Membuat Multimedia Presentasi Pembelajaran

mmursyidpwPertengahan bulan Januari 2009 yang lalu selama 2 hari saya dipercaya untuk memandu membuat media presentasi pembelajaran dengan powerpoint bagi para guru di SMPN 1 Doro Kabupaten Pekalongan.

Aplikasi Powerpoint hingga saat ini masih menjadi primadona dalam pembuatan berbagai macam media presentasi, termasuk media presentasi pembelajaran.

Dengan Powerpoint, bagi kita yang bahkan masih berpengetahuan minim mengenai computer-pun, dengan kemauan keras, akan dapat membuat karya media presentasi berbasis TI, karena salah satu keunggulan aplikasi program ini adalah tersedianya fasilitas perangkat (tool) untuk membuat animasi dan slide design yang dapat dipilih secara instan sehingga para pengguna program ini dapat menciptakan karya media presentasi modern dalam waktu yang relative sangat singkat.

Tidak satupun perangkat lunak yang dapat memenuhi semua kebutuhan/keinginan pengguna/ user-nya, termasuk powerpoint. Maka dalam hal tertentu, misal: peng-edit-an audio, gambar/foto, film video, dan pembuatan animasi yang kompleks yang perlu kita sisipkan pada media presentasi yang sedang kita buat, diperlukan software/perangkat lunak lain sebagai pendukung. Di antara software pendukung yang sering digunakan yaitu:

Photoshop untuk meng-edit gambar/foto

Video Editing Software (Pinnacle, Ulead, Adobe Premiere, dll)

Flash/Swis/3DMax untuk membuat animasi

Cool Edit Pro untuk mengedit audio/suara

VBA (Visual Basic Application)

dll

Powerpoint 2003 telah cukup memadai untuk membuat karya media presentasi sederhana seperti diuraikan di atas. Namun Powerpoint 2007 akan dapat lebih menghasilkan karya yang lebih mengagumkan karena pengguna/user semakin dimanjakan oleh tools yang lebih sederhana tetapi dapat menghasilkan tampilan media yang lebih kini. Kemudahan dalam membuat variasi gradasi warna dan membuat object shape dengan fasilitas bevel yang dapat membuat object shape nampak lebih tebal berkesan seperti tiga dimensi hanya dengan satu klik.

Untuk mengoptimalkan proses latihan bagi para guru SMPN 1 Doro, saya luncurkan sebuah CD program tutorial Pengoperasian Powerpoint 2003   (yang saya buat dengan FLASH) mulai dari tingkat dasar sampai dengan langkah-langkah membuat Media Presentasi Pembelajaran dari awal hingga  akhir. Bagi siapa saja khususnya para guru yang berminat untuk memiliki CD Program Tutorial tersebut, silahkan hubungi saya atau boleh meng-copy dari teman-teman guru di SMPN 1 Doro secara cuma-cuma (gratis).

CD Program Tutorial Pengoperasian Macromedia Flash 8 tingkat dasar juga sudah saya luncurkan.

mmursyidpw@yahoo.comSemoga Tuhan senantiasa membimbing kita (guru) yang berniat memperbaiki kwalitas mengajar dengan menggunakan Multimedia Presentasi Pembelajaran.

31 Tanggapan

  1. boleh mintak kopian tutornya pakkk
    plis??/
    saya juga calon guru

  2. trimaksih jika bapak mw membantu
    pembuatan presentasi ini merupakan bahan skripsi saya mohon bantuannya y pak
    sekali lagi trimakasih
    wassalamualaikum

  3. Selamat berjumpa, Dhik. Kalau ingin memiliki kopian CD tutorial yang saya buat, mudah saja: beri saya alamat lengkap Adhik (bisa lewat email saya: mmursyidpw@yahoo.com atau tulis saja pada komentar di blog ini). Insya Allah CD akan segera saya kirim lewat pos. Biaya CD dan ongkos kirimnya silahkan Adhik salurkan saja ke masjid/mushalla/yayasan sosial terdekat.
    Semoga penyusunan skripsinya lancar.

    • aku sangat ingin menguasai Flash dan cita-cita saya ingin menjadi pakar animasi…
      tp saya bingung untuk memulainya pak…
      saya butuh CD tutorial anda ….

      terima kasih bapak mau berbaik hati menyebarkan ilmu tanpa imbalan….

      terima ksih pak…..semoga jasa-jasamu mendapat balasann dari allah ….amin…..

  4. wah sebenarnya aku perlu sekali yang kaya ini, tapi mau minta kok malu ya. gimana kalau di aplot saja, biar saya donlot dari jauh
    coba aja deh ni alamat sekolah saya
    budi santosa
    d.a SMA 1 Dusun tengah Kab. Barito Timur
    kalimantan tengah 73652

  5. Pak Budi,
    Sebentar lagi (2 Mei 2009 yad) Telkom Jawa Tengah akan meluncurkan sebuah website pendidikan. Beberapa media yang telah saya dan teman-teman buat sudah pada kesepakatan untuk di-UPLOAD di situs tersebut. Panjenengan bisa DOWNLOAD aneka multimedia pembelajaran interaktif mulai dari SD s.d. SMA di sana.

  6. good goood bereees bagus banget oke
    aku tertarik
    boleh kenalan gak ?

  7. Waduk Pak medianya kok bagus kali, cuma sayang baru lihat labelnya saja. Tolong dong buat latihan anak saya.
    Salam kenal dari saya (penyanyi dangdut) boleh kan, Gak malu kan ?

  8. Mbak/Dhik/Bu/Tante Suryanti,
    Thanks for visiting my blog. Kenalan saja kok nggak boleh? Blog ini dibuat memang dalam rangka ‘making more friends’.
    Silahkan download portofolio saya yang ada di widget sebelah kanan bawah. Di situ ada beberapa katalog media yang telah saya buat dalam format swf (flash).

  9. Anisa Bahar?
    Ini bener mbak Anisa Bahar yang heboh itu? Wah kalau bener . . . wah ini . . . bener-bener kejutan! Salah satu hobi saya ndengerin and dikit-dikit main musik, musik apa saja.
    Salam!

  10. Pak, sy tertarik dengan CD tutorialnya, boleh dong dikirim kelamat ini :
    Graha Indira Blok K16/1 Citra Raya, Mekar Bakti, Panongan, Tangerang, Banten 15710.
    Terima Kasih atas bantuannya, semoga Allah senantiasa melimpahkan Ilmu dan rezki kepada bapak

  11. Mohon Bantuannya pak, kami segenap guru SMP 89 Jakarta juga ingin mempelajarai CD Tutorial yg bapak buat bisa dikirim kelamat berikut :
    Irfan Saumi
    Graha Indira Blok K16/1 Citra Raya, Mekar Bakti Panongan
    Tangerang Banten 15710

    terima kasih sebelumnya pak

  12. Ok saudara Irfan, CD akan segera saya kirim. Sebenarnya, saat saudara meminta hal yang sama pada tanggal 14 September, saya sudah coba menghubungi saudara via email, tapi ndak ada respon, ya akhirnya pengiriman cd saya pending.

  13. Pak Sy tertarik dengan tutorial powerpoint nya, bisa minta tolong di kirim ke E.mail sy enggak sebelumnya terima kasih

  14. Wah cd tutorial itu filenya 1 cd penuh, saudara candra. Tidak mungkin dikirim via email.

  15. Pak Mursyid, saya boleh dibantu mendapatkan CD nya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    • @Hakim:
      Saya sedang dalam proses membuat CD Tutorial bagian 2 yang sudah mengarah ke langkah-langkah pembuatan multimedia pembelajaran dengan Flash 8. Nanti saja sekalian menunggu yang edisi 2 selesai jika tertarik mempelajarinya.

  16. Assalamu’alaikum…saya santri yg msh awam dg dunia IT,tp sya pengin belajar.jd mhon p.mursyid berbagi cd karya bpk.unt dkirim kalamat dbwah ini, krena kbtulan kami sedang belajar materi komputer khususy mic.office dan powerpoint.matur nwun.jazakalloh khoiran katsir.
    Alamat saya; fathurohman(faun) d.a; pp.nurul ummah rt o1,rw01.gemahripah pagelaran pringsewu.lampung.35375.

  17. Pak tolong kasitau saya bagainama cara membuat profil sekolah, kalo bisa tolong kirimkan ke Email saya………….

  18. @Yanes,
    Profil yang bagaimana, ya?
    Profil untuk presentasi saya biasa buat kadang dg powerpoint, kadang juga pakai flash, pernah juga saya buat dalam format VCD.

  19. Pak tolong kirim VCD tutorial pembuatan presentasi pembelajarannya. Alamatnya : SD Negeri 2 Cijoho Kuningan Jl. R.E Martadinata Cijoho Kuningan 45513 Telp. (0232) 876238. Makasih sebelumnya

  20. It is interesting. You will not prompt to me, where to me to learn more about it?

  21. pak saya minta bantuan VCD tutorialnya donk pak…

    padang,jln.dr.Sutomo NO.34B
    no rumah (0571)32717

    makasih yah pak….

  22. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you’ve right here on this post. I will probably be coming again to your weblog for extra soon.

  23. You need to participate in a contest for among the finest blogs on the web. I will advocate this web site!

  24. Aw, this was a very nice post. In concept I want to put in writing like this moreover – taking time and actual effort to make a very good article… however what can I say… I procrastinate alot and certainly not seem to get something done.

  25. Your house is valueble for me. Thanks!…

  26. terima kasih pak, saya ingin membuat presentasi berisi animasi untuk skripsi tapi saya bingung membuatnya.. kalau bapak berkenan, saya minta kopian tutornya… makasih

Komentar ditutup.

