Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

EDS adalah evaluasi internal yang yang dilaksanakan oleh semua pemangku kepentingan pendidikan (stakeholders) di sekolah untuk mengetahui secara menyeluruh kinerja sekolah dilihat dari pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan mengetahui kekuatan dan kelemahannya secara pasti sehingga akan diperoleh masukan dan dasar nyata untuk membuat Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/Rencana Kerja Sekolah (RKS) dalam upaya untuk menumbuhkan budaya peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • EDS adalah evaluasi diri yang bersifat internal yang dilaksanakan oleh para stakeholder di sekolah tersebut.
  • EDS dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sendiri dan dipakai sebagai dasar untuk membuat RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.
  • EDS dilaksanakan bukan untuk memberikan peringkat atau ranking sekolah dibanding dengan sekolah lainnya.
  • Karena EDS adalah evaluasi internal untuk dasar peningkatan mutu, maka evaluasi harus dilakukan dengan sejujur-jujurnya sebab keadaan itu akan dijadikan dasar pelaksanaan upaya peningkatan kinerja.

EDS amat diperlukan oleh sekolah karena evaluasi ini adalah evaluasi internal yang dilakukan oleh dan untuk sekolah sendiri gunamengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri – semacam cermin muka yang dapat dipakai dalam melihat kekuatan dan kelemahannya sendiri untuk selanjutnya dipakai dasar dalam upaya memperbaiki kinerjanya.

Hasil EDS juga dapat dipakai oleh Pengawas untuk laporan kepada pihak Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag kab/kota melalui kegiatan “Monitoring Sekolah Oleh Pemerintah Daerah” (MSPD) sebagai masukan untuk dasar Perencanaan Peningkatan mutu Pendidikan dan dasar pemberian bantuan.

EDS dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) terdiri dari kepala sekolah, guru, pengurus komite sekolah, perwakilan orang tua murid dengan bimbingan teknis dari pengawas yang membina sekolah itu. TPS sebagai gugus tugas pelaksana EDS sebaiknya diangkat dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Sekolah.

Berikut ini beberapa file penting seputar EDS yang dapat anda Download:

About these ads

45 Tanggapan

  1. Salah satu prinsip aplikasi Total Quality Management di sekolah, adalah perbaikan terus menerus berdasarkan data.

    Data hasil EDS dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

    Saya pikir itulah arti penting EDS

  2. Mblenger Pak, ngrasakke EDS…
    Intstrumennya kemuluken…
    Saya sampai stress…

  3. Kalau dilaksanakan kayaknya baik juga, mungkin bisa meningkatkan mutu pendidikan. Bagaimana dengan sekolah kita, sudah mau mencoba

  4. ternyata kendalanya ada di sekolah-sekolah dalam mengisi EDS, banyak dimanipulasi supaya kelihatan bagus… saya pernah mencoba mengajak untuk jujur malah disalahkan banyak teman

    • Nah, penyakit inilah yang sebenarnya jadi salah satu biangnya masalah pendidikan selama ini. Parahnya lagi penyakit ini sudah menjadi semacam kultur.

    • menurut saya kayaknya sulit sekali deh, dalam hal ini bisa terlaksana dengan jujur, maklum lah orang indonesia kan emang udah terjangkit penyakit akut manipulasi data. :(

  5. “EDS dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sendiri dan dipakai sebagai dasar untuk membuat RPS/RKS dan RAPBS/RAKS.” yang benar apa nggak RKAS pak, kok RAKS? :roll:

  6. Numpang info, semalam lebih dari 340 orang tewas dalam tragedi jembatan di diamond island kamboja, mohon doakan semoga tidak ada orang indonesia didalamnya. info lebih lanjut ada di blog saya.

  7. Assalaamu’alaikum sahabat guru,

    Jika dilakukan dengan hasrat untuk meningkatkan kebaikan dan tambah nilai kepada sekolah ke arah lebih berkesan, sebaiknya harus diterus dan mendapat sambutan baik dari warga sekolah. kefahaman yang jitu dan ketulusan untuk memperolehi hasil yang berkualiti memerlukan kerjasama yang tulus dan telus supaya tidak berlaku penyelewengan data yang kurang tepat sedangkan tujuan EDS adalah untuk penambahbaikan.

    Semoag selalu sukses dalam membantu pembangunan pendidikan di sana.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  8. gagasan yang luar biasa..
    alangkah bagusnya bila lembaga pendidikan juga punya instrumen untuk evaluasi diri..
    pasti sangat bermanfaat untuk pengembangan pendiudikan indonesia..
    salam sukses..

    sedj

  9. aku tau banyak hal disini, mantab bgt pak ;)

  10. dengan adanya hal² seperti ini akan banyak membuahkan hasil yang baik, semua bisa tau keterbatasan dan kekurangan yang perlu diperbaiki dan bakat keahlian yang harus dikedepankan.
    seep pak guru

  11. Tentu akan membawa perubahan Indonesia lebih baik ke depan kalau EDS dilakukan oleh semua sekolah secara jujur, ya Pak.

    Salam kekerabatan.

    • O ya, Pak. Tapi dengan catatan JUJUR. Buang jauh2 kultur birokrasi ABS (asal bapak senang). Bapak2 pejabat yg berwenang juga jangan permisif terhadap kepalsuan data.

  12. sudah saatnya semua melihat kedalam dirinya masing-masing…. ;)

  13. tingkatkan terus mutu pendidikan dengan EDS ya sob?

  14. Kalau soal sekolahan begini, saya kok nggak mudheng pak, maaf, salam kenal dan rindu selalu dari Dina – Semarang, pak.

  15. ikutan kenalan ahhhhh

  16. tu kan malah di ejek ,,, kwak wak awkw akkwa kawkakak kwak ak lihat aja tahun depan om rangkingnya pasti naik… menjadi 50 besar. ha ha ha ha ha ha ha aha h

  17. selamat hari guru nasional, pak!

    “Guru digugu dan ditiru!” ;)

  18. Kunjungan siang hari di akhir pekan..salam sayang D3pd :-)

  19. dengan EDS semoga pendidikan indonesia bisa jadi maju…

  20. Apakah EDS merupakan, terjemahan (oengembangan) dari SWOT, Pak ? Tks
    Salam dari Solo

  21. EDS ini akan jalan benar2 kalao Kepseknya supportif, Pak. Tapi bagaimanapun, ini merupakan satu upaya pemajuan sekolah

  22. setiap kita memang harus mengevaluasi diri ya pak…
    salam persohiblogan…

  23. numoang nimbrung pak, saya ngisi EDS itu mumet, udah dibuat semaksimal mungkin tapi masih salah juga kata pembimbingnya….walah embuh wes

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 277 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: