Menggunakan Triggers untuk Membuat Kuis Interaktif pada Powerpoint 2007

Seperti yang sudah sering saya sebut pada artikel-artikel saya sebelumnya (seputar Multimedia Pembelajaran) bahwa salah satu program aplikasi yang paling popular yang dapat dengan mudah kita operasikan untuk membuat Multimedia Presentasi Pembelajaran adalah Powerpoint.  Powerpoint, di balik kesederhanaannya (dibanding yang lain, seperti Flash), jika di berdayakan dengan kreatifitas dan kejelian pun dapat menghasilkan karya presentasi yang bukan biasa-biasa saja seperti kebanyakan yang kita jumpai. Salah satu cara agar media presentasi pembelajaran kita lebih menarik bagi siswa, lengkapi dengan kuis interaktif.  Contohnya di SINI.

Semoga post ini bermanfaat khusususnya bagi teman-teman guru yang tengah belajar membuat Multimedia Presentasi Pembelajaran, juga, tentunya, bagi semua pengunjung yang berkenan membaca post ini. 

63 Tanggapan

  1. Aku bukan guru, tapi numpang download juga ya🙂

  2. penting nih wat calon guru*amin* seperti saya
    maksi yah pak mursyidi
    ^_^

    salam
    dari blogger abnormal

    KEDUAAXX

  3. saya izin mendownload pak …. terimakasih untuk informasinya …

  4. wah bahagianya dapat ilmu baru lagi nih pak …….

  5. terimakasih betul-betul MT suka share pengetahuan berguna

  6. selalu senang blue karena mendapat pengetahuan dari postinganmu
    salam hangat fari blue

  7. Mampir utk baca2 ya pak… Oya, link blog bapak sudah aku pasang disini.

  8. Makasih ya pak.., sudah mampir ke blogku.
    Link-nya udah aku pasang di blog The Others..
    Makasih udah pasang link blogku disini

  9. terimakasih, semoga semangat berbagi bapak trus menyala…. salam.

  10. Terima kasih, Pak, Jenengan telah berkenan berbagi pengalaman. Selamat dan sukses. Salam kekerabatan.

  11. Ahahai, dapat ilmu baru lagi deh. Mantap pak:mrgreen:

    berkunjung. . .

  12. Info mantap.

  13. semoga sukses kuisnya, Pak Guru..
    gurunya kreatif, murid2nya jadi tambah pinter…
    salam sukses… buat pahlawan tanpa tanda jasa…

    sedj

  14. Hhm…sangat bermanfaat dan sangat edukatif 🙂

  15. Salam Takzim
    semua pembelajaran bukan hanya untuk siswa dan guru kok, saya juga membutuhkannya, terima kasih atas ilmunya ya
    Salam Takzim Batavusqu

  16. Wah, dapat ilmu baru nih, makasih ya…😀

  17. powerpoint itu senjataku mas
    buat macem2 hehehehe

  18. Tetap istiqomah membangun kreativitas dalam KBM ya pak… Mantaps!

  19. numpang lewat pak, ngikut ngeramein komeng

  20. wahhh makasih banget pak.. diklik langsung kedownload deh.. heheh..

    hebat ^_^

  21. Terimakasih, memang powerpoint enak dan familier, kita musti mempelajari dg seksama agar dpt dimanfaatkan semaksimal mungkin, beberapa keterbatasan mungkin bisa divariasi dg flash.
    Maju terus guru Indonesia, belajar … belajar dan belajar

  22. power point masih menjadi solusi yah… walaupun sebenarnya jika di univ, penggunaan software berbayar harus ada lisensinya, akhirnya pada pindah ke linux.

    • Masalah software harus ada lisensinya ya nggak hanya di univ, Mas. Kita juga sedang dalam proses menuju ke Linux, tapi ya alon2. Mengubah sesuatu yang sudah jadi budaya tidak semudah membalikkan telapak tangan, kan? Lagian kalau hanya system operasi dan office-nya ada juga kok yg pakai ori.

  23. menarik banget… seandainya aq masih jadi seorang guru dulunya di indonesia… secara aq suka yang berbau inovasi kek gini nie buat memahamkan murid2ku akan materi pelajaran… ^^

  24. Izin download pak. Teruskan berbagi sesuatu yang bermanfaat pak

  25. semangat,maz
    salam hangat dari blue

  26. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 05:59

  27. Maaf untuk berpisah.

  28. bagus sekali nih pak, tak coba dulu ya…

  29. kalau saya suka bilang gini, “hari gini ngajar kok nyatet,…”
    nah ini salah satu solusi paling jempolan buat ngurangi kotoran kapur atau tinta spidol…

  30. Bagus ni kawan

  31. trimakasih pak infonya
    prosesnya gimana pak kok bisa ya
    lain kali diulas pak ya
    selamat berkarya

  32. Aslm, terima kasih banyak utk infonya… slam kenal dan mohon diikhlaskan sy mendownloadnya.

  33. Terima kasih banyak ..ilmunya…

  34. Pak terimakasih banyak atas ilmunya. ilmu dari njenengan sangat saya butuhkan saat ini terutama cara membuat Quis interaktif pada powerpoint.

  35. Makasih infonya mas…😀

  36. terima kasih pak. semoga bisa bermanfaat untuk peningkatan kualitas pendidikan

  37. subhanallah, saat aku butuh , ternyata ditunjukkan ke blognya pak mursyid. ijin download…makasih sekali pak..semoga jadi amal yang terus mengalir

  38. pakai makros om lebih keren lagi

    nih dapet dari mbah google tinggal kopy paste aja di makros :

    Public NumberCorrect As Integer
    ‘Public variables retain their value so they can be added to each time a macro is run.
    Sub Initialise()
    ‘Sets the score to zero so it’s not added to the previous user’s total, and goes to the first question.
    NumberCorrect = 0
    ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
    End Sub
    Sub Correct()
    ‘Adds one to the total correct and moves to the next slide
    NumberCorrect = NumberCorrect + 1
    ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
    End Sub
    Sub Display()
    ‘Shows the result in a pop-up message box with some explanatory text
    MsgBox (“HEBAT, kamu “& ” mendapatkan skor “& NumberCorrect)
    End Sub

    • Ada banyak jalan menuju Roma. Utk bikin media sy dah gak pernah lagi pakai pwrpoint. Sy buat ttrl pwpoint karena permintaan teman2 yg nota bene masih ksulitan menggunkan Flash.

  39. salam kenal pak’ umur saya 18 thn, saya cuma scolah sdn sampai kelas 6 pada tahun 2004, tapi saya masih ingin pintar’ d thun 2004 sperti’x blum ada fb,,aq mengenal fb baru skarang” ini dan aq mencoba blajar sendiri dengan mbah google’ dan akhur’x aq ketemu bapak. tank’x pak atas informasi’x

  40. Terimakasih pak, Ilmunya sangat bermanfaat. tapi kalau boleh saya usul, mohon file-filenya di simpan di google aja. kalau yang di sejenis rapidshare gitu suka ga bisa di download. saya ingin download yang teks descriptive itu, tapi ga bisa. sedangkan untuk file-file yang dismpan di google saya bisa mendownloadnya.

    Berikutnya saya juga minta kepada Bapak, untuk yang membuat kuis di power point ini jangan hanya contohnya, tapi juga cara-caranya. Terus kalau boleh juga saya minta ilmunya tentang membuat file interaktif menggunaan flash. Mungkin Bapak bisa meng-upload tutorialnya berikut screenshotnya supaya bisa lebih mudah untuk dipelajari, karena saya masih belum bisa menggunakan flash, tapi saya ingin bisa membuat media pembelajaran menggunakan Flash seperti yang Bapak lakukan.

    Sekali lagi Terimakasih, dan mohon maaf jika tulisan saya terlalu panjang

    • Ok, Mas.
      Membuat tutorial langkah2 membuat media membutuhkan waktu yang panjang. Ini kadang yang bikin saya kelabakan. Beberapa media yg saya contohkan beserta sourcecode-nya saya asumsikan dapat dilacak balik oleh yang membutuhkan. Tapi memang yg seperti ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sdh memiliki bekal cukup lumayan.
      Masalah upload media yg utk dapat di-download akan sy usahakan sy taruh di google spt yang njenengan kehendaki sepanjang ruang di google masih longgar. Gitu, ya! Thanks dah berkunjung.
      O ya, sebaiknya siapa saja yang ingin sharing dengan saya juga menyertakan identitas yg jelas sehingga saya tahu persis dengan siapa saya sedang berinteraksi.

  41. maturnuwun mas..ijin sedot.. mau ta bagi2 ke temen2… suksesss terus gan…

  42. great…
    ini yang aku cari…
    sukses gan

  43. The tips you contributed here are very priceless. It had been such an exciting surprise to see that waiting for me immediately i woke up today. They are constantly to the point and straightforward to understand. Thanks for your time for the clever ideas you’ve shared here.

  44. terima kasih atas ilmunya….

    MAU TANYA

    kalau pada power point 2007 bisa buat kuis yang kita bisa tahu hasil pekerjaan kita di akhir tak????

    misal:
    soal no. 1 jawaban a (betul)
    soal no. 2 jawaban b (betul)

    lalu di slide terakhir adalah hasil dari pekerjaan kita

    jawaban betul anda adalah 1.
    maka skornya adalah 20.

    gimana caranya ya?????

    tlg bls ke email saya.

    terima kasih sebelumnya

    • Bisa dengan menggunakan tambahan pemrograman dengan visual basic aplication (VBA), syg sy gak suka pakai VBA. Pada evaluasi saya lebih suka pakai Flash.

  45. assalamualaikum wrwb……
    ngapunten.
    pak mursyid….saya minta tolong.bagaimana cara membuat soal pilihan ganda memakai power point 2007?tutorialnya…bukan contoh yang sudah jadi….agar saya bisa membuat sendiri.tolong ya pak….
    maturnuwun pak….

    • Maaf saya tdk bisa memenuhi permintaan panjenengan sekarang, karena bth penjelasan sangat panjang. Sebenarnya saya sudah membuat tutorial membuat media dengan powerpoint lengkap, tapi tidak mungkin saya upload di internet karena filenya 1 cd penuh. Nanti kalau saya sudah ada waktu longgar akan saya buat versi cetaknya. Begitu. Sekali lagi maaf!

  46. askum… sehubungan dengan pikiran stres dicampur dengan skripsi yang belum kelar tentang multimedia interaktif. ehh… dosennya minta aneh2, masa buat multimedia dengan latihan soal esay…,,, pening palakku.

    aku nanya neh pak…. gemana cara mengoptimalkan macro (visual basic) di power point. cara mengaktifkan dan formulanya sekalian.
    thx…

    wassalmu’laikum.

  47. Wah, la pada akhirnya kan ingin melihat nilainya, kok gak muncul ?

Komentar ditutup.

