Pemanfaatan Media Berbasis ICT dalam Mengimplementasikan PAKEM

PENDAHULUAN

PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) merupakan strategi pembelajaran yang digagas oleh program MBE (managing basic education). Berbicara mengenai PAKEM tidak dapat dilepaskan dari MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang menempatkan PAKEM sebagai strategi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Sedemikian populernya istilah PAKEM ini sehingga para praktisi pendidikan kadang memodifikasinya dengan menambahkan kata Inovatif (menjadi PAIKEM) bahkan ada yang memodifikasinya lagi dengan tambahan Gembrot – gembira dan berbobot (menjadi PAIKEM GEMBROT). Dimodifikasi seperti apapun sepanjang positif tidak jadi masalah dan malah bagus, yang menjadi masalah; sudahkah kita (para guru) mengimplementasikannya dengan baik?

laptopSeiring dengan tuntutan hidup di era globalisasi, sekolah-sekolah kini sudah melengkapi diri dengan sarana dan prasarana TIK yang cukup memadai, seperti computer, lcd projector, dan internet. Namun sepengamatan penulis, ketersediaan perlengkapan TIK tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal sebagai salah satu media pendukung dalam proses pembelajaran.

Berbekal pengalaman mengikuti seminar, workshop, dan menjadi finalis lomba multimedia pembelajaran di tingkat propinsi maupun nasional, berkenaan dengan PAKEM ini penulis menawarkan pemanfaatan multimedia pembelajaran sebagai salah satu alternative yang dapat kita lakukan.

PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Media, apapun bentuk dan jenisnya yang kita gunakan dalam proses pembelajaran di kelas, adalah merupakan alat bantu, tak terkecuali Media Berbasis ICT atau yang sering disebut multimedia. Jangan sampai terjadi multimedia yang digunakan berperan lebih dominan sehingga terkesan mengabaikan proses interaksi antara siswa dengan guru. Bagaimanapun juga media pembelajaran tidak dapat menggantikan guru.

Bagaimana/dari mana kita dapat mengadakan/memperoleh multimedia pembelajaran yang kita butuhkan?

Di internet tersedia ribuan media yang dapat kita download secara gratis. Jika cukup budget, di toko buku kini juga banyak memajang cd interaktif pembelajaran yang dapat kita beli. (Tetapi hati-hati jika membeli cd interaktif di toko, karena cd pembelajaran yang dijual di toko tersebut kebanyakan berupa software pembelajaran mandiri, sehingga manakala kita gunakan sebagai media pembelajaran apa adanya di kelas terasa kurang pas. Media yang tepat yang kita (guru) butuhkan untuk mengajar adalah media presentasi). Yang paling afdol ya kita harus susun sendiri (meskipun kadang hasil dari copy and paste sana-sini, syukur kalau bisa 100% buatan sendiri) sesuai SK dan KD dan indikator serta materi yang tertulis dalam RPP.

Bagaimana membuat media presentasi pembelajaran?

Tersedia banyak program aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat media presentasi pembelajaran seperti Swish, Flash, Open Office, dan yang paling sederhana, popular, dan mudah dioperasikan Ms. Office Powerpoint. Untuk ini baca Membuat Media Presentasi Pembelajaran. Yang sangat penting harus kita perhatikan dalam membuat multimedia pembelajaran adalah konsep bahwa:

  • Media yang kita buat harus menarik dan lebih memperjelas materi.
  • Hindari penggunaan animasi teks yang berlebihan yang hanya akan mengaburkan materi inti.
  • Gunakan bahasa yang sederhana (tidak bertele-tele), santun, dan komunikatif.
  • Buat simulasi yang menyediakan umpan balik dan penguatan.
  • Rencanakan alur presentasi dengan matang (buat storyboard).

Baca juga Hati-hati Mengemas Media Pembelajaran.
Contoh multimedia karya penulis: Penyerbukan, Fotosintesis

SIMPULAN

Guna menunjang implementasi MBS, khususnya dalam kerangka meningkatkan mutu pembelajaran, pemanfaatan media berbasis ICT (multimedia) merupakan salah satu alternatif yang sangat memungkinkan untuk kita terapkan.

Multimedia pembelajaran afdolnya disusun sendiri dengan desain yang baik sesuai SK, KD, Indikator, dan Materi dalam RPP.

Semoga bermanfaat!!!

2 Tanggapan

  1. Asyik, aku senang bertemu dengan guru yang model begini…

  2. subhanallah…sangat bermanfaat sekali pak untuk kami. kami jadi bersemangat untuk belajar pembuatan MPP basis flash. makasih atas inspirasinya

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: