Tips Mencari Informasi Seputar Portofolio dan PLPG Rayon 12

Di bulan puasa ini, sebagian guru yang tengah menjalani proses Sertifikasi Guru sedang dilanda gelisah menanti hasil penilaian portofolio mereka. Sampai hari ini, Minggu 6 September hasil penilaian portofolio tersebut oleh Rayon 12 belum diumumkan. Yang telah diumumkan adalah guru peserta portofolio yang harus mengikuti Diklat Profesi Guru (PLPG).

Pengumuman peserta PLPG yang diumumkan melalui internet ternyata membikin banyak guru (yang nuwun sewu masih terlalu awam dengan akses internet) kalang kabut. Al hasil mereka harus minta tolong pada teman, anak, atau tetangga untuk memperoleh informasi tersebut. Ada beberapa guru tersebut berusaha menggunakan fasilitas internet yang disediakan oleh handphone. Kok ndak bisa ditampilkan? Tentu saja ndak bisa, karena HP sang Guru tersebut tidak support dengan file berformat *pdf, *doc, dan *xls, apalagi file yang dikompresi dengan ZIP atau RAR.

Ada juga beberapa guru menemui saya minta diajari cara akses internet untuk sekedar nyari informasi PLPG. Diilhami oleh hal inilah saya post tips ini dengan harapan dapat membantu para guru tertentu  yang nota bene masih terlalu awam dengan internet.

Untuk mencari informasi portofolio  dan diklat profesi guru rayon 12 caranya:

– Pastikan komputer terkoneksi dengan internet.
– Aktifkan FireFox atau Internet Explorer, sehingga tampil jendela seperti di bawah.
jendela firefox

– Pada bar alamat (lingkaran merah), ketik http://portofolioguru.unnes.ac.id kemudian tekan Enter (akan tampil jendela portal Portofolio Guru Rayon 12 seperti gambar di bawah)

portal portofolio guru rayon 12_scrcptr

– Buka (klik) halaman Download (admin sering naruhnya di sini, walau kadang juga tidak)

– Untuk men-download, ikuti petunjuk yang ada di situ. (file yang di-download biasanya berformat pdf, doc, atau xls yang dikompresi dengan ZIP atau RAR. Untuk ini, pastikan komputer telah terinstall ZIP dan atau RAR)

– Selesai dan gampang.

NB: Kadang admin portal portofolio guru ndak naruh di halaman download. Yang penting anda berhasil masuk dulu ke portal portofolio guru. Ikuti saja petunjuknya di sana.

SEMOGA MANFAATI!

O ya, nanti setelah memperoleh label guru bersertifikasi dan tunjangan profesinya sudah cair, segera berlangganan internet biar dapat bergabung dengan para blogger guru yang kreatif dan tidak medit berbagi seperti saudara Sawali, Deni, Marsudiyanto, Budi Santosa dan masih banyak lainnya.

7 Tanggapan

  1. Sebenarnya gak masalah bila hp-nya tdk support dg format pdf, doc, xls atau zip. Kebetulan hp saya demikian adanya.
    Kalau mau buka langsung memang gak bisa. Kalau saya biasanya download dulu, hasilnya dipindah dan dilihat di komputer.

    • Iya juga, sih. Itu kalau hpnya sebagus milik p Zul atawa milikku he he he. Wong ditanya kabel datanya mana saja bingung. Kabel yang mana ya? hi hik.

  2. Assalamu’alaikum,
    Terima kasih untuk infonya ini, salam kenal, semoga berkenan silaturahim ke blog saya. (Dewi Yana)

    • @ bu yana dewi
      Saya telah berkali-kali mampir di blog Ibu, hanya belum sempat kasih komen. And barusan tadi saya telah mampir lagi. Semoga silaturahim kita dapat erat terjalin dengan saling kunjung.

  3. makasih ilmunya….(ilmu yang bermanfaat)

  4. Assalamu’alaikum,
    Terima kasih Pak, atas kunjungan-kunjungannya ke blog saya, yg tidak saya ketahui selama ini. Semoga silaturahim kita selalu terjaga. (Dewi Yana)

  5. info yang bagus,
    salam

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: