Memahami Rekayasa Perangkat Lunak dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Laju perkembangan teknologi informasi dan komunikasi oleh sebagian  guru (meski masih sebagian kecil) merupakan peluang tersendiri untuk dapat berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis computer (Multimedia Pembelajaran) dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang lebih variatif (tidak monoton) dan bermutu. Namun menurut pengamatan saya media yang dibuat oleh teman-teman guru tersebut masih sering terdapat masalah yang diantaranya; ‘Di PC si pembuat media berjalan dengan lancar, tetapi setelah dijalankan di PC lain tersendat’, ‘Loading awalnya lama sekali. Lambat!’, ‘Gambarnya besar, tetapi tidak jelas’, ‘Mau menampilkan teks yang bukan inti saja harus cukup lama menunggu animasi yang berpusing-pusing’, dan masih banyak lainnya.  Kasus-kasus tersebut sebenarnya lebih disebabkan karena rekayasa perangkat lunak yang kurang pas. Perlu dipertegas bahwa media jenis ini adalah juga merupakan suatu perangkat lunak.

Membuat (mengembangkan) multimedia pembelajaran harus memperhatikan prinsip-prinsip Rekayasa Perangkat Lunak. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat, mulai dari tahap menganalisa kebutuhan, melakukan desain, membuat program (coding), pengujian, testing sampai pemeliharaan. Multimedia pembelajaran yang baik ditinjau dari sudut pandang rekayasa perangkat lunak  adalah multimedia yang memenuhi parameter sebagai berikut:

  • Efektif dan Efisien dalam Pembuatan maupun Penggunaan _ loading cepat dan file-nya tidak besar dan memakan banyak memory.
  • Reliable (handal) _ Program dapat berjalan dengan baik, tidak mudah ‘hang’ atau ‘crash’. Menyediakan umpan balik (feedback) informative, substansial, menarik, dan tidak bertele-tele. Tidak mudah error.
  • Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah) _ Struktur program disusun dengan algoritma, alur penyajian, dan keterkaitan antar bagian sehingga mudah dipahami. Siapapun yang ingin mengubah/memodifikasi/menambah fitur program dapat dengan mudah melakukannya.
  • Usable (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya) _ Penggunaan tooltip, help, icon, logo, dsb akan sangat memabantu pengguna, demikian juga konsistensi tata letak dan navigasi.
  • Tepat Memilih Jenis Aplikasi/Software/Tool dalam Pengembangannya _ Untuk mengedit foto gunakan Aplikasi Pengolah Gambar (Misal Photoshop), Untuk membuat animasi dan menciptakan interaktifitas gunakan Aplikasi Animasi (Misal Adobe Flash), Untuk membuat presentasi gunakan Aplikasi Presentasi (Misal Powerpoint).
  • Compatible _ Dapat diinstalasi/dijalankan pada hardware dan software yang beragam meski spesifikasi computer paling rendah sekalipun.
  • Pemaketan Terpadu dan Mudah dalam Eksekusi _ Menggunakan system Autorun dan langsung dapat dijalankan tanpa perlu instalasi plugin atau dengan sekali klik file tertentu semua sudah dapat berjalan.
  • Reusable _ Sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain.
  • Dokumentasi Program yang Lengkap _ Dokumentasi meliputi: petunjuk instalasi dan pengoperasian, trouble shooting, dan desain program.

Disamping rekayasa perangkat lunak, seorang guru atau siapa saja yang mengembangkan multimedia juga sangat perlu memahami prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual (DKV) yang akan saya bahas pada kesempatan lain.

Semoga menambah pengetahuan.

40 Tanggapan

  1. Untuk memberikan ilmu kepada orang lain termasuk guru perlu bimbingan dan belajar juga . membaca ini merupakan ilmu. terema kasih telah berbagi dengan kami

  2. guru kreatif, murid sukses
    salam selalu

    sedj

  3. pingin jadi guru TI…. kayka pak mursyidi…..

    mohon do’anya yah pak ….

  4. Kira-kira kalau ditambah satu lagi masuk kategori tidak Pak, misalnya adanya dokumentasi media yang lengkap, seperti petunjuk instalasi (bila harus instal), petunjuk pengguaan atau trouble shooting.

    • Wah seniorku datang lagi ney.
      Lha itu wajib (akan segera saya tambahkan parameter ‘Documentation’ yang tercecer belum masuk post) jika memang media yang kita buat diperuntukkan orang lain apalagi untuk diikutkan lomba.

  5. Nimbrug satu lagi bos, … Gratis..! pasti lebih bagus.

  6. ma’ap-e sik sibuk mblender, sampeyan rak sah melu2 dudu urusane

  7. Memang sudah selayaknya dunia pendidikan menggunakan IT. Gaya tradisional selayaknya mulai dirubah mas.

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Ungkapkan Opini Anda”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

  8. Assalamu ‘alaikum wr.wb, Kak.
    Saya datang sebagai blogger newbie yang ingin berkenalan, silaturahmi dan menyerap ilmu dari para senior. Semoga kunjungan saya bermanfaat.
    Blog kakak bagus sekali-saya ingin belajar disini boleh ya kak.

    Kak, mohon berkenan berkunjung ke blog saya, mohon diberikan saran2 atau nasihat agar blog tersebut bagus dan terkenal seperti blog ini. Saya tunggu kakak di Panti Asuhan, kalau datang akan saya sambut dengan lagu rebana deh.

    Salam hormat saya dari Batam.

    Wassalamu alaikum wr.wb

  9. Wah ini mata kuliah saya semester ini pak,,
    makasih sdh berbagi pak…!!!!🙂

  10. terimakasih banyak pak … wah jadi bertambah lagi nih ilmu saya ….

  11. Benar mas, untuk mendevelop sebuah software atau apapun harus disertai dengan manualnya.

  12. info bagus nich

  13. Owh gt ya, yuph2 mantaph ne postingannya.

  14. Ternyata perlu analisis yang mendalam supaya sofware pembelajaran yang kita tepat guna … terima kasih infonya pak

  15. Biasanya saya buat berbasis web (html) terbukti lebih ringan dari yang lain

  16. mungkin masih butuh waktu utk lebih menyempurnakan apa yg menjadi keinginan bagi para Guru yg dapat memanfaatkan perkembangan tekhnologi seperti sekarang ini…amin

    salam, ^_^

  17. Apa yang mas sampaikan sangat bermanfaat terutama buat saya yang gaptek . .:D
    Salam kenal

  18. Ho oh gan.benar itu.guru baik ya harus paham visualnya.
    From blogger ponselhp

  19. para guru juga perlu belajar teknisnya pak guru😀

  20. Media pembelajaran berbasis komputer memang sangat perlu digalakkan sekarang ini. Termasuk dengan metode bloglearning😀

  21. sekolah terpencil kami juga sedang menuju kearah sana pak memanfaatkan IT dalam pembelajaran

  22. Postingan Bapak kali ini sangat memperkaya pengetahuan saya tentang IT bagi guru. Sungguh persuasif!

    Salam kekerabatan.

  23. Betul sekali bila tepat pada sasarannya pasti mantap pisan..haturnuhun infonya

  24. Makasih pak atas wejangannya ,,mantap

  25. halo pak mursyidi numpang corat coret lagi yah pak….😄

  26. ya.. memang pendidikan harus menggunakan IT.. supaya lebih efektif dan memudahkan… thanks sajiannya.. sukses..😀

  27. website yang bagus ,bisa jadi pengatahuan baru bagiku..

  28. Guru yang inovatif…

    itu sangat diperlukan. Good Luck.

  29. kapan ya saya bisa seperti pak Mursyid

  30. artikelnya bagus,
    salam kenal
    need IT??
    http://www.linovtech.com

  31. matur nuwun ilmunya. wah, y di solo tanya2 kmana ni…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: