Langkah Maju Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Dalam Penyeleksian Calon Kepala Sekolah Tahun 2009

Untuk mengisi formasi 80 kepala SD dan 1 kepala SMP, secara marathon Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Pendidikan melakukan serangkaian kegiatan Seleksi Calon Kepala Sekolah tahun 2009. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini calon kepala SMP yang diusulkan oleh masing-masing sekolah masih harus mengikuti seleksi melalui beberapa tahapan;

  1. Uji Berkas Administrasi – Pada tahap ini Tim seleksi Dinas Pendidikan Kabupaten melakukan uji berkas administrasi terhadap 21 calon kepala SMP untuk menentukan 10 peringkat teratas.
  2. Wawancara – 10 calon kepala SMP hasil seleksi tahap I, pada tahap ini, masih harus melewati  serangkaian tes wawancara yang dilakukan secara bergiliran langsung oleh 4 penguji yang terdiri dari pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan (Dra. Masruroh, M. Si., Drs. Sirhan, Drs. Wanuryo, dan Drs. Sutarman).  Tahapan inilah yang merupakan langkah maju pada proses seleksi calon kepala sekolah yang tahun-tahun sebelumnya tidak ada. Hasil tes wawancara digunakan sebagai pedoman untuk menentukan 5 peringkat teratas untuk mengikuti seleksi tahap III.
  3. Seleksi oleh Tim LPMP Jawa Tengah – Bekerja sama dengan LPMP Jawa Tengah, selama dua hari (Kamis dan Jum’at, 19-20 Nopember 2009), tim seleksi tingkat kabupaten melaksanakan kegiatan seleksi tahap III yang diikuti oleh 5 peringkat teratas calon kepala SMP hasil seleksi tahap II dan 140 calon kepala SD. Tes seleksi meliputi berbagai jenis tes seperti tes skolastik, tes kepribadian, tes stamina, tes wawasan, tes kepemimpinan, dan lain-lain yang diakhiri dengan tes wawancara. Hanya menurut saya ada kurang pada tes ini, yaitu tidak diikutsertakannya uji kemampuan bahasa Inggris dan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang  merupakan salah satu tuntutan profesi. Sayangnya pula saat mengikuti seleksi tahap ke III ini kondisi badan saya sedang drop karena serangan virus flue yang menyebabkan badan kurang fit karena demam.

Seluruh rangkaian kegiatan seleksi kepala sekolah tahun 2009 kini telah usai. Hingga saat ini tidak tercium, terdengar, dan terbaca adanya tanda-tanda keganjilan berkenaan dengan kegiatan penyeleksian tersebut. Semoga sampai nanti saatnya hasil akhir dari seluruh proses kegiatan seleksi diumumkan suasana seperti ini akan tetap terpelihara, sehingga ucapan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan pada saat pembukaan seleksi tahap ke III menyoal bersihnya proses penyeleksian dari segala bentuk intervensi terbukti benar adanya.

Seleksi Calon Kepala Sekolah Kabupaten Pekalongan Tahun 2009

17 Tanggapan

  1. hmmm … semoga proses seleksi calon kasek di pekalongan benar2 berlangsung objektif, fair, dan jujur, pak. bapak ikut seleksi, kan? saya juga turut berdoa semoga pak mursyid nanti bisa lancar dan sukses. sudah saatnya pak mursyid tampil di depan.

  2. semoga prosesnya benar-benar bersih

  3. semoga usaha ini berhasil dan sukses ….
    🙂 sehingga kepala sekolah yang terpilih nantinya akan benar2 membangun sekolah yang dipimpimnya………
    🙂

  4. Saya hanya ngglinding saja p. Sawali. Teman2 guru di sekolah saya yang lebih senior sudah pada menyerah. Mereka justru dengan sedemikian kuatnya mendorong saya. Keputusan untuk majupun saya ambil hanya sehari sebelum hari terakhir pendaftaran. Semalaman buat makalah, pagi ngurus tes kesehatan, siangnya berkas harus sudah dikumpulkan. E e… lha kok berhasil masuk 5 besar. Selanjutnya, terserah panitia!!!

  5. selamat pak Mursyid… semoga cepat keluar sk pengagkatan kepseknya

  6. Halah … pak Bud, nek pancen wis jatahe nanti kan datang juga. Tapi perasaan tahun ini kemungkinannya kok kecil.

  7. selamat, smg sukses. sy trt mendukung…

  8. Bapake Titis, Thanks!
    Lama ndak nongol?

  9. sukses pak, semoga mendapatkan kepala sekolah yang visioner

  10. Satu kemajuan dan transparan dalam seleksi calon…
    Sukses Pekalongan..
    Semoga diikuti yang lainnya..

  11. Selamat, Pak!

    taglinenya keren
    `Tidak ada cerita orang menjadi miskin karena berbagi`

  12. malam Pak..

    semoga mendapatkan ridho Allah SWT Insya Allah yang terpilih bersih Pak.. selamat hari guru *walau telat ngucapinnya*:mrgreen: & selamat Iedul Kurban

    selamat beristirahat

    Salam

  13. Saudara Hariez, Terima kasih atas kunjungannya. Met Iedul Qurban juga.

  14. Semoga Bapak berhasil. Amin.

    • Bu Puspita, Thanks!
      Saya hanya ingin menguji diri, dan kalau Tuhan meridloi saya ingin dapat berbuat lebih dari apa yang sudah saya lakukan selama ini. Nothing more.

  15. Yang wawancarai pak Prof. sudibyo khan……….haaah lulus….!!!

  16. jadi ks yang handal, tebarkan keikhlasan bekerja ingatkan anakbuah kerja adalah ibadah, jabatan adalah amanah jangan takut presure manapun bila proses rekruitmen bersih……………………selamat

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: