ANIMO Kabupaten Pekalongan dalam Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Bagi Guru MINIM

Dalam rangka meningkatkan profesionalitas pengelola pendidikan, tanggal 14-15 Desember 2009 LPMP Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Lomba Pemilihan Kepala dan Pengawas Sekolah Berprestasi dalam Penulisan PTK/PTS dan Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran bagi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Kegiatan positif yang telah disosialisasikan panitia penyelenggara sejak 2 bulan yang lalu ini nampaknya kurang mendapat sambutan positif dari guru, kepala dan pengawas sekolah di Kabupaten Pekalongan (terbukti hanya 1 kepala SD  pada Lomba PTK dan 2 guru SMP pada Lomba Multimedia yang dipanggil panitia untuk mempresentasikan karya). Untuk membandingkan dengan daerah lain, daftar peserta lomba selengkapnya, klik di SINI. Info Pemenang Lomba Multimedia 2009 di SINI (updated 161209). Mengindikasikan apa fakta di atas? (Jawabannya cukup jelas, tidak perlu diurai lagi.) Pertanyaan berikutnya; pada ke mana mereka yang sudah pernah/sering mengikuti kegiatan seminar/pelatihan/workshop mengenai hal itu? Bukankah ini kesempatan yang sangat baik untuk mengimplementasikan materi yang diperoleh saat mengikuti seminar/pelatihan/workshop sekaligus menguji nyali dan kemampuan serta memperoleh pengalaman berharga? Ataukah motivasi mengikuti seminar/pelatihan/workshop tersebut sebatas ingin memperoleh sertifikatnya saja mengingat bahwa STTPL dihargai lebih tinggi dibanding karya nyata dalam penilaian portofolio?

Yang jelas, apapun jawaban pertanyaan di atas, inilah gambaran sebagian kecil wajah pendidikan di Kabupaten Pekalongan di mana saya termasuk di dalamnya. Tulisan ini sama sekali jauh dari tujuan mendiskreditkan, melainkan sebagai bahan perenungan demi kemajuan pendidikan di Kab. Pekalongan ke depan.

NB: Barangkali ada pertanyaan, “Lho, yang nulis sendiri juga tidak ikut lomba?” Jawabannya, “Ada persyaratan khusus di mana saya tidak boleh mengikutinya. Semoga persyaratan tersebut tahun depan berubah dan pasti saya akan menjadi salah satu pesertanya lagi.”

27 Tanggapan

  1. Ehem. . . Yang merasa hayo angkat tangan. . . He. . . Semoga aja krn ksibukan n bkn krn kemalasan atau malah keapatisan…
    Salam kenal pak. . .

  2. Mungkin pemerintah perlu sosialisasi dulu kale…dan dibuat kredit point biar ada bedanya sekolah yang guru2nya ngikutin perkembangan ama yg tdk.

    • Sepakat, Mbak. Sudah selazimnya pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan senantiasa mendorong dan memfasilitasi para guru, kepala serta pengawas sekolah untuk lebih akrab dengan teknologi pendidikan.

  3. Assalaamu’alaikum

    Perlombaan membina bahan multimedia di atas sepatutnya diambil peluang oleh semua para pendidik yang sudah didedahkan dengan kursus, latihan, bengkel atau seumpamanya behubung dengan teknologi pengajaran.

    Hal ini amat penting untuk mendapat banyak bahan bantu mengajar yang memudahkan kefahaman pelajar dalam pembelajaran mereka terhadap isi kandungan pelajaran yang di ajar oleh guru. Manfaatnya amat besar.

    Tetapi tidak dinafikan banyak faktor halangan yang mengakibatkan sebab musabab ia tidak dapat direliasasikan dalam pengajaran.

    Tesis master saya kini (sudah siap) adalah berhubung dengan Penggunaan Bahan Bantu Mengajar (BBM) berasaskan Teknologi Multimedia (TMm) Dalam pengajaran Guru j-QAF di Sarawak (sampel secara populasi ke atas 270 guru mewakili 826 guru j-QAF) telah memberi beberapa jawaban mengapa guru tidak berminat menggunakan teknologi multimedia dalam pengajaran sedangkan mereka sudah terdedah dengan TMm sejak di awal latihan perguruan.

    Dapatan ini juga bersamaan dengan guru-guru dalam bidang yang berlainan dalam beberapa aspek yang di kaji.

    Namun sebaiknya, gunakanlah segala kepakaran yang telah dimiliki untuk menjadi bertambah kreatif dan inovatif dalam pengajaran. .Salam mesra sahabat guru dari saya di Bangi, Malaysia.

  4. Kemampuan lebih penting dari pada gelar..IMHO

    • Bener, tapi kenyataan birokrasi kita lebih suka bukti fisik selembar kertas yang disebut sertifikat/ijazah/piagam/yll. Semoga ke depan kemampuan/keterampilan lebih diperhitungkan.

  5. kadang sedih juga melihat kenyataan seperti di atas … harus ada dorongan yang sangat kuat, terutama dari pemerintah daerah (instansi terkait), dan yang lebih penting adanya kebanggaan menjadi seorang guru dengan menempatkan pada posisi yang terhormat; seperti kesejahteraan dan fasilitas yang lebih.

    Keadaan di atas juga membuktikan, kebijakan sertifikasi perlu dilihat kembali dalam implementasinya, karena masih banyak yang berusaha hanya mengejar poin untuk sertifikasi bukan pembelajaran dan peningkatannya.

  6. angkat tangan ah, versi mas zarod di atas

  7. wah enak kalau LPMP punya kegiatan gini
    kalau di daerahku wah…

  8. Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

  9. Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, di awal tahun baru hijriyah 1 Muharam 1431H ini hamba bulatkan tekad untuk bisa kembali kepada jalan yang Engkau Rahmati, yang penuh hidayahMu, dan yang Engkau Ridhoi.
    Maafkan bila di tahun lalu seringkali buat kesalahan, kita songsong tahun depan dengan penuh harapan dan semangat
    Wassalam
    ruanghati.com

  10. kemajuan pendidikan bukan hanya diharapkan di kabupaten saja tapi juga harapan saay merata di seluruh Indonesia

  11. hebat pak LPMP nya banyak kegiatannya…sayangnya bapak nggak ikut..yah saya berdoa semoga tahun depan bapak bisa ikutan…kan bapak sudah memposting kegiatannya yah salah satu bagian pengiklanan gitu pak..heee…salam pak.

    • Nggak ikutnya bukan karena nggak mau ikut, tapi nggak boleh ikut lagi karena di lpmp dan di tk nasional saya pernah memperoleh penghargaan di bidang itu.

  12. lomba2 yang sepi peminat ya mas. semoga saja nanti ketika lomba2 serupa diadakan, bisa jadi kebalikannya mas. panitia nya yang sibuk karena peminat begitu banyak. semoga saja… ^_^

  13. Selamat Pagi…selamat berhari senin yang INDAH..heheh
    kunjungan perdana nich..
    salam kenal dalam persahabatan

  14. Salam kenal.

  15. kalau Bapak ikut …. yang lain pasti ….

    Di Nganjuk juga baru saja mengadalkan lomba LKTI ternyata peserta tidak memenuhi Quota. Akhirnya ditunda.

    Pak ada ilmu buat soal online?

    Selamat malam. Semoga sukses. Amin.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: