Merdeka!!!

“Merdeka, merdeka, dor, dor, merdeka!” Demikianlah suara teriakan anak–anak yang berlarian saling berkejaran seraya memegang bendera merah putih plastic di kedua tangannya. Mereka dengan polos meneriakkan yel-yel seperti yang kakek dan nenek buyut mereka dulu dengan semangat ucapkan setiap kali bertemu sesama. ‘Merdeka’ saat itu merupakan sebuah kata yang diungkapan dengan penuh semangat patriotisme/nasionalisme yang menggelora.

Kemerdekaan yang digapai dengan mengorbankan banyak jiwa anak bangsa bukanlah tujuan akhir dari perjuangan mereka. Kemerdekaan adalah awal bagi perjuangan baru, perjuangan melawan kemiskinan , keterbelakangan, kebodohan, dan perjuangan melawan ketergantungan dari bangsa lain.

Teman-teman blogger lain sudah terlalu banyak membahas mengenai materi ini. Yang penting: Mari lebih eratkan persatuan. Kita bisa, ya kita bisa. Yakinlah.

4 Tanggapan

  1. Dirgahayu REPUBLIK INDONESIA

    Mari kita beri sumbangsih terbaik untuk Negeri tercinta
    MERDEKA!!

  2. merdeka, sekali MERDEKA tetap MERDEKA !

  3. Sudahkah Indonesia medeka?

    • P Deni; Sudahkah Indonesia Merdeka?
      Dalam konteks yang bagaimana dulu? Merdeka dari kolonialis ya jelas sudah. Tapi merdeka dalam konteks yang lebih universal ya masih banyak yang harus diperjuangkan donk, Pak. Bukankah esensi hidup adalah berjuang?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: