Pelatihan ICT Master Trainer 2010

Apa yang anda rasakan ketika anda bertemu dengan sesama anggota komunitas? Ya, tentu saja hal ini sangat menggembirakan karena di sana kita bertemu dengan orang-orang sepemikiran. Inilah yang saya rasakan saat ini karena sejak kemarin, Kamis 15 April 2010 saya bersama 34 teman guru perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota se-Jawa Tengah sedang terlibat dalam sebuah proyek pelatihan ICT Master Trainer di Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Propinsi Jawa Tengah.

Secara garis besar materi pelatihan meliputi Pengembangan Multimedia Pembelajaran, Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran dan Pengenalan Open Source. Materi Pengembangan Multimedia Pembelajaran dan Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran buat saya sama sekali bukan hal asing dan justru ini telah sering saya lakukan, namun untuk materi Open Source, meski sebenarnya bukan hal baru buat saya, saya harus menggali informasi dan melakukan eksplorasi lebih jauh, hanya sayangnya alokasi waktu yang tersedia terlalu pendek.

Yang pasti salah besar jika masih ada yang beranggapan bahwa di sini saya hanya bersantai ria, karena kegiatan inilah yang paling layak disebut workshop yang sesungguhnya menurut saya, mengingat dari jam 07:00 pagi sampai 21:15 malam para peserta harus bergelut dengan TIK di laboratorium komputer guna mengerjakan tugas yang harus diselesaikan.

Semoga semakin banyak guru Indonesia yang sadar benar bahwa memanfaatkan TIK sebagai penunjang proses pembelajaran adalah keharusan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

44 Tanggapan

  1. Menarik, ya Pak. Banyak manfaat yang dapat dipetik. Salut Bapak hendak menyebarluaskan manfaat itu ke taman-teman guru di daerah.

    Dari Kabupaten Kudus, siapa yang dikirim dan bertemu dengan Bapak, ya? Saya, kok, penasaran.

    Semoga yang dari Kudus juga punya komitmen yang sama seperti Bapak, mau menyebarluaskan ke guru-guru lain. Salam kekerabatan.

  2. Ditunggu ya pak bagi2 ilmunya, saya belum pernah ni mengikuti pelatihan ICT

  3. Wah maju terus pak, kami tunggu perkembangan selanjutnya.

  4. pastinya di setiap apa kita lakukan pasti ada hasilnya…,

  5. Penasaran sejak pak mursyid brgkt mengenai materi ICT-nya. Jadinya juga gak sabaran. Ok, gelombang 3 nyusul, 19-21 April. Aku datang….

  6. di prov kalteng kok gak ada balai seperti itu ya pak, kok iri jadinya

  7. Semoga sukses Pak, ditunggu share-nya, terutama yg urusan open source.

  8. Bos, apa kabar ? Saya di beri No. HP Panjenengaan
    No. hp saya 081575695866

  9. Memang ilmu semakin digali semakin banyak…yg blum kita ketahui…,

  10. bagi-bagi dong ilmunya pak…

  11. setuju sekali pak mursyidi…. ^_^

    tp antara techno dan ahlaq harus di imbangi pak…

    karena ilmu tanpa imtaq artinya bencana….

    nice postingan Sir..

  12. wah.. pasti seru tuh..😀

  13. Njenangan dadi trainer apa pesertanya pak? Semakin ke sana, guru tidak boleh kalah….. HIDUP GURU….😆

    • Pada proyek itu ada sebutan Master Trainer (MT) dan Senior Trainer (ST), MT dilatih oleh ST, sy ya msh MT. ST nya salah satunya kanca njenengan p M. Sigid (SMA Muh. Weleri) itu. Katanya Kendal sdh go open source ya, Pak?

  14. Saya di SMA juga baru belajar Open Source pak.

  15. wah, yang dari kendal siapa, pak? hmm …. pak sigit memang salah satu dedengkot open source di kendal, pak. semoga pelatihan semacam ini bisa membuat dunia pendidikan kita makin maju dan eksis. salam open source.

  16. Lhah saya mesti ditulari nih … butuh penularan ….

  17. lama tak tidak sowan kemari…
    semoga Pak Guru sehat selalu..
    salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  18. saya dukung pak😀, sep

  19. benar, setidaknya interaktif itu memang perlu adanya, apalagi dengan tekhnologi.

  20. Setuju sekali saya, Pak. Guru yang mengerti TIK lebih asyik karena dia punya media mengajar yang tidak itu-itu saja..🙂

  21. semoga sukses pak guru🙂

  22. Andai saja, seluruh guru di Indonesia mendapatkan pelatihan seperti ini mungkin ketertinggalan yang terlalu jauh ini bisa dipersempit jaraknyanya.

  23. wahhh
    mau dunt ikut pelatihan
    gratis akomodasi ya pak buad saya heheheh😀

  24. Selamat atas pelatihannya semoga sukses dan ilmu yang didapat bisa di tindaklanjutin. Semoga

  25. saya juga MT Di kabupaten saya mas

  26. kalau MT disini dapat laptop ama modem kalau disitu gimana pak

    • Weleh, Mas. Di sini ma laptop masih musti modal sendiri, apalagi modem. He he he … tapi gak papa. Komputer dan internet sudah menjadi bagian dari hidup saya.

  27. semoga guru indonesia semakin berkualitas ya pak… aamiin

  28. sebagai salah satu sarana tuk menghasilkan output siswa yang berkualitas ya pak…. ^^

  29. Selamat tuk MT nya… ditunggu sharingnya…

  30. Pak kpn ada pelatihan ICT di BPTIKP lagi ? Jangan lupa saya diundang lagi!! Ternyata ICT oleh-oleh dari BPTIKP membuat hidup lebih bergairah. Terima kasih banyak. Hidup BPTIKP Prop. Jateng, maju teruuus…

  31. Saya peserta pelatihan dari Kab. Kebumen. Katanya, pelatihan MT yg dilaksanakan April 2010 akan ada kelanjutannya? Kapan ya? Apa masih ada kemungkinan sy ikut lagi?? Pelatihan kemarin benar2 banyak manfaatnya. Sukses selalu untuk BPTIKP Prop. Jateng…

  32. Setiap orang keknya juga giru bro.. Awalny sendirian yg suka ama yg gini2 an.. temen2 pd ga hobi.. tp sejak masuk komunitas, semua hal berubah.. semakin tertarik n terus mencoba sampe berhasil..

  33. May I reference some of this on my page if I post a backlink to this site?

  34. Santa comes at night, is silent at midnight, all the good children are asleep and dreaming of the gifts in the sun. Best wishes and Happy Holidays from your …

  35. Between me and my husband we’ve owned more MP3 players over the years than I can count, including Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few years I’ve settled down to one line of players. Why? Because I was happy to discover how well-designed and fun to use the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

  36. Well I sincerely liked reading it. This information provided by you is very helpful Thank you.

  37. I take pleasure in, cause I discovered just what I used to be having a look for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

  38. Pak, Kalau ada pelatihan lagi mohon bisa di khabarin donk via email saya. Terimakasih

Komentar ditutup.

