Menumbuhkembangkan Kultur Disiplin di Sekolah

Salah satu prasyarat agar siswa dapat belajar secara optimal adalah suasana sekolah yang tertib. Kondisi semacam ini dapat terwujud jika disiplin di sekolah berjalan dengan baik. Kedisiplinan siswa dapat ditumbuhkan jika iklim sekolah menunjukkan atmosfir kedisiplinan yang kuat. Dalam hal ini kepala sekolah, guru, dan karyawan, tidak dapat ditawar lagi, harus mampu berperan sebagai model bagi siswa disamping tersedianya perangkat disiplin yang akomodatif dengan tetap berpegang teguh pada etika edukatif.

Bagaimana mendesain kedisiplinan di sekolah?

  • Penyusunan rancangan harus melibatkan seluruh warga sekolah (kepala sekolah, guru dan karyawan, perwakilan siswa, komite sekolah, serta perwakilan orang tua siswa).
  • Rancangan harus merupakan penjabaran dari visi, misi, dan tujuan sekolah.
  • Rancangan harus singkat dan jelas sehingga mudah dipahami.
  • Rancangan harus secara jelas memuat daftar perilaku yang dilarang berserta sanksi edukatifnya dan merupakan hasil kesepakatan oleh siswa, guru, komite dan atau wakil orang tua siswa yang kemudian ditetapkan sebagai Peraturan/Tata Tertib Sekolah (terdiri dari Tata Tertib Siswa dan Tata Tertib Guru dan Karyawan).

Bagaimana Agar Peraturan Sekolah dapat Diimplementasikan dengan Baik?

  • Terus sosialisasikan Peraturan Sekolah kepada seluruh pihak yang terkait.
  • Yakinkan bahwa peraturan tersebut dapat menumbuhkembangkan kedisiplinan warga sekolah.
  • Lakukan pemantauan secara terus menerus.
  • Kepala sekolah, guru, dan karyawan harus mampu berperan sebagai model bagi siswa.
  • Jika terjadi pelanggaran segera atasi dengan menjatuhkan sanksi secara konsisten.
  • Lakukan peninjauan kembali terhadap peraturan tersebut secara periodik untuk mengetahui apakah peraturan tersebut masih cocok atau atau perlu penyesuaian.
  • Tumbuhkan lingkungan yang yang saling menghargai.
  • Bangun rasa kepedulian dan kebersamaan di sekolah.
  • Seringlah melibatkan OSIS dalam usaha penegakan disiplin.
  • Buatlah peta siswa bermasalah untuk kemudian diberi layanan bimbingan dan konseling.
  • Lakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kedisiplinan secara periodik melalui pertemuan warga sekolah.
  • Berilah reward (penghargaan) kepada guru, karyawan, dan siswa yang berperilaku disiplin. Penghargaan dapat berupa piagam dan atau diumumkan pada acara tertentu.

Sebagai pelengkap, ada baiknya kita simak inspiring words berikut:

Discipline is the bridge between goals and accomplishments. (Jim Rohn)

The secret of discipline is motivation. When a man is sufficiently motivated, discipline will take care of itself. Sir Alexander Paterson

Life will not be exalted until focused, dedicated, disciplined. Henry Emerson Fosdick

Discipline is the soul of an army. It makes small numbers formidable, procures success to the weak, and esteem to all. (George Washington)

36 Tanggapan

  1. Disiplin hal yang amat penting dalam setiap aspek kehidupan.
    Tetapi sayangnya di negeri ini disiplin seolah-olah menjadi barang langka. kerena kita seringkali diatur oleh ketidakteraturan.

    • Secara kasat mata memang nampaknya demikian, Pak. Maka sebaiknya mari kita mulai dari diri kita masing untuk mendisiplinkan diri, setidaknya utk hal2 yang kecil dulu.

  2. tentu menanamkan pada diri sendiri pentingnya disiplin itu jga penting😀
    tips diatas juga bisa dipakai ditempat lain selain sekolah🙂

  3. Aku setuju, tidak hanya sekolah, tapi bisa diaplikasikan dimana saja

    • Benar, Mas. ‘Discipline is the bridge between goals and accomplishments’. (Disiplin adalah jembatan antara tujuan dan pencapaian).
      Untuk meraih kesuksesan, disiplin adalah salah satu kuncinya.

  4. Kedisiplinan memang harus ditancapkan di mana saja,bukan hanya di sekolah,kantor,dll…

    Di pesantren saya juga peraturan semakin ketatnya,jadi para santrinya haru berkutat dengan semua kedisiplinan.

    Salam…

  5. memang agak susah jika lingkungan di sekitar tidak menjunjung kedisiplinan, tapi memang harus mulai dari diri sendiri, dari hal kecil, dan dari sekarang ya pak

  6. paparan yang sangat lugas pak
    dan jika kedisiplinan dilaksanakan mulai dari diri kita sendiri maka secara tidak langsung akan berdampak terhadap keluarga, teman, rekan kerja dan sekalipun pimpinan kerja.

  7. untuk mengingat blog bapak ini
    saya menawarkan link exchange..
    link sudah saya pasang dan jika bersedia untuk link baliknya ..😆

  8. Ini bacaan wajib bagi para guru Mas Mursyid.
    Saya cuma menyimak, karena kedisiplinan bukan hanya milik para guru.

  9. Iya Pak, pendidikan seperti inilah yang paling sulit.
    Nilai penghargaan itu penting juga. Sikap disiplin ini perlu dibudayakan dari dalam karakter diri siswa sejak dini.

  10. Tulisan yang memuat “ajakan” untuk menciptakan kedisiplinan ini perlu diwujudkan di semua lini kehidupan, baik di rumah, sekolah, kantor, maupun di masyarakat, yang dimulai dari diri sendiri, serupa slogan ini: “disiplin dimulai dari aku”.

    Salam kekerabatan.

  11. Pak Mursyid kompetensi dasar DISIPLIN di kurikulum sekarang di mata ajar apa ya? saya sepakat sekali itu penting pak.. salam saya

    • Disiplin ini masuk pada wilayah akhlaq dan kepribadian. Setiap guru membuat penilaian mengenai itu dan yang merekap guru Pendidikan Agama dan guru Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk bisa naik kelas dan lulus dari satuan pendidikan seorang siswa harus memperoleh nilai minimal B pada akhlaq dan kepribadian ini.

  12. Setuju pak, kedisiplinan mesti kita tanamkan sejak dini. Dimulai dari diri kita masing2, dengan tindakan dan perbuatan yang nyata bukan hanya sekedar slogan belaka.

  13. Menurut pengalaman saya sendiri, sekolah swasta lebih baik soal kedisiplinan dibanding sekolah negri,pak. Nggak tau kalo sekolah negri favorit..

  14. oby adalah salah stau orang yg sulit disiplin waktu,….😦
    oke next time oby will try better
    thanks Mr Mursyid😀 Pak guruu

  15. Kedisiplinan akan tercapai dengan baik apabila ada mental yang kuat dari diri pribadi untuk menerapkannya. Dan juga yang tak kalah penting adalah adanya koordinasi yang baik antar semua pihak untuk menjadikan disiplin sebagai suatu kebiasaan bukan keterpaksaan

  16. tak jarang anak-anak dalam menerapkan sesuatu itu berdasarkan apa yang mereka lihat, sebuah contoh langsung, bisa jadi kita tidak mneyadari bahwa apa yang kita lakukan adalah contoh langsung bagi mereka

  17. Disiplin memang sedikit memaksa, dalam artian memaksa dalam diri, disini peran orang tua sangat mendominasi ditambah dari sekolah itu sendiri. Akan tetapi Disiplin yang diterapkan bukan disiplin mati. Disiplin yang lugas dalam artian, sipemberi aturan Disiplin harus mampu berbuat seperti aturan yang mereka buat sendiri,(melarang seseorang untuk merokok, kita musti tidak merokok dsb)
    Saya sepakat dengan pak Sunarnosahan,

    kepanjangan mas🙂 salam kenal, linknya langsung di pasang pada ‘Sahabat”

  18. disiplin didasari oleh kesadaran diri akan lebih baik, namun kalo dilihat saat ini budaya disiplin perlu dicontohkan terlebih dahulu baru akan menjadi tren di kalangan tersebut biasa penyakit orang masa kini, namun y gt kalo nggak didasarkan pada kesadaran diri maka jika tidak ada kontrol yang kuat ya kembali lagi sulit menegakkan disiplin

  19. postingan yg menarik
    salam hangat dari blue

  20. met jumpa pak guru. Aku sangat setuju bila disiplin sekolah terus ditingkatkan. Ujung tombak pembentuk karakter bangsa ada di sekolah oleh sebab itu desain, pelaksanaan dan tak kalah pentingnya dievaluasi bersama2 saya setuju banget. Yang menjadi permalahan bila tenaga pendidik dan tenaga pendidikan yang sering melanggar hayo piye ? he he dikenakan pp 30/80 dah ngak empan.

    • Itulah, Bu. Memang beberapa peraturan sering dilaksanakan dengan tidak konsisten. Setidaknya di mata siswa kita harus berusaha dapat memperankan diri sebagai figur yang patut diteladani.

  21. Sekolah saya sudah menerapkan tips dari bapak apa belum ya? Kok, rasanya disiplin disekolah kami sangat buruk. Tulisan ini nantinya akan saya tunjukkan pada kepsek dan dewan guru di rapat. Kalo bisa:D

  22. Terima kasih sharingnya pak… Sangat bermanfaat

  23. benar sekali pak mursyid..kedisiplinan harus kita tumbuhkembangkan agar bangsa ini menjadi bangsa yang besar…

  24. disiplin penting gan biar sukses

  25. kedisiplina sangat penting agar sukses
    from blogger ponselhp

  26. semua yang ada disekolah sebaiknya juga ikutan disiplin, jika gurunya disiplin pasti siswa juga akan mencontoh disiplin

  27. Salah satu desain kedisiplinan di sekolah yaitu : Penyusunan rancangan harus melibatkan seluruh warga sekolah (kepala sekolah, guru dan karyawan, perwakilan siswa, komite sekolah, serta perwakilan orang tua siswa), sy setuju banget…
    Namun di tempat kerja saya mana mungkin bisa. Laboratorium IPA saja malah disulap sebagian ruangannya untuk ruang musik (band) tanpa rembugan dengan pengelola Laboratorium.

  28. nice post pak?lagi cari ketemunya disini

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: