Ms. Powerpoint Versus Adobe Flash

Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang/pendukung pembelajaran kini bukan lagi merupakan hal mewah, melainkan sudah menjadi kebutuhan dunia pendidikan masa kini. LPMP Jawa Tengah, misal, dalam rangka tanggap akan hal ini setiap tahun sejak 2006 selalu menyelenggarakan kompetisi pembuatan multimedia pembelajaran bagi guru. Dalam setiap event kompetisi yang diselenggarakan, selalu terjadi persaingan ketat antara Powerpoint dan Flash . Maka kiranya tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa sekolah harus mulai melengkapi diri dengan fasilitas TIK yang memadai. Fasilitas yang lengkap saja tentu tidak akan berarti banyak tanpa dibarengi dengan usaha meningkatkan kemampuan para guru dalam mengoperasikan fasilitas tersebut. Mampu mengoperasikan program pengolah kata (Word) dan pengolah angka (Excel) baru merupakan tataran terendah dari gradasi penguasaan ICT. Maka selain menguasai kedua program aplikasi tersebut  guru setidaknya juga mesti mampu memanfaatkan internet dan mengembangkan multimedia sebagai pendukung pembelajaran. Khusus berkenaan dengan pengembangan multimedia pembelajaran, program aplikasi yang hingga saat ini paling difavoritkan memang Ms. Powerpoint dan Macromedia/Adobe Flash. Pertanyaannya, manakah yang lebih baik diantara keduanya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu diketahui bahwa multimedia merupakan perpaduan teks, gambar (image), suara (audio/sound), dan animasi/video (movie). Menurut penggunaannya multimedia pembelajaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu Multimedia Presentasi Pembelajaran (MPP) dan Software Pembelajaran Mandiri (SPM). MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Media ini berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. Dalam penggunaannya diperlukan improvisasi dari guru dalam transformasi materi ke siswa, sedangkan SPM adalah bahan belajar yang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri sehingga peran guru tidak dominan. Dalam media ini kedalaman materi dan interaktivitas media diharapkan mampu memunculkan stimulus dan respon siswa. Guru setidaknya dalam hal ini seyogyanya mampu mengembangkan MPP untuk mengajar, dan idealnya juga mampu membuat SPM untuk memfasilitasi siswa belajar secara mandiri di luar jam efektif belajar sekolah.

Untuk membuat MPP ini guru cukup menggunakan aplikasi program Ms. Powerpoint yang memang oleh si pembuat programnya dirancang untuk keperluan membuat presentasi. Dengan fasilitas design dan layout template serta animasi instant-nya program aplikasi yang satu ini menjadi sangat populer  dan familier karena dengan program ini seseorang memungkinkan dapat membuat presentasi menarik dalam waktu relative sangat singkat. Bagaimana halnya untuk membuat SPM? Mungkinkah SPM dibuat dengan Powerpoint? Jawabanya: Mungkin juga, jika jeli, meski sebenarnya terkesan agak memaksakan. Saya katakan agak memaksakan karena SPM haruslah mampu menyampaikan materi sedalam dan sejelas-jelasnya dengan animasi yang kadang terlalu rumit dengan hanya mengandalkan animasi instant yang disediakan oleh Powerpoint. Juga, SPM harus disertai dengan evaluasi yang mesti dapat menampilkan nilai/score. Lagi-lagi inipun sering menjadi masalah karena untuk ini diperlukan penguasaan bahasa pemrograman Visual Basic atau yang sejenisnya yang berarti harus masuk ke Macro sehingga ketika media tersebut dijalankan pada awalnya akan tampil peringatan bahaya virus yang hal ini bagi user awam bisa menyebabkan jadi sungkan dan takut melanjutkan untuk membukanya. Juga, kalau kita perhatikan, SPM/CD Interaktif yang banyak dijual di toko tak satupun dibuat dengan Powerpoint.

Dengan aplikasi program apa sebaiknya SPM dibuat? Jawabannya: dengan aplikasi program berbasis Flash. Mengapa Flash? Hingga saat ini Flash masih tetap merajai dunia animasi. Juga, perhatikan, sebagian besar banner, quiz, video streaming dan game di internet pun berbasis Flash. Terserah SPM tersebut mau dikemas/dipaket dengan program apa saja,  bisa dengan Director, SWF Kit, Authorware, AutoPlay Media Studio, CD Menu, atau yang lainnya, atau bahkan murni menggunakan Adobe Flash itu sendiri. Mungkinkah membuat MPP dengan Flash? Jawabannya: Mungkin sekali, Flash juga menyediakan template khusus untuk membuat presentasi, tetapi tampaknya orang jarang menggunakan fasilitas ini. Manakah yang lebih sulit/rumit, Powerpoint ataukah Flash? Jawabannya: Relatif! Tetapi secara umum orang tentu akan mengatakan lebih complicated Flash.

Kesimpulannya, untuk membuat multimedia pembelajaran, manakah yang lebih baik, Power point ataukah Flash? Jawabannya: Relatif sekali! Bagus buruknya media sangat ditentukan oleh beberapa hal:

  1. Ketepatan memilih/menentukan materi  (Tidak semua materi memerlukan multimedia.)
  2. Ketepatan memilih program aplikasi yang digunakan (Untuk MPP dengan animasi sederhana dan menuntut diselesaikan dalam waktu singkat, gunakan Powerpoint, jika memerlukan animasi yang cukup rumit, gunakan Flash. Untuk SPM, gunakan Flash beserta piranti lunak pendukung lain yang sesuai.)
  3. Kemahiran dalam mengoperasikan program yang digunakan (Tidak selalu multimedia yang dibuat dengan program serumit Flash hasilnya lebih baik dibanding Powerpoint.)
  4. Ketepatan menentukan desain/alur pembelajaran
  5. Daya  kreasi dan seni (berkenaan dengan desain komunikasi visual)

Sebagai penutup, yang sudah merasa cukup mahir Powerpoint mulailah mempelajari Flash. Yang sudah merasa mampu Flash jangan sekali-kali memandang sebelah mata/meremehkan Powerpoint. Powerpoint dan Flash keduanya mesti para guru akrabi. Salam kreatif!!!

103 Tanggapan

  1. heee keren pak postinganya menurut saya draw tuh pak habis sofwerenya sama2 hebat dan sama2 di perlukan..slaam pak.

  2. Sebelumnya waktu Arief pertama kali mengenal teknologi ini bikin kepala puyeng!!

    Tapi lama kelamaan Arief keenakan didunia ini,soalnya santri seperti Arief nggak boleh GAPTEK,ya khan Pak? ^_^

    • Lha iya la, Mas Arif. Teknologi ini juga mutlak harus dikuasai oleh para santri. Saya sangat berbahagia karena kini telah banyak website/blog membahas tentang Islam yang musti kita kaji lebih dalam.

  3. Wah menarik sekali Pak. Saya diingatkan karena pengetahuna saya masah pada tataran terendah. Soal MPP dan SPM pengetahuan saya masih nol. Saya ingin mempelajarinya .Saya ingin membaca buku-bukunya terutama untuk pemula, buku apa saja yang kira-kira mudah dipahami ?

    Terima kasih.
    Salam.

  4. Susah kalau ngadu PowerPoint lawan Flash…
    Masalahnya beda jalur.

    Yg saya tau, flash bukan termasuk software presentasi.
    Tidak semua software yg bisa buat pemaparan bisa dikategorikan seperti itu.
    (mungkin saya yg salah)

    Tapi kalau daya tarik, dua2nya menarik.
    Selamat berkarya buat Pak Mursyid…

    • P Mars tidak salah, Flash utamanya memang untuk animasi grafis, tetapi kini tidak sedikit guru yang sudah pada mengembangkan multimedia pembelajaran dengan Flash lho, Pak. Berkenaan dengan presentasi, Flash juga menyediakan template presentasi, tetapi fasilitas ini memang kurang populer dibanding powerpoint.

  5. Assalamu’alaikum,
    Info yang menarik Pak, selama ini saya hanya sering menggunakan PowerPoint, InsyaAllah nanti saya coba pelajari Flash (Dewi Yana)

  6. Coment lagi ah pak…
    Saya Jagokan Mana Yah Jadi bingung … entar saya tanya mbak google aja dulu heee…

  7. Ya sesuai kebutuhan pak, kalau pengen yang lebih ekspret dengan berbagai fitur yg bisa dikustomisasi, lebih baik menggunakan flash.. (menurut saya)😀

  8. kalau diperguruan tinggi makenya flash pak, tapi kalau di sekolah2 makenya power point, hehe, relatif sih,

  9. Baca tulisan ini, serasa lagi kuliah …

  10. kayaknya saya kudu belajar flash ni pak, pak sampean dulu pernah ikut loma media pembelajaran ya,…gimana pak itu.. wah saya jadi pingin coba-coba

  11. Sekolah saya belum punya listrik pak tapi kl powerpoint sedikitlah bisa, salam kenal pak mursyid saya blogger dari pinrang sulsel makasih sudah berkunjung ke blog abal-abal saya

  12. saya belum memahami flash…,
    tetapi jika powerpoint sudah mengerti sedikit….,

  13. info yang menarik, pak. dulu pernah juga kepikiran utk bikin animasi pakai flash. sayangnya, saya termasuk tipe orang yang ndak sabaran, hehe … apalagi kalau sdh mulai masuk ke frame dan frame, haks.

  14. mudah-mudahan dengan memanfaatkan kecanggihan teknology dunia pendidikan kita semakin maju pak

  15. Wow…turorialnya menarik.
    Saya biasanya menggunakan animasi flash dan memang cenderung menggunakan Adobe Macromedia Flash. Karena kalau yang bersifat interaktif, flash masih lebih baik dari Power Point.

  16. blogwalking…
    lam kenal ea pakde…gud luck sellau🙂

  17. di kantor selalu pake powerpoint, simple, menarik apalagi themenya banyak di internet🙂

  18. Umumnya menggunakan pwr point u/presentasi,tp klo bsa menggunakana flash pst lbh menarik krna lbh atraktif:-Dpostingannya krn..

  19. saya setuju jika kedua aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk dunia pendidikan

    selamat berakhir pekan Pak😀

    -salam-

  20. Ternyata banyak media yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar …. tulisan ini sangat jelas memberikan penjelasan dalam memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai dengan kebutuhan.

  21. lho … kemana nyasarnya (koment), sukses workshopnya pak Mursyid.

  22. mas mursyid kalo saya lebih memilih powerpoint, disamping mudah membuatnya, menggunakannya juga mudah . btw tukeran link mas

  23. saya sepakat dengan info gadget……penggunaan powerpoin bgi saya lebih familiar di bandingkan dengan flash……thanks kunjungnnya pak …….

  24. saya lebih menguasai powerpoint dari pada flash. saat ini memang belajar flash tetapi seperti kebanyakan lainnya selalu bingung harus mulai dari mana?

  25. saya biasa bikin presentasi di tempat kerja pake power point, kalau pake flash kira=kira susah atau gampang ya?

  26. ho….ho….power point di adu sama flash?…..kayaknya masing-masing punya kelebihan. Mungkin kita (termasuk saya) saja yang gak mau eksplore lebih jauh. Aku jadi ingat kreasi mas mampu. Kawinkan saja keduanya lalu jadi SUPER POINT atau kita belajar dari kreatifitas bang Anim, pakai PPF (Pura-pura flash tapi isinya Power Point) ha….ha….sukses Boss

  27. Saya lebih sering menggunakan power point untuk presentasi produk, sementara kalau untuk design yang lebih atraktif saya biasa pakai Flash. Lebih cool lebih elegan tampilannya. Sehingga lebih semangat ketika harus berpresentasi. Minimal ada nilai plus dengan tampilan yang dibuat di flash.
    selama ini sih begituuu

  28. Mungkin perlu pelatihan2 bagi para guru untuk dapat membuat MPP ya mas… Karena tidak semua guru menguasai ilmu multimedia ini, bahkan mungkin bayak juga yang jarang bersentuhan dengan komputer.. Sebuah tantangan tentunya.

  29. wah bingung juga ya soalnya keduanya hampir sama sih fungsinya tapi kalo saya prefer power pointnya

  30. Nice Post Kang…Informatif…tks ya…

  31. Great posting, reviewnya jelas & gamblang, bisa diliat lg buat kapan2

  32. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  33. Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..
    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  34. Thanks pada semua yang telah berkunjung dan kasih komentar.
    Perlu saya tegaskan bahwa tulisan ini bukan untuk mengadu atau menjastifikasi bahwa Powerpoint lebih baik dari pada Flash atau sebaliknya, melainkan untuk memotivasi para guru agar lebih gandrung dengan kedua program aplikasi tersebut untuk keperluan melakukan inovasi pembelajaran di sekolah.

  35. Ikut-ikutan flash ah… tapi belajar dulu

  36. Saya sebenarnya gandrung keduanya Pak M.Mursyid PW, namun sementara sih baru ngeh powerpoint. Sedang yang Adobe Flash masih kesulitan. Sudikah Pak Mursyid mengajari saya adobe flashnya?
    Terimakasih sebelumnya.
    O,ya. link blog njenengan sudah lama saya pasang di blog saya, kini saya masih setia menunggu link baliknya.
    Salam hangat jabat erat dariku.

  37. Atau…..sudah adakah tutorial adobe flashnya?
    Salam hangat jabat erat dariku, blogger kota Rembang.
    Rachmadwidodo’s Weblog
    http://wyw1d.wordpress.com/

  38. kalau powerpoint cukup sering memakai untuknya untuk presentasi..
    tapi kalau memang untuk mutimedia pembelajaran sepertinya memang Flash yang lebih mantap ya bro..
    tapi sepertinya Flash cukup susah mengoperasikannya..
    perlu skill yg cukup handal …

  39. permisi, numpang mampir

  40. Trimakasih link blog saya sudah terpasang Pak, namun maaf mungkin perlu pembetulan sedikit mengenai nama. Terimakasih. Oya, mohon ijin copy pic say no to drugsnya ya Pak. Terimakasih lagi.
    Salam hangat jabat erat dariku.

  41. Trimakasih link blog saya sudah terpasang Pak, namun maaf mungkin perlu pembetulan sedikit mengenai nama. Terimakasih. Oya, mohon ijin copy pic say no to drugsnya ya Pak. Terimakasih lagi.
    Salam hangat jabat erat dariku.
    Rachmadwidodo’s weblog

  42. segeng dalu pak, ikutan ngelklik link bahasa inggrisnya pak

  43. ya ampun, semakin menyadari betapa gapteknya saya.
    sejauh ini saya baru menguasai ppt saja, padahal seperti dikatakan mas mursyid, baik ppt dan flash diperlukan dalam proses belajar-mengajar.

    terima kasih untuk info berguna ini, mas. saya akan pelajari deh mengoperasikan flash, biar nggak jadi guru gaptek.😉

  44. Guru yang profesional salahsatunya menguasai teknologi untuk mendukung pembelajaran.

    Pak Mursyid diantaranya….

    Selamat ah…

  45. Wah, bisa membuat semangat siswa untuk belajar semakin meningkat ya…

  46. Saya masih suka pakai power point, untuk flash lagi belajar…

  47. Mantap pak. Nambah ilmu. salam
    ALRIS

  48. Mantap postingannya, jadi nambah pengetahuan.
    Salam dari blogger pemula nich!

  49. Ada award, jika berkenan mohon diambil di http://frasalina.blogspot.com/2010/01/award-at-weekend.html.

    terima kasih……….🙂

  50. Daripada dibandingkan lebih baik dipadukan.

  51. Sepakat, Bu. Kalau tidak mendalam menguasai flash, sebaiknya pakai powerpoint, cukup animasinya saja yang menggunakan flash. Pada kenyataannya, untuk membuat multimedia yang baik tentu tidak mungkin hanya mengandalkan satu sofware. Misal untuk edit gambar/photo diperlukan Photoshop, untuk edit film diperlukan Premiere atau yang lain, untuk merekam dan edit suara diperlukan Cool Edit Pro, untuk menggambar dibutuhkan Corel, dsb.

  52. Thx infonya. Aku jarang make dua aplikasi ini.

  53. Seharusnya para guru bisa kreatif dengan teknologi, cuma kalau guru pedalaman yang sulit untuk berkreasi Mas, selain tidak ada fasilitasnya ( beli sendiri, gaji nggak cukup makan ). Idealnya sih para pengambil keputusan memperhatikan masalah ini.

  54. Apa kabar Pak ? Nampaknya lagi sibuk-sibuknya di awal semester. Selamat bekerja dan semoga sukses.

    Salam.

    • Kabar baik, Pak. Beberapa hari ini sibuk nyiapkan materi pelatihan ICT. Jadi ya jarang online terlalu lama. Ditambah lagi hampir tiap hari plg kerja sore, ada tambahan jam pelajaran bagi siswa yang akan menghadapi UN. Maaf kalau belum bisa nulis lagi utk sementara waktu.

  55. Sahabatku,
    Saya berkunjung untuk silaturahmi sambil membawa doa semoga sahabat dalam keadaan sehat-walafiat, lancar dalam menjalankan tugas /kewajiban, sejahtera dan bahagia lahir batin.
    Demikian pula blognya semakin maju dan berisi artikel yang semakin menarik dan bermanfaat. Amin
    Salam hangat dari Surabaya

    • Saya jadi malu nih, Pakde. Cukup lama saya yang lebih muda tidak berkunjung ke Surabaya. Amiin atas do’anya dan terimakasih atas motivasinya.
      Semoga de Kholiq sekeluarga senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

  56. Kedua-duanya sama-sama mantap

  57. Wah kunjungan pertama sudah disuguhi dengan materi-materi yang sangat bagus. Saya suka materi-materi seperti ini pak.
    Salam dari medan

  58. Berkunjung di malam Minggu tuk menyapa Pak Guru …. semoga sehat selalu ….

  59. Untuk tampilan Flash memang lebih Ok …. tapi lebih rumit dan njlimet untuk kalangan awam …. dalam CD tutorial atau metode pembelajaran pada umumnya sekarang mulai beralih ke Flash …. lebih ok kalau dikuasi keduanya ….
    Kalau Powerpoint lebih mudah dipahami …. saat presentasi kalau ada kesalahan penulisan editingnya lebih simpel dan cepat …..

  60. Saya biasanya menggunakan animasi flash dan memang cenderung menggunakan Adobe Macromedia Flash

  61. waduw saya tidak menguasai adobe flas hikz hikz

    berkunjung

  62. saya animasi flash paling download terus diimport ke powerpoint, video juga gitu. Jadi saya combine aja pak Mursyid

  63. saya lebih suka pake flash pak
    walo harus belajar lebih jauh,
    tapi hasilnya lebih atraktif dan informatif
    dan mendukung presentasi SIAP yang se SIAP2 nya..

  64. artikel yang menarik…
    terima kasih dah mampir ke mahesa pandu blog’s

  65. Nice for artikel, thanks atas infonya Gan !!

  66. Salam kenal mas,saya tertarik ingin mencoba adobe flash tetapi masalah saya adalah tidak ada software adobe flash,di tempat saya susah sekali mendapatkan software adobe flash. Kalau bisa tlog krim softcopy flash ke email saya.

  67. thanks to artikel bang,,,salam kenal,,

  68. Ya sesuai kebutuhan pak, kalau pengen yang lebih ekspret dengan berbagai fitur yg bisa dikustomisasi, lebih baik menggunakan flash.. …….

  69. well…postingnya bagus pak…mohon ijin untuk membaca dan mengcopynya….

  70. artikel yang menarik, Thank infonya …………..

  71. Seharusnya para guru bisa kreatif dengan teknologi, cuma kalau guru pedalaman yang sulit untuk berkreasi Mas, selain tidak ada fasilitasnya…hufz

  72. pa saya mau membuat pembelajaran paka flash.. karena pakai PTT. alhamdulillah udah sedikit menguasai. tapi flash.. yang pertama g ada guru yang mengajarkan , dan yang kedua sulit cari masternya………..mohon petunjuknya pak. syukron jz kallahu khoera.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: