikan sebagai cara belajar mengajar, karena zaman sudah semakin canggih maka kita harus menerapkannya ke dalam hal yang positif.
    Salut pak… semoga sukses🙂 Sapam hangat

  14. Wah sayang pak yah yang di Kalimantan Tengah nggak boleh ikutan … heee …

  15. izin saya copas … untuk artikel Bapak … sekedar bahan bacaan dan untuk berbagi ilmu kepada sesama sahabat di sini …
    terimakasih banyak.

  16. Turut mendoakan semoga lomba berjalan sukses dengan banyak peserta…amin.

  17. Sarana pembelajaran siswa sekarang ini makin kreatif saja. Ini tentu akan semakin mempermudah siswa untuk mengerti tentang materi pelajaran di kelas. Guru juga terpacu untuk semakin meningkatkan kemampuan mereka dibidang IT

  18. kunjungan perdana salam kenal

  19. Kita dukung lomba merangsang kreatifitas para guru untuk menguasai teknologi informasi. Semoga sukses ya Pak…

  20. wah… saya cuma bisa otak-atik powerpoint pak. tp sayangnya di jawa timur tidak ada lomba semacam itu..

  21. Suatu tantangan unik bagi para pendidik untuk bisa berkreasi seputar pendidikan.

    Ide seperti ini perlu dikembangkan lagi ke depannya. Sukses buat para pendidik.

  22. Wah… bagus banget acaranya.. Semoga bisa menghadirkan kreativitas yang nantinya aka sangt berguna bagi KBM di sekolah-sekolah… *dan semoga pak Mursyid bisa juara!😀

  23. Pak, bagus bnget tuh ide Lombanya, jadi meningkatkan kualitas guru2. Klo mahasiswa boleh ikutan ga ya?? Hhe.

    Saya sngat senang dan bangga menemukan blog bpak, krena masih sdikit Guru2 yg mw dan berinisiatif untuk aktif dlam dunia Blogging. Dari situ sang guru bisa menularkan kebiasaannya kpada murid2. Mnurut saya guru yang berkualitas tidak hanya menguasai bidang ajarnya saja. Tapi juga pnya tladan dalam prilaku dan Hoby. Apalagi di Bidang IT. Sukses trus buat pak Mursyid.

    Best Regards,
    Remarchtito Heyziputra, an undergraduate student in Bogor Agricultural University majoring in Computer Science

  24. Gagasan yang cerdas untuk memotivasi rekan-rekan guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran siswa.

    Semoga LPMP lainnya dapat melaksanakan kegiatan yang serupa.

    Selamat berlomba dan semoga sukses….

  25. Pak, bagus bnget tuh ide Lombanya, jadi meningkatkan kualitas guru2. Klo mahasiswa boleh ikutan ga ya?? Hhe.

    Saya sngat senang dan bangga menemukan blog bpak, krena masih sdikit Guru2 yg mw dan berinisiatif untuk aktif dlam dunia Blogging. Dari situ sang guru bisa menularkan kebiasaannya kpada murid2. Mnurut saya guru yang berkualitas tidak hanya menguasai bidang ajarnya saja. Tapi juga pnya tladan dalam prilaku dan Hoby. Apalagi di Bidang IT. Sukses trus buat pak Mursyid.

    Best Regards,
    Remarchtito Heyziputra, an undergraduate student in Bogor Agricultural University majoring in Computer Science

    nb: lihat juga blog academic saya
    http://remarchttioh07.student.ipb.ac.id

  26. Terima kasih info awalnya, Pak.

  27. semoga sukses dengan lombanya pak😀

  28. gud luck mas…
    semoga lancar..

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  29. waah cuma buat guru yah Pak Mursyidi…..

    aq tunggu aja deh lombanya buat mahasiswa….😛

    eh buat jjateng aja sih lupa😛
    aku kan jatim…..

    ^^ aku dukung pak lombanya
    hidup IT

  30. Ide yang sangat bagus untuk meningkatkan mutu didik.
    maju terus pak guru semoga sukses.
    salam hangat dari BlogCamp

  31. Jan-jane kula pingin ndherek tapi dereng saged napa-napa je… Punapa Pak Mursyid kersa ngajari kula ngantos saged? maturnuwun sakderenge.

    • Sumangga, Pak. Namung kula estu gadhah wekdal longgar mangkih sabibaripun akreditasi sekolah (26-27 Juli 2010). Wekdal sapunka taksih ribet nguprek-uprek administrasi.

  32. Yang diluar jwa tengah boleh ikutan ga

  33. yah, sayang banget. coba kalo lomba ini buat mahasiswa pasti saya ikutan pak😀

  34. turun gunung atau jadi yuri boss?

  35. formulir pendaftaran dan informasi di situs lpmpjateng.go.id kok masih lomba tahun 2009 ????

    kalo boleh, tolong di kasih formulirnya dan info resmi dari lpmpjateng.

    kami dari Wonogiri bagian selatan seringkali ketinggalan info2 seperti ini.

    ” thank U”………….

  36. Pak Mursyid, info dan formulir di lpmpjateng kok masih yang tahun 2009 ?
    kalo boleh, kirim dong info dan formulirnya…….
    ” Matur Suwun…”

    kami dari Wonogiri Selatan seringkali ketinggalan info2 seperti ini….

  37. sara berharap jurinya dari berbagai bidang study sehingga tidak hanya tertarik pada mata pelajaran tertentu saja.

    • dan saya berharap media yang menang bukan karena kebutuhan dari lpmp melainkan yang terbaik

  38. maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai

    • Ikut lomba tidak musti harus menang, Pak. Setidaknya kita semakin menjadi termotivasi utk berinovasi dengan melihat karya2 media yang dipresentasikan di acara tersebut.

      • setuju om… saya datang juga untuk sebuah pengalaman kok om.. btw.. temen temen satu kantor jadi terinspirasi untuk ikutan membuat media pembelajaran di pakai untuk ngajar di sekolahan.

  39. pengen bgt ikut pak, bagi tipsnya dong

  40. Wah, blognya keren.. dah sampe page rank 3, rahasianya apa Pak?

  41. pa mbok kulo di ajari.. cara bikinnya pak .. maklum gaptek

  42. sip…mendukung…bagus lagi klo kami guru mapel bahasa inggris smp jga berkompetisi dg mapel yang sama…bisa kapan ya lpmp?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: