Mengapresiasi Karya Seni Siswa Melalui Kegiatan Pameran

Pekalongan, seperti telah dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional, adalah merupakan salah satu sentra produsen batik.  Tanggap akan hal ini SMPN 1 Karangdadap pun memberi tekanan lebih terhadap materi Batik  pada mata pelajaran Seni Budaya dan menjadikannya sebagai salah satu kegiatan Life Skill andalan.

Sebagai kegiatan apresiasi terhadap hasil karya seni siswa yang diantaranya batik, hari ini (Selasa, 23 Maret 2010) SMPN 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Pameran Hasil Karya Seni Siswa. Kegiatan yang dipandegani oleh guru mata pelajaran Seni Budaya (Ibu Erlin Sofiyanti) tersebut boleh dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari tingginya animo guru dan siswa dalam mengunjungi setiap stan pada arena pameran tersebut.

Ada satu hal yang sangat menarik dalam kegiatan ini, yaitu karya siswa yang dipamerkan juga dijual. Sebagai wujud partisipasi dan turut menghagai karya siswa tersebut bapak/ibu guru dan karyawan pun membeli beberapa karya seni yang dipamerkan, seperti taplak meja bermotif batik dan tas.

Guna lebih memeriahkan kegiatan tersebut, para siswa juga dipersilahkan membuka beberapa stan jajanan ringan. Hal ini juga merupakan hal yang sangat positif karena siswa dapat langsung mempraktekkan teori ekonomi yang mereka dipelajari di ruang kelas.

69 Tanggapan

  1. Kegiatan yang sangat bermanfaat…

  2. Pesen batik pramuka ono ora Pak???😀

  3. Semoga sehat selalu Kang…
    Ada kuis kang, disini http://sedjatee.wordpress.com/2010/03/22/kuis-sahabat-sejati/
    Saya tunggu partisipasinya Kang…
    Terima kasih and sukses selalu..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  4. bagus sekali kegiatan itu.. mengajarkan siswa untuk bisa berkreasi dan mandiri dalam berwirausaha… apalagi dalam kegiatan itu dapat menghasilkan pemasukan kantong pribai.
    semoga makin banyak kegiatan2 seperti itu di indonesia..🙂

  5. Dulu waktu SMP juga pernah ngalamin begini… cuma aku gak ikut pameran😦

  6. asyik tuh kegiatannya,

    salam kang

  7. perlu dicontoh ni pak, positif dan membanggakan

  8. Kegiatan yang sangat bagus pak…
    salut banget….

  9. kegiatan seperti inilah yang seharusnya diperbanyak
    terlalu banyak belajar teori di kelas terkadang bikin siswa jenuh dan sulit mencerna intisari pelajaran.

  10. disamping mengapresiasi, pameran juga bisa memperlihatkan kepada dunia akan karya-karya anak bangsa

  11. heheh bener banget tuchhh
    dgn bgitu mungkin siswa akan lebih berkreatifitas lagi
    karena mereka merasa dihargai😀
    CMiiw

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya..
    salam blogger
    makasih😀

  12. Sekolah kami belum pernah mengadakan yang seperti ini, dikarenakan tidak ada guru kesenian. Selama ini seni budaya diajar oleh guru IPA, PPKN, Matematika. Pokoknya giliran deh… Untungnya saya gak pernah. Seni yang saya bisa hanya buang … seni, hehehe

  13. coba semua guru kesenian begini.. menyenangkan sekali tentunya🙂

  14. Pameran yang harus diagendakan setiap tahun untuk menumbuhkembangkan kreativitas siswa

  15. Adalah tugas guru dan sekolah untuk dapat mengapresiasi segala bentuk karya siswa, salah satunya melalui pameran. Saya jadi ingat dulu ketika masih bertugas di SMA N 1 Cikarang.
    Setiap Ultah sekolah selalu dihiasi dengan kegiatan pameran semacam ini, termasuk juga atraksi seni dari siswa.
    Selamat untuk SMPN 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan, teruslah berkarya

  16. Karya siswa yang diberi apresiasi dan penghargaan akan menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri yang kuat bagi siswa untuk menghasilkan karya-karya bermutu selanjutnya..Salam kenal Pak

  17. Kegiatan apresiatif seperti ini memang perlu terus dilanjutkan dan diselenggarakan secara kontinyu,pak. Salam buat semua muridnya ya pak.

  18. kegiatan ini yg begitu menjadi impian saya sejak dulu kala masih jadi seorg guru… namun hingga saya off dr profesi guru, blom kesampean… ^^

  19. Salam hormat. Sangat baik dan elok. Setiap karya perlu dikongsi dengan peminat seni di luar sana. Terima kasih

  20. wah asyiknya…. kangen masa2 rame2 seperti ini…

  21. kegiatan yang sangat positiv mas, lanjutkan

  22. Wah, saya tertarik dengan ide, karya siswa yang dipamerkan itu boleh dijual. Menarik. Sekalian memberi pembelajaran kewirausahaan kepada murid. Nice idea Pak .

  23. Bagus tuh ketrampilan siswanya, bisa untuk bekal berwiraswasta.

  24. kegiatan yang kaya gini harus sering2 dilakukan nih pak kereeen

  25. Agar siswa juga merasa dihargai karya nya. Sehingga muncul motivasi positif

  26. wah bagus…mereka pasti jadi percaya diri, kalau dagangannya terbeli..pak mursyid gak sekalian jualin lwt blog ini? *naksir kaligrafinya*😀

  27. mantap kreatifitasnya semoga ditiru sekolah yang lain

  28. Patut dicontoh..

  29. kegiatan yang sangat bermanfaat dan kreatif yah,,,

  30. ahh pak gurunya kreatif

    saya suka acara pameran yg kreatif gini
    anak2 juga makin semangat berkarya karena adanya penghargaan atas apa yg mereka buat

    salut
    empat jempol dari saya buat sampeyan

  31. Ide yg cemerlang utk meningkatkan potensi daerah, ide ini smg bs menginspirasi sekolah2 yg lain dlm acr festifal seni sekolah

  32. semoga kegiatan seperti ini tetap di pertahankan dan patut di contoh oleh sekolah² lain amin..

    salam, ^_^

  33. Rindu sekali lama tidak berkunjung ke sini….
    pas berkunjung Pak Mursyid menyuguhkan postingan tentang pameran karya seni rupa siswa, wah jadi iri saya… tapi sampai sekarang blog saya masih macet postingan Pak….
    sukses untuk pamerannya Pak.

  34. Selamat pagi pak… aku datang lagi… hahaha…

    Ditunggu update terbarunya…

  35. hmm..sangat bagus banget tuh pak acaranya..jadi siswa makin terpacu untuk lebih kreatif lagi. kalo ga kayak gitu, bisa2 warisan budaya tinggal cerita..

  36. saya juga dulu waktu SD ada pameran pameran gitu tapi ga ada yang liatin hahaha

  37. wah luar biasa sekali pak … kegiatan seninya membuat batik.. kalau ditempat saya hanya terkenal dengan seni tarinya saja pak..
    sukses buat murid-muridnya…

  38. kalau saya di ajarin membuat batik saya jg mau pak.

  39. Waktu masih di SLTA dulu sering juga menjadi Panitya Pameran untuk lingkungan sekolah. Cuma sekarang, saya perhatikan lingkungan sekolah saya dulu sudah modern, tetapi kok tidak pernah ada kegiatan yang sederhana dan mendidik seperti in.
    Andai saja cita-cita saya dulu menjadi guru kesampaikan…

  40. Keren nih acaranya, Pak🙂

  41. Sejak dini siswa sudah diajarkan kreatif🙂

  42. Benar Pak, ini membuat anak2 makin terpacu
    Saya merasakan saat sekolah dulu🙂

  43. sama kayak skolah saya mas juga mau ngadakan acara seperi itu

  44. Selamat berakhir pekan ria, semoga bahagia penuh cinta bersama keluarga dan handai taulan. Sukses selalu untuk sahabatku nun jauh dimata namun dekat di lubuk hati
    Salam hangat dari ruang hati terdalam

  45. sayang banget, waktu aku masih di sekolah dulu nggak ada acara pameran hasil siswa secara besar2 an. Paling mentok pas ada perpisahan aja, itu pun hanya untuk jurusan Tata Busana.

  46. asyik juga ceritanya….

    salm kenal…

  47. Selama ini karya seni dan budaya hanya orang2 tertentu saja yang mau melihatnya. Dengan adanya pameran semoga hasil karya seni budaya bangsa bisa lebih dikedepankan lagi sehingga semua orang punya apresiasi positif terhadap karya seni terutama karya anak bangsa sendiri.

  48. Karya siswa dipamerkan kemudian dijual…. Brillian🙂

  49. bapak mursyid pasti guru yg baik..
    do’akan yah pak semoga saya juga bisa menjadi guru yg berbakat seprrti bapak ^^

    di tunggu yah pak kunjungan baliknya

  50. belum komen dulu, karena sepertinya ini baru pertama kali ke sini…
    salam kenal!
    selamat berjuwang buwat adik2 SMP yang hari ini Ujian Nasional…
    SEMANGATTT…

  51. Selamat Pak Mursyid, dan tetap dalam koridor kemajuan. he he.

    Seperti jawaban pertanyaan pak mursyid dulu, akhir maret ini saya luncurkan blog baru, mendampingi blog yang lama. Blog baru tersebut bertitel Kiss dengan alamat http://mastermasri71.wordpress.com

    Untuk sementara isinya memang baru kumpulan karya-karya lama. Insya Allah tulisan terbaru dengan ciri khas berkisah akan segera muncul.

  52. Salam kenal dan salam hormat…

    Saya pribadi sebagai guru madrasah kampung sampai sekarang tetap memendam keinginan untuk bisa menyelenggarakan kegiatan pameran hasil karya siswa dan ekspresi kreatif mereka baik dalam bentuk prakarya fisik maupun kegiatan pentas seni (nasyid, puisi, teater, marawis dan apapun yg dianggap mewakili image positif kreatifitas siswa) selama 1 hari penuh. Yang tidak hanya dinikmati guru-gurunya di madrasah melainkan HARUS DITONTON oleh orang tua mereka masing-masing bahkan instansi tertentu. Agar para orang tua dan masyarakat tahu bahwa kegiatan anak mereka tidak hanya sebatas belajar namun juga menggali potensi, bakat dan kreatifitas di bidang lain. Makanya ketika melihat foto-foto di blog sampeyan ini saya jadi iri dan tambah kangen untuk segera balik ke madrasah biar bisa merealisasikan mimpi tsb. Saya mohon izin dan perkenan sampeyan utk melink blog inspiratif sampeyan ini di blog saya. Terimakasih!

  53. sepertinya si empunya blog sedang sibuk..sampe ga sempet apdettt….
    monggo di apdet….salam semangat…

    salam, ^_^

  54. Sahabat Sejati…
    Telah ada 83 komentar pada Kuis Sahabat Sejati, termasuk darimu…
    Terima kasih atas partisipasinya, Sahabat Sejati
    Semata itu semua untuk menjalin persahabatan antara kita
    Semoga berkenan untuk selalu menjadi Sahabat Sejati
    Salam sukses dan terima kasih…

    sedjatee
    http://sedjatee.wordpress.com

  55. GO BATIK !!!! tahukah kalau designer ternama juga udah pakai corak batik sebagai busana mereka lho..

  56. melestarikan karya budaya dan membangkitkan naluri dagang … kegiatan kreatif

  57. postingannya kereeen🙂 12:28

  58. Salam persahabatan di hari Minggu. Kalau hari Minggu ini enaknya berkunjung ke Musium Batik Pekalongan ya Mas? Sayang panasnya mentari di pantura sedikit membuat gerah bila ada di kota ini.

  59. perlu diberdayakan moment sprti itu klo bs acaranya lebih meriah lg serentak bbrpa klas n nunut usul ekstra batik diadakan klo bs target semua siswa SMP 1 karangddp buat tas dr karya sendiri

  60. Thanks for the useful post! I wouldn’t have found this by myself!

  61. Me too, thanks for posting this..

  62. terima kasih sudah berbagi…
    moga sukses selalu.
    kunjungi saya di/…
    click this

  63. I’ve seen many blogs and I can certainly say that this one is my favorite.

  64. Hi, I just wanted to say you have a wonderful site and this was a very informative article. I saved your site and have it in my reader now…looking forward to more content in the future.

  65. The post was great and very informative. Looking forward for more posts. Thanks and keep it up!

  66. You got a really useful blog I have been here reading for about an hour. I am a newbee and your success is very much an inspiration for me.

  67. This is a great website, will you be involved in doing an interview regarding just how you designed it? If so e-mail me!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: