Membuat Animasi Masking pada Flash

Animasi Masking adalah teknik animasi dengan menggunakan layer mask. Dengan teknik ini kita dapat membuat animasi sorot pada bagian tertentu yang kita inginkan dan menyembunyikan bagian tertentu yang tidak ingin kita tampilkan. Dari pengamatan saya, beberapa multimedia pembelajaran yang dibuat oleh para guru, teknik ini masih jarang digunakan. Teknik ini juga sangat pas untuk membuat animasi banner yang dapat kita letakkan pada website atau blog kita, hanya sayang pada blog wordpress tak berbayar fasilitas untuk upload media berbasis flash tidak tersedia.

Jika anda tertarik untuk mempelajarinya silahkan download contoh dan langkah-langkah pembuatannya di SINI (hanya 300 kb). Untuk sekedar lihat contoh, klik  di SINI saja. Semoga bermanfaat!

57 Tanggapan

  1. Wahhh… kayaknya keren juga nich…
    Cek dulu ahhh…

  2. waduh… saya belum pernah mainan flash… tp langsung ke tkp ngecek…

  3. saya harus byk belajar ttg flash ke pak Mursyid neh…hehehe
    kapan pak mo ngajarin saya?😀

    salam, ^_^

  4. mmhh…blm pernah mnggunakan flash…sebaiknya diriku belajar lg ahh…🙂

  5. segera di download!!! *smangat membara

  6. sebenarnya pengen bgt bisa membuat animasi flash..tp punya bakat sama sekali…hiks

  7. perlu dicoba nih..😀

  8. Ok patut dicoba, pak guru
    maturnuwun

  9. Boleh dicoba, apakah file yang diunduh cukup ringan ya..

  10. seperti biasa cek ke tkp dulu mas…tapi saya belom pandai bikin animasi

  11. saya juga belum pernah pake, tapi pengen juga coba2..

  12. Nanti saya coba download deh mas, koneksi lagi lemot neh.😀

  13. wahh keren ya pak🙂

    sy izin dunlud ya🙂

  14. aduh..susah pake flash yakk..😦

  15. dengan perkembangan IT sekarang ini semoga menunjang proses KBM yang berkualitas ya pak..

  16. gimana yah biar bisa belajar dg cepat membuat animasi flash…
    rasanya pengen bgt berkarya hehe..
    mohon bimbingan

    • Untuk belajar Flash, kata kuncinya berkemauan keras, beli buku yang ada cd tutorialnya, banyak latihan, sabar, and jangan sungkan bertanya, Mas.

  17. wow bagus infonya, thanks ya..

    langsung menuju TKP 🙂

    salam blogger😀

  18. Wah, terima kasih info dan link-nya Pak.. Nice share

  19. untuk animasi pak mursyid memang jagonya.
    ngomong2 lagi suka ganti foto ya pak?

  20. mantap pak saya sudah download

  21. wah mantap sob, aku coba download, sepertinya mantab sob
    oh ya salam kenal

  22. Langsung ke TKP..

    Salm Kenal

  23. wah keren …. pak makasih Ilmunya …

  24. Terima kasih atas infonya, langsung saja ke TKP
    Saya belum menguasai pengunaan animasi flash ini

  25. wah thankyu neh…
    nyoba meluncur kesana ya…

  26. Wah pengen nyoba juga neh bikin banner…

  27. Saya kok belum bisa2 Pak…
    Padahal wis nyoba.

  28. Hehe.. saya teteup nggak ngerti yang ginian🙂

  29. Wah, Pak Mursyid selalu membagi ilmu (baru). Terima kasih, Pak, meski kali ini saya belum mencoba.

    Salam kekerabatan.

  30. ijin nitip link blog baru pak

  31. makasih ilmu-nya pak, dah langsung di donlot….
    tapi kayaknya lom punya adobe player nih, ntar nyari dulu….

  32. saya baru saja mendownloadnya pak … terimakasih banyak untuk informasi dan berbagi ilmunya pak …
    Salam dari Kalimantan Tengah.

  33. mampir ajah ya…

  34. Met pagi…

  35. Yang seperti ini saya belum faham sama sekali. Tapi ingi tahu sedikit2

  36. Kemaren pernah belajar flash …dan membuat animasi sederhana untuk media pembelajaran, abis itu ndak lama tidak mencobanya lagi (memakai yang tersedia di internet dan cd pembelajaran) …. artikel ini memicu saya untuk mengulang kembali belajar flash..terima kasih pak..

  37. saya mah gak bisa bikin animasi
    gak belajar sih😀

  38. Saya donlod dulu Mas, selalu penasaran kalau sudah bicara Flash.

  39. kalau ginian saya jan flash ra ngerti, pak Mursyid memang jago animasi…duh mendah senenge jika bisa ketemu langsung dan belajar

  40. itu yang ada di contoh apa maria ozawa pak,…? tak lihat sampai ke bawah kok gak dilepas-lepas

  41. seru nih belahjar beginian. keren!

  42. saia coba cek dulu ya pak🙂

  43. keren!!

    siapakah wanita yg ada di animasi tersbut😛

  44. Assalamu’alaikum..
    Sekalian numpang tanya pak.
    Saya membuat animasi terdiri dari 3 Scene.
    Masing-masing Scene ada animasi yang berbeda dan background musik juga berbeda. Untuk berpindah antar scene saya kasih tombol dan diberi script . Scriptnya begini :
    on (release) {
    stop();
    stopAllSounds();
    gotoAndPlay(“Scene 2”, 1);
    }

    yang jadi masalah adalah pada scene ke 3 suara musik bertumpuk antara musik scene 3 dan musik scene 3. Mohon bantuannya terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Saudara Mislam,
      Pada script di atas saja saya melihat ada perintah ganda yang saling bertentangan. Coba perhatikan; dlm satu button kok diperintah ‘stop’ dan ‘gotoAndPlay’.
      Gini saja, seperti yg sudah2, emailkan saja file-nya dan jelaskan animasi spt apa yang dikehendaki. File yang sdh sy perbaiki akan sy kirim balik. Gitu, ya?

  45. WAh,, mantabs nih infonya,, ini yang dicari, nice sharing🙂

  46. Makasih Pak Mursyid
    Saya Jadi Pengen Belajar Flesh Setelah ada tutorial Bapak
    Pengen mencoba semoga bisa .

    Syaf

  47. It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or advice. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it!

Komentar ditutup.

