Melalui BERMUTU Guru Akrabi ICT

Hari Gini Nggak Punya Alamat Email?!? Itulah ungkapan spontan yang saya lontarkan saat awal menyampaikan materi ICT pada kegiatan Proyek BERMUTU (Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) MGMP Matematika di salah satu gugus di Kabupaten Pekalongan. Ungkapan tersebut saya maksudkan untuk mengingatkan dan memberi motivasi bahwa sebagai guru kita jangan sampai ketinggalan zaman dan senantiasa meningkatkan kwalitas kompetensi profesi seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Materi ICT yang mesti disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi Internet dan pendalaman Ms. Office untuk menunjang proses pembelajaran. Mengenai Word dan Excel bagi guru matematika sudah barang tentu bukan merupakan masalah lagi, tetapi Internet dan Multimedia Pembelajaran ternyata masih perlu explorasi lebih jauh. Maka penekanan kegiatan lebih dikonsentrasikan pada pendalaman kedua materi tersebut. Materi internet meliputi Email, Pemanfaatan Search Engine, dan WordPress Blog. Materi Multimedia Pembelajaran berupa workshop membuat multimedia presentasi pembelajaran dengan Powerpoint dan sedikit pengenalan Flash. Modul pelatihan internet sengaja saya taruh di sini barangkali ada teman-teman guru/siapa saja yang tertarik untuk men-download:

Satu hal yang paling membuat saya berbesar hati saat itu adalah bahwa para peserta dari pertemuan pertama hingga hari terakhir mengikuti kegiatan dengan penuh antusias dan menjadi semakin termotivasi untuk mendalami ICT yang ternyata bukan lagi sekedar trend yang harus diikuti, melainkan sudah menjadi tuntutan kebutuhan dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi pembelajaran masa kini.

Salam kreatif buat para guru dan semua yang telah mampir membaca post ini.

73 Tanggapan

  1. Salam pertamaxxx,
    Wah salut dengan ICTnya. Kapan ya ke daerah saya Pak?
    Salam hangat jabat erat dariku

  2. Hari Gini Nggak Punya Alamat Email?!? Apa kata dunia??, hehe. Ya, alamat email sangat penting sebagai salah satu syarat transaksi di dunia maya ini ya Pak….
    Kalo sudah email, nanti… Hari Gini Nggak Punya Blog?!? Apa kata dunia??
    Siip kegiatannya Pak, sukses selalu Pak Mursyid.

  3. Salam keduaxxx,
    Mudah-mudahan dengan ICT para guru semakin maju, semakin profesional dan bermutu. Ujung2nya peningkatan prestasi siswa.Bravo!
    Salam hangat jabat erat dariku.

  4. wah kegiatan bermanfaat itu mas.. termasuk guru Go Blog.. Saatnya kita ngeblog..

  5. info yang bagus dan berharga nih, bisa nambah wawasan pagi pagi begini. salam sukses selalu

  6. Saya sudah punya email, lho.

  7. Nah gitu donk baru yang namanya guru yg baik.
    Salam kenal.
    Oy,aku mau kenalin ni guru yg satu ini,dia tinggal di pelosok jauh dari warnet tapi dia bis akses inet via hp ni url blognya.
    http://barchetoputra.co.cc kali aja bisa berbagi pengalaman dgn anda.

  8. semoga selalu semangat berkarya…

  9. salam sukses selalu

  10. saya selalu bangga dengan guru yang antusias, penuh dedikasi, dan terus mengembangkan diri.
    lanjutkan pak, kami semua murid-murid ini, mendukungmu..

  11. cara ini sangat bagus untuk memperkenalkan teknologi

  12. semoga guru2 yg (maaf) sudah berumur dan ketinggalan teknologi bisa dibantu utk membukakan mata hati bahwa jaman dan teknologi sudah berubah, jadi guru2 tersebut pun harus mengikutinya…menyelaraskan…:D, kasian generasi muda klo yg ngajari terkadang lebih tidak ngerti daripada yg akan diajarin😀

  13. wah, bisa bikin seminar khusus tuh pak kalo melihat antusias peserta … pelatihan diperpanjang …

  14. semoga guru-guru makin sejahtera….,

  15. saya juga seorang guru mas…tapi karena muda kadang untuk menjelaskan dunia maya pada teman2 guru sangat sulit

  16. Selamat pagi,Pak Guru.

    Hal seperti ini yang saya rindukan agar bisa disosialisasikan di daerah saya.

    Di tempat saya teknologi informasi dan komunikasi belum sepenuhnya dijamah para guru. Memang memprihatinkan bila dibandingkan dengan kemajuan dunia pendidikan di Jawa.

    Saya pribadi berjuang sendiri utk bisa mengenal internet dan dunia blog seperti ini.

    Salam hangat dan salam persahabatan dari pedalaman Flores.

  17. Wah, tempat saya kalah sama Pekalongan…
    Blog Matematika sudah saya siapkan tapi sepi…
    Nggak ada Teman yg inguk2…

  18. terima kasih pak infonya, blog nya bagus. salam kenal (_ _)

  19. Selamat sore pak! “guspur” datang nich! Mg sore ini lagi bhgia menunggu mlm mingguan bersama orang2 tercinta!

  20. Assalaamu’alaikum

    Apa khabar sahabat guruku. Maaf kalau sering telat untuk menjenguk dan terima kasih kerana masih ingat untuk mengunjungi saya di Malaysia. Membaca keseluruhan tulisan Pak MMursyid menjadikan saya begitu bangga kerana guru-guru kita banyak didedahkan dengan kemudahan multimedia berbantukan komputer.

    Pendedahan ini akan memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran di bilik darjah kerana manfaat penggunaan multimedia sebagai bahan bantu mengajar sangat banyak dan dapat menarik minat pelajar di samping guru dapat meningkatkan kemahiran sedia ada. Walau bagaimanapun penggunaan multimedia di bilik darjah memerlukan pihak pengurusan sekolah menyediakan prasarana teknologi pengajaran bagi merealisasikan penggunaan multimedia ini.

    Tahniah sahabat guruku atas kejayaan memotivasikan para guru untuk memanfaatkan teknologi maklumat dan teknologi multimedia dalam pasaran pendidikan semasa di Indonesia amnya. salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  21. keren…. tutor nya bagus

  22. sudah saatnya menggebrak dunia pendidikan kita.untuk lebih meningkatkan SDM

  23. Thanks atas kunjungan nya ke Blog saya ya pak..

  24. gebrakan pendidikan sudah saatnya ada di indonesia, untuk meningkatkan SDM kita kelak

  25. setuju, pondasi negara itu dibentuk dari pendidikan…

  26. Manstab semangat terus … semoga dunia pendidikan semakin maju …. dan nantinya akan terwujud e-learning system pada semua tingkatan pendidikan dari mulai TK sampai PT …..

  27. sukse dengan ICTnya….pak…..

  28. selamat malam…..ini kunjungan perdana di blognya mas, wakh keren buanget nih informasinya. tukeran linknya mas, boleh gag mas?

  29. wah kebetulan saya besok senin juga dimintai untuk menyajikan materi tenteng hal ini di kabupaten barito timur
    mohon izin nyedot pak
    buanyak-buanyak terima kasih pak

  30. yang power point ada pak?

    • Untuk materi powerpoint gak sempat bikin yang versi print-out. Saya hanya sediakan tutorial dalam bentuk CD berisi demo membuat media pembelajaran.

  31. ketiganya sudah saya unduh pak
    kalau ketiganya saya upload ulang dan saya taruh dikost-kost-an saya boleh pak?

  32. Jaman sekarang tak ada lagi istilah “GAPTEK”

    Santri saja bisa membuktuikan bahwa mereka tidak ketinggalan zaman tuh!

  33. wah pasti kegiatan berjalan dengan lancar yah pak…selamat pak yah..

  34. nice post, berkunjung n mohon kunjungan baliknya makasih

  35. wakh masalah pendidikan ya om, setuju dech

  36. sayang sekali saya bukan guru,hehe

  37. wah post yg baik
    makasih maz
    salam hangat dari blue
    love pendidikan

  38. sip, harus open mind ya pak. tanggap reaktif sama perkembangan pendidikan. salut… ^_^

  39. wah inginnya saya seperti bapak menjadi guru yang profisional….

    • Guru profesional apaan ta, Pak?
      Saya masih merasa jauh dari kategori itu. Yg penting, bekerja di bidang apapun kita harus total, jangan setengah hati. Gitu aja.

      • wah kalau bapak mash dah pantes dikatakan profesioanal pak .. benar pak…
        oh ia salam balik kata pak budi….dan guru2 yang lain pak.

        • wah saya sangat terbantu dengan makalah sampean itu pak, karena penitia memberitahunya mendadak, saya langsung dapat dari blog bapak
          saya dan pak Bayu sedang membangun komunitas blogger pelajar kami beri nama JANAH (Jurnalis Anak Ampah)
          mohon dukungannya ya ya pak

  40. Semangat Baru bwd yang berkreasi…🙂

    Salam kenal…

  41. Sukses terus untuk para guru, kembang pegetahuanmu untuk masa depan anak-anak kita.
    Info menarik SUkses!

  42. Sebagai salah satu penyampai informasi, email sangat berguna sekali. Program BERMUTU nya itu menginspirasi saya pak

  43. Hari gini gak punya email, sebuah motivasi yang bagus, seperti ejekan gini, buat apa beli hp canggih kalau cuma buat sms dan miscall saja.

  44. Aha, ikut jadi guru pemandu bermutu juga pak mursyid? selamat….

    • Bukan begitu, Pak. Masa guru bahasa Inggris jadi guru pemandu Matematika! Mursyid sama sekali tidak bermutu, maka tidak layak jadi guru pemandu BERMUTU.

      • iya nih, p.mursyid mesti direkomendasikan jadi guru pemandu khusus ict, buat semua mapel aja sekalian ya! p.mursyid pancen oye!

  45. kunjungi email blue dong…….heheeh
    salam hangat dari blue

  46. Mantap motivasinya, pak. Salam

  47. kenapa sekolah di bawah naungan Departemen Agama belum ada beritanya tentang Bermutu

  48. Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

  49. Assalamu’alaikum,
    Terima kasih Pak infonya. Tutorialnya sudah saya save. Banyak yang menanyakan tentang pembuatan blog , tapi saya sering kesulitan menjelaskannya.

    Selamat atas keberhasilan Bapak yang telah mampu membuka mata para guru pada ICT. Rekan-rekan saya di Cianjur masih lebih akrab dengan facebook menggunakan ponsel.
    Sekali lagi , terima kasih.
    Salam.

  50. Assalamu`alaikum wrwb.
    Angkat topi buat Pak Guru Mursyid………..
    ICT yang dilaksanakan di KKG/MGMP sangat terasa “dentumannya”, karena teman-teman guru mulai menyadari betapa cepatnya teknologi dapat membantu “pekerjaan”nya. Dengan kesadaran akan ketertinggalannya teman guru di KKG kami yang awalnya sama sekali belum pernah menyentuh komputer — apalagi mengoperasikannya — mulai nampak ada ketertarikan untuk mempelajarinya.
    Selamat, lanjutkan………………

  51. Good luck Sir..
    I agree with others……….u are good as the ICT Instructor for all KKG/MGMP….
    I ll tell n recommend u to help them….

  52. Ini baru guru yang nggak gaptek
    ICT memang sudah sepantasnya dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan Indonesia
    Ayo Ngeblog……

  53. Kalo ketiga tutorialnya saya download terus diupload ke blog saya boleh pak?? mohon konfirmasinya di blog saya
    Terimakasih

  54. bos.. help me…tutoriale,…aku mauo download ga papa kan
    trus….
    bagi – bagi kan gak bikin miskin…..

  55. I’m really to be finally posting online after all these years. There really is no mystique (sp) about it, is there? I just dropped by your blog and had to write something. I’m a recent college grad, journalism major if you must know, and I absolutely love the art of photography. I’ve got my site up but it’s nothing to boast about yet. None of my stuff’s been posted. Soon as I figure out how to do that, I’ll spend the afternoon posting my best pictures. anyways just thought I’d drop a line. I hope to return with more substantial stuff, stuff you can actually use. SPG

  56. Wow, this is so inspiring. Everyone should always be looking to better themselves. This really helps.

  57. Nice post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It’s going to all the time be stimulating to read content from different writers and apply a little bit one thing from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a hyperlink on your net blog. Thanks for sharing.

Komentar ditutup.

