Memanfaatkan Mesin Pencari Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran (Tips Untuk Guru)

searchengineParadigma pembelajaran kini menuntut guru untuk memanfaatkan teknologi multimedia sebagai alat bantu. Di dunia maya (internet), terdapat banyak sekali file multimedia berbasis teks, gambar, audio dan atau video yang dapat di-download (diunduh) secara gratis untuk dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Guru di Indonesia, walau masih sebagian kecil, sudah mulai menyadari benar akan hal di atas. Mereka mulai memanfaatkan internet untuk menemukan materi/media pendukung pembelajaran meski dengan pengetahuan pemanfaatan mesin pencari yang sangat minim. Pengetahuan yang minim mengenai teknik memanfaatkan internet ini sering menjadikan guru mblenger/pusing/gelagapan karena kebanjiran informasi. Mblenger/pusing/gelagapan ini terjadi dikarenakan kurang fokusnya pencarian. Mengantisipasi hal ini, berikut sedikit saya bahas bagaimana cara melakukan filterisasi guna lebih memfokuskan/mempersempit/membatasi pencarian.

MENCARI GAMBARSebagian besar gambar (image) yang terdapat di internet berformat .jpg atau .gif. Misal kita ingin mencari gambar ‘harimau sumatra’, kita dapat menggunakan searching key +”harimau Sumatera” +jpg atau “harimau Sumatera” filetype:jpg atau dengan Google, klik ‘Gambar’ dan ketik pada kotak penelusuran harimau Sumatera filetype:jpg dan tekan Enter. Dengan searching key tersebut akan menampilkan hasil pencarian yang hanya berupa gambar berformat .jpg

MENCARI FILE PRESENTASI Sebagian besar file presentasi dibuat dengan aplikasi program powerpoint dengan format .ppt. Misal kita ingin mencari file presentasi mengenai ‘gunung berapi’. Gunakan searching key +“gunung berapi” +ppt atau “gunung berapi” filetype:ppt ketikkan searching key tersebut pada kotak penelusuran dan tekan Enter. Teknik ini juga berlaku untuk mencari file dalam format yang lain dengan cukup mengganti kode formatnya, kalau tadi file powerpoint ppt, jika file document (Word) doc, Excel xls, file audio/music mp3 atau wav, file video avi, mpeg atau mpg, file animasi swf, e-book pdf dan seterusnya.

MENCARI BANK SOAL – Untuk mencari informasi mengenai kumpulan soal dapat menggunakan searching key sebagai berikut: +”soal-soal” +matematika +SMP atau +bank +soal atau +”bank soal” +SMA

MENCARI LABORATORIUM DAN PERPUSTAKAAN VIRTUAL – gunakan searching key +chemistry +virtual +laboratory (untuk lab. kimia) atau +virtual +biology +laboratory site:edu (untuk lab. Biology) atau +virtual +physics +laboratory site:edu.uk (untuk lab. fisika) atau +virtual +library site:edu (untuk perpustakaan)

Selain tanda plus (+), untuk membatasi pencarian sering juga digunakan tanda minus (-) yang mengandung makna kecuali/selain misal untuk mengetahui negara penghasil minyak bumi di dunia selain Irak dapat menggunakan searching key +penghasil +”minyak bumi” +”dunia” -Irak

Demikian, sedikit dulu, kapan-kapan diteruskan. Semoga bermanfaat.

23 Tanggapan

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Tips sederhana yang oke punya, Pak. Langsung praktek, ah,

  2. betul sekali, pak mursyid. sudah saatnya rekan2 sejawat mengakrabi internet dan multimedia utk menciptakan atmosfer pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif, menarik, dan menyenangkan. sayangnya, meski di sekolah sdh ada internet, nasih bisa dihitung dg jari rekan2 yang mau menafaatkannya utk kepentingan pembelajaran. kalau toh ada, paling hanya buka akun fb-nya. doh!

  3. shiiiiiiiiiiipppppp, makasih tipsnya manfaat banget…..

  4. wah jan siiip tenan, tak tularkan pak, biar penyakit ngeblog menjangkit guru-guru.

  5. Wah….. Pak postingan yang sangat bermanfaat. saya akan sgera coba, biar tidak “mblenger/pusing/gelagapan” di dunia maya.
    Makasih Pak, sharing yang mantab….

  6. wah iya, blum bnyk guru yg tahu

  7. perlu sosialisasi lagi supaya lebih mengenal🙂
    salam,

  8. HHmm…Meski bukan guru, tetap saja ini bermanfaat untuk saya🙂
    http://garaiusaha.wordpress.com/

  9. Hadiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    Komenx keberapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……

  10. ++Membuat Blog WordPress Dengan Domain Dan Hosting Gratis++
    * Monthly Price /if paid annually/ : FREE
    * NO Set-Up Fee
    * NO Top/Bottom banner ads
    * 250 MB Disk Space
    * 6 GB Monthly Traffic
    * 1-click 40+ Scripts Installer
    * POP3/IMAP E-mail accounts
    * 24/7 Customer Support

    Pencet Nyoookkk……

  11. Bener pak, nek guru biasane ngajar, neng kene nek dho maca bisa dihajar karo pak Mursyid. Kalawo dengan keyword sembarangan yang panjang apa akibate pak?🙄 (biasa murid takonan)😆

  12. Baru tahu kalo ada penambahan + atau – itu ternyata lebih efektif pencariannya, nggak keblasuk-blasuk ke web ra nggenah.
    Makasih infonya Pak.

  13. @Wandi:
    Akibate ya kemplekeren merga terlalu buanyaknya hasil pencarian. tanda kutip (“) berfungsi untuk membatasi pencarian. Misal mo cari Wandi Thok tanpa di kasih tanda kutip. Searching key ini akan menampilkan temuan yang mengandung kata Wandi, Thok, ato bahkan gabungannya Wandi Thok. Kalau dg searching key “Wandi Thok” (dengan tanda kutip) hanya akan menghasilkan temuan yang hanya mengandung Wandi Thok. Cuba saja!

  14. Betul Pak..sayapun walau bukan Guru terkadang melalui google and yahoo kalo ada masalah ..bertanya ,selain teman atau sdahabat.
    Terimakasih artikelnya..

  15. Kalau saya tergantung kebutuhan sih, memang google masih yang paling sering dipakai. Kalau yahoo hampir tidak pernah.
    Google, saya juga sering menggunakan alltheweb untuk mencari konten-konten tertentu.

  16. Saya selalu menggunakan google, terkecuali jika saya membutuhkan konten yang lebih spesifik maka saya akan menggunakan search engine yang lain. Kalau Yahoo termasuk jarang digunakan.

  17. +m+mursyid+pw metune opo yo Pak…😀

  18. Wow bags kale ne tips

  19. @p mars:
    +m+mursyid+pw =tukang komentare metamarsphose

    @p Ersis:
    Cuman tips kecil2-an. Tq telah sudi mampir. Link Blog p Ersis akan saya taruh di blog saya, mohon izin. Akan tersanjung juga jika panjenengan melakukan hal yang sama.

  20. Mesin pencari memang bisa sangat mendukung pekerjaan selama keywords yang dipilih sesuai. Trims untuk infonya, pak.

    Meskipun begitu saya salut kepada para pendidik dan pekerja di bidang lainnya yang hidup sebelum adanya Internet. Mereka rajin mencari informasi dengan membaca banyak buku. Kalau sekarang kan kita tinggal ketik apa yang akan kita cari lalu muncul banyak informasi, hehe. Semoga tetap juga rajin membaca buku.

  21. mesin pencari memang teknologi yg harusnya dimanfaatkan oleh para pendidik. tapi sy kira, lebih banyak siswa yg dekat dg google ketimbang gurunya. he2.

  22. baguslah informasi ini, apalagi untuk para pemula yang baru ndimik-ndimik memasuki dunia internet.

  23. Matur nuwun, Pak. Mampir ke lapak saya🙂

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: